Cara Investasi Emas – Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

cara investasi emas

Menurut Abdul Halim, “Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko”. Dalam Berinvestasi berlaku hukum bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Investor bisa saja mengalami kerugian bahkan lebih dari itu bisa kehilangan semua modalnya.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan mengapa tidak semua investor mengalokasikan dananya pada semua instrumen cara investasi emas yang menawarkan return yang tinggi.

Definisi lain mengenai investasi di kemukakan oleh Sunariyah “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.”

Dewasa ini banyak negara-negara yang melakukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan cara investasi emas baik domestik ataupun modal asing.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebab kegiatan investasi akan mendorong pula kegiatan ekonomi suatu negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa.

Menurut Husnan menyatakan bahwa “proyek investasi merupakan suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.” Pada umumnya manfaat ini dalam bentuk nilai uang.

Sedang modal, bisa saja berbentuk bukan uang, misalnya tanah, mesin, bangunan dan lain-lain. Namun baik sisi pengeluaran investasi ataupun manfaat yang diperoleh, semua harus dikonversikan dalam nilai uang. Suatu rencana cara investasi emas perlu dianalisis secara seksama.

Analisis rencana cara investasi emas pada dasarnya merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (baik besar atau kecil) dapat dilaksanakan dengan berhasil, atau suatu metode penjajakan dari suatu gagasan usaha/bisnis tentang kemungkinan layak atau tidaknya gagasan usaha/bisnis tersebut dilaksanakan.

Suatu proyek investasi umumnya memerlukan dana yang besar dan akan mempengaruhi perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu dilakukan perencanaan investasi yang lebih teliti agar tidak terlanjur menanamkan investasi pada proyek yang tidak menguntungkan. Berikut ini cara investasi emas agar terhindar dari kerugian.

Baca Juga Cara Membeli Emas Antam Dengan Berbagai Keuntungannya

Cara Investasi Emas Agar Terhindar dari Kerugian

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Sebelum memulainya, tanyakan dulu pada diri Anda: mengapa saya ingin cara investasi emas saya lakukan? Jangan sampai Anda melakukan ini hanya karena ikut-ikutan, karena investasi yang tidak dijalankan dengan serius hanya akan berakhir di pegadaian atau dijual lagi saat Anda kepepet secara finansial. Bila sudah menemukan tujuan jangka panjang, maka langkah jitu dalam berinvestasi emas ini sudah Anda lakukan.

2. Jeli dalam Memperkirakan Waktu Berinvestasi Emas dan Berkonsultasi dengan yang Lebih Ahli

Kapankah sebaiknya Anda berinvestasi emas? Saatnya rajin memerhatikan pasar dan berkonsultasi dengan yang lebih ahli. Kesalahan pemain baru dalam investasi emas adalah mengira bahwa mereka bisa melakukannya kapan saja.

Padahal, bila harga emas lagi turun, justru malah mereka yang merugi. Oleh karena itu, langkah jitu cara investasi emas yang ini tidak boleh sampai dilupakan. Sebelum menjual emas, carilah terlebih dahulu informasi mengenai harga emas dan kecenderungan jangka pendeknya ke depan.

Media massa selalu melaporkan perkembangan harga emas terbaru, sekaligus analisisnya terhadap kemungkinan perkembangan harga beberapa waktu mendatang. Kita juga bisa meneropong tren harga emas di internet, misalnya melalui situs Kitco, Goldprice, atau UBS Gold.

3. Pilihlah Jenis Emas yang Sesuai

Jangan salah. Meski perhiasan yang Anda beli terbuat dari emas, bukan berarti mereka bisa dijadikan bagian dari investasi. Selain sudah terkena beban biaya pembuatan perhiasan, harganya malah lebih kecil saat dijual kembali. Untuk langkah yang lebih jitu dalam berinvestasi emas, pilihlah emas batangan atau koin.

Setelah tahu persis pergerakan harga emas, barulah kita memilih tempat. Emas bersertifikat selalu diterima dimana pun. Perhiasan emas yang modelnya masih bertahan, juga akan lebih mudah dijual.

4. Jangan Sampai Berutang Hanya Gara-Gara Investasi Emas

Ini satu lagi kesalahan yang rawan dilakukan pemain baru dalam investasi emas. Pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup sebelum memulai, karena investasi ini berjangka panjang dan hasilnya tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jangan sampai Anda malah jadi berutang hanya gara-gara cara investasi emas, namun tanpa persiapan yang matang.

5. Siapkan Dana Cadangan Sebelum Berinvestasi Emas dan Pilih yang Kadar Logamnya Murni

Langkah jitu berinvestasi emas ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah mempersiapkan dana cadangan. Seberapa besar? Ya, kira-kira sekitar enam hingga 12 bulan pengeluaran keluarga sebelum memulai cara investasi emas.

Selain itu, jangan asal membeli emas. Pastikan kadar logam emas yang Anda beli murni, kira-kira nyaris 100% (sertifikasi asli dari PT. Aneka Tambang/Antam dapat menjamin keasliannya.) Anda bisa mendatangi kantor Antam atau Pegadaian untuk sumber yang lebih tepercaya.

Baca Juga 12 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Yang Ampuh Dan Menjanjikan

6. Jual pada Pihak yang Memberikan Harga Tinggi

Usahakan untuk menjual kembali ditempat kita membeli sebelumnya, apalagi bila kuitansi pembelian masih ada. Jika ada perjanjian buyback guarante, cobalah mencari informasi apakah harganya sudah terbaik.

Bila ada tempat lain yang bersedia membeli dengan harga lebih tinggi, abaikan saja garansi itu. Jika menjual ke Logam Mulia Aneka Tambang, konon ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi daripada di toko emas biasa.

Keuntungan yang Didapat dari Cara Investasi Emas

cara investasi emas

1. Harga Emas Selalu Naik

Ini adalah salah satu faktor utama seseorang menginvestasikan uang dalam bentuk logam mulia emas karena harga emas yang selalu naik dari tahun ke tahun. Kenaikan tersebut di picu dari harga emas tingkat inflasi. Jika tahun ini harga emas per gram berada di kisaran 600.000 Rupiah maka satu tahun kemudian harga emas bisa mencapai 900.000 rupiah.

2. Tidak Bergantung kepada Pihak Manapun

Investasi dapat dibawa ke mana saja sesuai yang kehendak. Cara investasi emas tersebut bersifat mandiri yang selalu menguntungkan di mana dan kapan saja.

3. Daya Beli Emas Bersifat Tetap

Harga emas tidak hanya selalu naik harganya. Kadang juga mengalami penurunan harga. Namun penurunan harga sangat kecil kemungkinannya. Kemudian akan berubah menjadi kenaikan harga emas yang drastis.

Contohnya, pada waktu harga emas mengalami penurunan dari 1.000 dolar hingga 500 dolar maka harga dari beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan juga. Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas akan tetap sama. 

Baca Juga 8 Tips Dan Cara Menyimpan Uang Dengan Baik Dan Terbukti Aman

4. Investasi Emas Selalu Menguntungkan

Saat harga emas naik saat itulah investor logam mulia mengalami masa panen. Layaknya seorang petani yang akan mendapatkan keuntungan ketika masa panennya tiba. Oleh karena itu, apabila harga emas mengalami penurunan maka janganlah khawatir.

Karena itu hanya akan terjadi sesaat. Selanjutnya harga cara investasi emas akan terus meningkat naik seiring tingkat inflasi. Singkatnya, harga emas tetap sesuai dengan daya beli masyarakat pada waktu itu.

5. Investasi Emas Tak Tergantung Terhadap Kebijakan Pemerintah

Harga emas tetap akan naik dan tidak akan bergantung pada keputusan pemerintah. Seperti apapun keputusan yang dibuat pemerintah, harga emas akan tetap stabil dan terus naik seperti biasa. Sedangkan jika nilai mata uang rupiah akan sangat rentan alias tidak stabil. Kadang naik dan turun. Itulah kelebihan investasi emas yang perlu diketahui.

6. Investasi Emas = Harta Tetap

Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas adalah jumlah harta Anda yang dalam bentuk investasi emas tidak akan pernah berkurang bahkan akan terus bertambah. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, penurunan harga emas akan sangat kecil kemungkinannya.

7. Investasi Emas Sangat Mudah

Investasi emas dapat dilakukan bahkan dengan dana yang terbatas. Selain itu, lembaga perbankan Indonesia dan pegadaian yang bertebaran di berbagai wilayah desa dan kota di tanah air menyediakan layanan investasi emas logam mulia bagi masyarakat luas secara mudah dengan persyaratan yang tak terlalu rumit.

8. Investasi Emas Bertahan Terhadap Laju Inflasi

Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas yang paling menonjol adalah daya tahan terhadap arus inflasi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang investor sebelum mengambil produk investasi tersebut. Salah satunya adalah memperhatikan timbal balik.

Usahakan return bisa melampaui angka inflasi yang sudah ada. Dan salah satu hal yang mampu mengalahkan itu adalah investasi logam mulia emas. Ia jarang mengalami penurunan harga.kalaupun mengalaminya, hanya akan terjadi sesaat.

9. Investasi Emas Dapat Dijadikan Jaminan

Jika Anda memerlukan uang tunai dalam jumlah besar secara cepat maka tak ada salahnya mencoba meminjam uang ke bank syariah atau pegadaian syariah dengan investasi emas atau perhiasan emas sebagai jaminannya. Mereka akan melayani Anda dengan baik dan akan dijelaskan regulasi yang berlaku dari masing penyedia layanan tersebut.

10. Investasi Emas Mudah Diuangkan

Kehidupan kadang tidak menentu dan tidak dapat diperkirakan. Di saat-saat darurat di mana Anda membutuhkan uang tunai dalam jumlah yang besar untuk keperluan tertentu. Maka, cara investasi emas ini dapat dijadikan sebagai penolong Anda, di mana ia bisa di uangkan secara mudah dan cepat.

Baca juga 11 Tips dan Cara Menabung dengan Cepat yang Wajib Kamu Ketahui

Keuntungan Simpan Emas di Brankas Antam

1). Aman dan Nyaman

Tentu saja menyimpannya di brankas Antam akan lebih aman serta nyaman karena pemilik emas tak perlu khawatir emas akan hilang di rumah. Sering kali ada ketakutan jika emas disimpan di rumah bisa lenyap sewaktu-waktu. Berkat adanya brankas Antam ini, pemilik akan terlepas dari rasa ketakutan berlebihan.

cara membeli emas antam

Saat hendak membeli emas dari Butik Emas Logam Mulia, Anda bisa langsung menitipkannya untuk disimpan. Jadi, ketika Anda keluar toko pun tak perlu waspada ada orang yang akan mengikuti dan mencuri emas Anda.

2). Pemesanan Emas Sangat Praktis

Nah, bagi Anda yang sudah terdaftar pada program ini dapat memanfaatkan keuntungan simpan emas yang lain. Investor emas bisa membeli emas cukup dengan memesan lewat telepon.

Cara yang praktis dan efisien, bukan? Anda tak perlu repot berjibaku dengan kemacetan di jalanan hanya untuk membeli 10 gram emas. Anda cukup menelepon Butik Emas Logam Mulia mau menambah berapa gram emas lagi untuk di tabung.

3.) Brankas Sudah Diasuransikan

Sudah aman, praktis ternyata simpan emas di brankas Antam rupanya diasuransikan juga. Anda tak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan program ini. Sudah pasti penyimpanan emas melalui brankas Antam ini sangat terjamin. Bila diasuransikan maka pihak Antam bertanggung jawab terhadap kondisi emas Anda yang disimpan. Seandainya terjadi kerusakan pada brankas atau terjadi sesuatu yang tak diinginkan maka dengan sigap pihak asuransi akan mengatasinya.

Baca Juga 5 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui

4). Bisa Dicairkan Sewaktu Waktu

Apabila Anda sedang membutuhkan dana tunai ketika berada di kota lain yang juga memiliki Butik Emas Logam Mulia maka Anda bisa mencairkan investasi emas Anda. Ini jadi keunggulan lain dari simpan emas di brankas. Misalnya, Anda memiliki 25 gram emas yang tersimpan di brankas Butik Sarinah untuk mencairkannya bisa dilakukan di butik lain.

Baik dalam bentuk fisik maupun tunai dengan harga yang kompetitif. Anda harus memberitahukan butik asal terlebih dahulu minimal sepuluh hari sebelum pencetakan.

5). Boleh Diambil Kapan Saja

Jangan khawatir emas akan terpendam selamanya di brankas. Anda bisa mengambilnya kapan saja jika membutuhkannya. Tidak ada syarat atau denda yang dikenakan bila hendak mengambil hasil investasi Anda ini.

6). Emas Dapat Diwariskan

Pemilik brankas Antam bisa menggunakan brankas ini sebagai sarana warisan. Pasalnya, simpan emas di sini boleh diwariskan ke istri dan anak atau perpindahan ke ahli waris.

Sehingga apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan pada si pemilik brankas, keluarga yang ditinggalkan boleh menjadi ahli waris dari investasi emas sang pemilik. Dalam arti, emas tetap aman di tangan pewaris yang sudah ditunjuk oleh pemilik brankas.

Syarat Simpan emas di Brankas Antam

  • Pertama, emas yang akan disimpan oleh pembeli minimal harus seberat lima gram.
  • Kedua, penyimpanan emas di Brankas minimal harus tiga bulan.
  • Ketiga, membayar biaya sewa Rp 300.000 per tahun, diklaim lebih murah dari layanan bank.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

1. Apa Tujuan Anda Membeli Emas?

Sebelum membeli emas, tetapkan dahulu tujuan Anda. Jika ingin berinvestasi, pilihlah emas batangan atau koin, karena nilai intrinsiknya yang relatif besar. Sedangkan untuk perhiasan sekaligus tabungan, maka bisa memilih emas yang memiliki kadar yang tinggi. Untuk emas perhiasan, nilai jualnya relatif lebih tinggi jika kemilaunya masih terjaga dengan sangat baik.

2. Cek Harga Emas Saat Ini

Harga emas berbeda setiap harinya, jadi Anda wajib mengeceknya di pasaran. Bukalah situs-situs yang mengkhususkan dirinya untuk hal ini seperti logammulia.com, pegadaian.co.id atau harga-emas.com.

Di situs ini Anda bisa melihat langsung harga-harga emas sesuai jenisnya. PT. Antam bahkan mengumumkan harga emas dua kali dalam sehari. Harga emas yang diumumkan oleh PT. Antam itulah yang menjadi patokan harga emas nasional.

3. Tempat Membeli Emas

Sangatlah penting menentukan tempat membeli emas yang baik. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi yang jelas. Hal ini berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang baik.

Perhatikan juga harga jual kembali di toko tersebut, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Hindari membeli emas dengan harga sama sesuai yang tercantum di surat. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah PT. Antam atau Pegadaian.

4. Cek Keadaan Fisik Emas

Dalam memilih emas, diutamakan yang tampilannya bersih tanpa noda hijau di pori-porinya. Beberapa toko sering menganggap hal ini adalah sesuatu yang biasa, padahal tidak. Tandanya emas tersebut belum dicuci dengan benar dan masih meninggalkan sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi.

Jika Anda memilih untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan, periksalah dengan baik apakah ada goresan, cekungan maupun cacat lainnya. Karena saat Anda hendak menjualnya kembali, hal ini akan mempengaruhi harganya.

5. Tanya Kadar Kemurnian Emas

Di indonesia, standar kadar emas di toko emas agak berbeda. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya. Bisa dibilang, sistem jual beli emas di pasar (tradisional–toko emas) memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat maupun kadarnya.

6. Simpan Segala Bentuk Surat dengan Baik

Setelah membeli, Anda akan mendapatkan beberapa surat seperti kuitansi, sertifikat emas hingga nota pembelian. Simpanlah semua surat yang diperoleh dengan baik, karena akan diperlukan saat akan dijual kembali.

Hal ini dikarenakan tidak semua pembeli emas, baik toko atau tempat lainnya, ahli dalam menentukan kadar emas tersebut. Istilahnya belum ada standarisasi. Perlu diingat jika surat-surat penting ini hilang, harga emas Anda bisa jatuh. Simpanlah dalam satu plastik bersama dengan emasnya dan kemudian disegel.

Baca Juga Berbagai Cara Menyimpan Dokumen Penting Yang Terbukti Aman

7. Menyimpan Emas yang Benar

Memiliki emas sama artinya dengan menyimpan barang berharga atau tabungan. Jika emas yang disimpan di rumah tidak terlalu banyak, gunakan kotak atau brankas pribadi. Jika emas tergolong banyak (batangan 1kg ke atas), maka perlu disimpan di kotak deposit di bank. Biayanya tidak terlalu mahal, dan berbeda-beda antara satu bank dengan yang lainnya.

8. Emas Sebagai Jaminan

Emas yang dimiliki bisa menjadi jaminan yang baik untuk memperoleh uang saat keadaan finansial sulit. Bawalah ke pegadaian dan jaminkanlah, emas tersebut bisa ditebus kembali setelah Anda mempunyai uang.

Dalam hal ini emas lebih baik digadaikan, bukan dijual, karena jika Anda membeli emas baru dengan ukuran dan kadar yang sama, belum tentu harganya pun sama.

Sangat banyak bukan keuntungan dari investasi emas? Tunggu apa lagi segera lakukan cara investasi emas ini. Jangan tunda kesuksesan ya.

Baca Juga Pengertian Arsip dan Sistem Penyimpanan Arsip Beserta Contohnya 

%d bloggers like this: