Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari – Jika para pebisnis berbicara tentang investasi, untuk memperoleh keuntungan dalam jumlah yang berlipat ganda, maka dari kecil kita harus sudah diajarkan untuk menabung. Pada prinsipnya sama, yaitu sama-sama bisa mengendalikan uang atau pendapatan.

Sekitar 47% orang Indonesia sudah mulai menabung, sementara hanya 29% yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya. Tak bisa dipungkiri banyak yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang untuk menabung. Tidak banyak orang yang mampu menabung setiap hari. Maka dari itu disini akan dibahas tips agar bisa menabung setiap hari.

tips agar bisa menabung setiap hari

Ada saja alasan untuk tidak konsisten dalam menyisihkan penghasilan. Ingat menyisihkan bukan menyisakan. Menyisihkan berarti masuk dalam anggaran uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Jika menyisakan itu artinya kalau ada sisanya, biasanya uang tidak pernah ada sisanya.

Persoalan terberat hanya tidak disiplin, dikarenakan belum terbiasa untuk menabung setiap hari menjadi sebab orang tidak mudah untuk menabung. Berikut ini tips agar bisa menabung setiap hari yang bisa Anda terapkan sendiri.

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

1. Catat Kebiasaan dalam Sebulan dan Utamakan Prioritas pada Anggaran

Mulailah bulan depan untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Gunakan buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Jangan ragu untuk mencatat kebiasaan sehari hari untuk evaluasi.

tips agar bisa menabung setiap hari

Jangan kaget kalau ternyata kebiasaan ngopi yang hanya Rp25 ribu per hari atau minggu, sebenarnya bisa mencapai Rp12 juta lebih setahun. Maka berhematlah dengan cara membuat kopi sendiri atau biasakan membawa botol air minum kemanapun pergi.

Bagi wanita anggaran ke salon sekali seminggu bisa di save menjadi sekali sebulan itupun untuk yang sangat penting, yang tidak bisa dikerjakan sendiri di rumah. Cara ini akan berguna sebagai tips agar bisa menabung setiap hari.

Jangan beri kesempatan untuk boros, siapkan dana hari tua, dana darurat, dan dana masa depan dengan cara automatic transfer. Menyadari bahwa telah menyiapkan sesuatu untuk masa depan adalah hal yang menyenangkan.

2. Prioritaskan Menabung

Jadikan menabung sebagai prioritas utama. Tak harus muluk-muluk dengan dana besar. Misalkan saja cukup dengan Rp10 ribu per hari, jadikan itu kebiasaan sebelum memulai aktivitas apapun. Bisa simpan itu di celengan.

tips agar bisa menabung setiap hari

Atau jika dirasa ribet, bisa langsung ditabung di awal bulan sebesar Rp300 ribu begitu gajian ke rekening pribadi yang lain dan untuk rekening ini khusus tidak menggunakan ATM.

Baca Juga 11 Tips Menabung Dengan Cepat Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Tentukan Tanggal

Jika mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung.

Jika wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat tidak membayar tagihan-tagihan. Gunakan tips agar bisa menabung setiap hari yang sudah terjadwal.

4. Bayarlah Utang Lebih Dahulu

Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan. Tips agar bisa menabung setiap hari tidak akan berjalan dengan baik jika masih memiliki utang.

5. Jangan Remehkan Recehan

Sering mendapat uang kembalian ketika berbelanja, bisa digunakan untuk menabung. Kalau yang ini memang lebih tepatnya disimpan di celengan. Jadi begitu mendapat kembalian ketika membeli sesuatu, simpan itu di celengan. Dijamin setiap hari pasti bisa menabung

6. Teruskan Menabung Setelah Kredit Selesai

Tagihan kredit-kredit rumah atau kredit kendaraan dan kredit yang sudah selesai, tetap lanjutkan. Alihkan kebiasaan itu ke tabungan. Jadi kita tetap bisa menabung secara rutin tanpa ada rasa terbebani.

7. Tahan Nafsu Belanja

Jangan mudah gelap mata jika melihat diskon besar-besaran. Selalu pikir ulang barang yang hendak dibelanjakan harus sesuai berdasarkan kebutuhan. Jangan karena ada promosi, maka jadi borong banyak. Belilah barang yang dibutuhkan saja karena akan membantu tips agar bisa menabung setiap hari Anda.

8. Ikut Asuransi

Ikut asuransi selain berguna untuk proteksi, juga untuk berinvestasi. Bisa pilih produk asuransi yang juga memiliki sisi investasi sehingga imbalan hasil yang nantinya akan didapatkan akan berlipat. Lebih baik lagi jika gunakan fasilitas autodebet untuk membayar asuransi ini. Sehingga akan membayar premi secara otomatis.

Baca Juga 5 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui

9. Dapat Uang Masukkan CDM

Sekarang di bank-bank sudah banyak tersedia cash deposit machine (CDM). Jadi daripada antri yang panjang untuk menabung di bank, bisa tabung lewat mesin CDM tersebut. Tentunya ini akan membuat tips agar bisa menabung setiap hari Anda berjalan dengan baik.

10. Ikut Arisan

Arisan juga salah satu kiat menabung yang menyenangkan. Namun harus diingat banyak yang mengambil kesempatan berjualan saat arisan. Ingat beli yang prioritas, tahan keinginan belanja. Lupakan mencari alasan pembenaran untuk memuaskan nafsu belanja.

11. Motivasi Diri untuk Menabung

tips agar bisa menabung setiap hari

Tentukan apa yang diinginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan. Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang diimpikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar selalu ingat tujuan menabung.

12. Kantongi Bonus dan Kejutan Lainnya

Setiap kali menerima bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke rekening tabungan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan reguler, sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga 8 Tips dan Cara Menyimpan Uang dengan Baik dan Terbukti Aman

Peluang Usaha Untuk Menambah Uang Tabungan 

1. Laundry Kiloan

Di jaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berfikir pragmatis. “Daripada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja.” Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja.

Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga ikut bersaing. Maka dari itu jadikan usaha ini sebagai modal menabung Anda. Dengan membuka jasa laundry kiloan, tentunya tips agar bisa menabung setiap hari Anda akan berjalan dengan lancar

2. Cuci Motor atau Mobil

Bisnis ini seolah tak pernah sepi. Orang rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri.

tips agar bisa menabung setiap hari

Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

3. Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya.

Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda.

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa anda tentukan berdasar pasaran biaya les di lokasi Anda.

4. Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan sebagai usaha sampingan. Pasalnya, teman kantor, teman kost, dan sebagainya adalah pasar yang tepat dan menggiurkan. Menurut kabar, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta memiliki omzet Rp20 triliun setahun.

Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu berkisar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah yaitu teman dan tetangga anda sendiri.

Tips Menjalankan Bisnis Pulsa Elektrik

  • Memilih Server Pulsa Tepercaya

Server atau provider pulsa yang tepercaya lebih menjamin transaksi kirim pulsa bisa berjalan dengan lancar. Kunci kepercayaan pembeli ada pada cepatnya transaksi. Hal tersebut juga dapat membuat Anda merasa nyaman karena tidak merasa dikejar-kejar oleh konsumen yang kesal karena pulsa tidak masuk-masuk. Jika transaksi lancar terus, maka pelanggan akan puas dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

  • Rutin Promosi

Dalam bisnis pulsa elektrik, harus tetap melakukan promosi meskipun sebenarnya anda tidak butuh modal banyak atau biaya operasional. Bagaimanapun juga, dalam menjalankan bisnis, anda harus punya target penjualan. Dan ini bisa dicapai dengan cara promosi yang baik.

Promosi tersebut bisa di lakukan dengan cara sederhana, misalkan sebagai contoh jika anda adalah seorang karyawan, maka Anda bisa melakukan promosi secara mulut ke mulut, demikian juga misal anda pelajar atau mahasiswa. Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media yang Anda miliki untuk melakukan promosi kecil-kecilan.

  • Survei Harga

tips agar bisa menabung setiap hari

Walaupun hanya usaha sampingan, tetapi survei tetaplah perlu dilakukan. Survei ini bertujuan untuk mengetahui harga pasaran pulsa di sekitar Anda, dan bisa dilakukan dengan cara cek harga di pedagang pulsa terdekat. Intinya, jangan sampai anda menjual lebih mahal dari harga pasaran, karena tentunya pulsa yang dijual akan menjadi susah laku.

  • Fokus Layanan dan Jangan Bersaing Harga

Meskipun penting untuk mengetahui harga pulsa di pasaran, tetapi harga pulsa saat ini sudah bukan menjadi isu sensitif lagi. Pembeli sudah jarang mengambil keputusan beli berdasar harga, namun lebih ke layanan yang baik. Jadi bersainglah dalam memberikan layanan bukan dalam harga yang sebenarnya relatif sama untuk satu wilayah tertentu.

  • Mendaftar Lebih Dari Satu Server

Penjual pulsa elektrik disarankan mendaftar di lebih dari satu server yang bisa digunakan sebagai cadangan ketika server utama bermasalah. Misalnya ketika server utama merespon dengan lambat, transaksi delay atau tertunda, server sedang maintenance, jaringan down, stok kosong dan berbagai masalah lainnya. Dengan adanya server cadangan, maka penjualan pulsa pun tetap bisa berjalan dengan lancar.

  • Hindari Pelayanan Utang

Nilai keuntungan dari menjual pulsa pada seseorang memang tidaklah seberapa. Namun sebisa mungkin jangan pernah memperbolehkan pelanggan Anda untuk berutang atau ‘ngebon’ pulsa. Karena jika satu orang diperbolehkan berutang, maka pelanggan lain pun akan meminta hal yang sama dan bisa menyebabkan kerugian yang besar. Nyatanya, kejadian seperti inilah yang paling sering menyebabkan orang akhirnya harus gulung tikar dalam bisnisnya.

  • Jangan Mengambil Keuntungan Terlalu Besar

Bisnis ini termasuk ke dalam golongan bisnis dengan perputaran modal yang cepat. Menggiurkan, bukan? Tetapi patut untuk diwaspadai, jangan sampai terbuai oleh keinginan untuk mencari keuntungan besar dengan cepat. Karena bisnis ini juga melibatkan persaingan yang ketat, jadi sebaiknya berikan harga yang kompetitif sehingga kios pulsa Anda tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harga yang terlalu mahal.

5. Membuka Toko Online

Di era internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Peluang membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produk yang paling banyak dijual belikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya.

tips agar bisa menabung setiap hari

Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita. Anda tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan.

Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal. Bagi yang masih awam dengan jual beli online dan juga masih bingung untuk memilih produk apa yang akan dijual, mulailah dengan sistem dropship. Sistem ini akan memberikan kemudahan dalam berjualan karena Anda tidak perlu membeli stok barang untuk dijual.

Cukup meneruskan informasi si pembeli/pelanggan, dan pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai pesanan. Atau dengan kata lain, Anda adalah pihak ketiga antara pembeli dan pemilik barang.  Salah satu siasatnya, mulailah  bergabung dalam komunitas dropshipper lokal di supplier.id.

Baca Juga Cara Membeli Emas Antam Dengan Berbagai Keuntungannya

6. Bisnis Online Programmer Web dan Blogger

Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI), ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yaitu bisnis online Programmer web dan blogger. Anda dapat membuat situs, blog, atau e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif.

Ada banyak cara monetize blog, seperti ikut Pay-Per-Click (PPC), pasang iklan, atau menjual produk dari blog. Jika situs/blog tersebut banyak dikunjungi dan mendapat tempat di hati pembaca, berikan penawaran kepada perusahaan yang memiliki relevansi dengan konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan dikenal pembaca situs/blog dan Anda mendapat keuntungan.

7. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Saat ini hampir setiap perusahaan, sekolah, dan kampus sudah mempunyai website sendiri. Bahkan, banyak website personal/blog bertebaran di internet. Ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa yang dapat membuat website dengan cara membuka jasa pembuatan website. Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan keterampilan dalam mengolah kode Personal Home Page (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan dapat menggunakan Content Management System (CMS), seperti WordPress.

Baca Juga Beginilah Cara Menabung Saham dan Keuntungan Saham

%d bloggers like this: