Asuransi Pendidikan Anak – Asuransi pendidikan anak ini mulai banyak diambil oleh sebagian masyarakat Indonesia selain tabungan pendidikan. Pertimbangan mengambil dana persiapan pendidikan anak di masa depan ini adalah adanya tambahan manfaat proteksi jika terjadi risiko di kemudian hari.

Semakin banyaknya pengguna asuransi pendidikan tidak terlepas dari fenomena semakin mahalnya biaya pendidikan, terlebih tren biaya pendidikan semakin naik setiap tahunnya.

asuransi pendidikan anak

5 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

1. ProGraduate Manulife

ProGraduate merupakan sebuah program asuransi yang didedikasikan untuk membantu orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan terbaik bagi buah hati mereka sejak ke perguruan tinggi hingga anak berusia 23 tahun. 

Dengan manfaat pembayaran preminya yang dikenal fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan buah hati Anda maupun kondisi keuangan Anda. Yaitu 5 tahun, 10 tahun maupun 15 tahun.

Keunggulan ProGraduate Manulife

  • Tanpa melalui pemeriksaan kesehatan (Band I)
  • Masa Pembayaran Premi dari asuransi pendidikan yang fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan buah hati Anda maupun kondisi dari keuangan Anda, yaitu sebesar 5, 10 dan juga 15 tahun.
  • Kesempatan untuk memperluas manfaat perlindungan dengan cara menambahkan asuransi pertanggungan tambahan [Rider].
  • Kesempatan untuk dapat meningkatkan investasi. Apabila Pembayaran Tunai itu tidak dipergunakan, maka dananya akan diakumulasikan dengan bunga yang telah ditentukan oleh Perusahaan.

2. Axa Smart Kidz

Apapun cita-cita putra & putri Anda, apakah dia ingin menjadi seorang dokter, pilot, punya gelar MBA, olahragawan, artis ataupun jadi seorang pengusaha, produk asuransi pendidikan dari AXA ini akan membantu para orang tua dalam menyiapkan masa depan putra putrinya dengan menghindari berbagai risiko ketidakpastian di dalam hidup.

Produk ini membuat Anda bisa menciptakan, membangun & mengelola aset Anda dengan berbagai macam pilihan yang fleksibel, dengan demikian rencana akan Anda berjalan sesuai dengan kebutuhan. Produk asuransi ini akan memberikan manfaat luar biasa dengan adanya manfaat Asuransi serta pengembangan dana bagi pendidikan anak.

Sehingga upaya Anda dalam mengelola keuangan tidak akan terpengaruh dengan kejadian yang tidak terduga seperti kematian, cacat tetap atau sakit kronis dan masa depan juga cita cita anak Anda bisa tercapai tanpa adanya hambatan.

3. Asuransi Pendidikan BNI Life

Produk asuransi BNI ini terbagi menjadi 2 macam. Berikut penjelasan singkatnya.

BLife Smart Education

Merupakan program keuangan yang menyiapkan Dana Pendidikan Anak sebagai Penerima Beasiswa yang berupa Tahapan Biaya Pendidikan dan juga Pembayaran Berkala serta akan memberikan proteksi ekonomi terhadap berbagai risiko tertinggi. Asuransi pendidikan anak ini merupakan pilihan utama rencana pendidikan & perlindungan masa depan.

Keunggulan Blife Smart Education
  • Memberikan kepastian bagi dana pendidikan putra putri Anda.
  • Menyediakan Uang Saku ketika di perguruan tinggi.
  • Menyediakan 10 macam program pilihan pembayaran tahapan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dana pendidikan bagi buah hati Anda.
  • Pilihan cara Pembayaran Premi dapat dilakukan sekaligus ataupun tahunan.
  • Bebas menentukan berapa besarnya Uang Pertanggungan.
  • Masa pembayaran premi yang fleksibel maksimum selama dalam masa pertanggungan.
  • Fleksibilitas di dalam menentukan berapa besarnya Uang Pertanggungan.
  • Masa pembayaran premi yang fleksibel maksimum selama dalam masa pertanggungan.

Solusi Pintar

Manfaat dari produk asuransi yang satu ini adalah menyediakan jaminan Dana Pendidikan pada semua tingkatan pendidikan buah hati Anda mulai dari jenjang SD hingga dengan Perguruan Tinggi.

  • Masuk SD mendapat 20% Uang Pertanggungan
  • SMP mendapat 30%
  • SMA mendapat 40%
  • Masuk Perguruan Tinggi mendapat 100% Uang Pertanggungan
  • Apabila Tertanggung ternyata meninggal dunia di dalam masa asuransi & polis masih berlaku, maka ahli waris akan dibayarkan 100 persen Uang Pertanggungan, polis bebas premi serta Dana Pendidikan akan tetap dibayarkan sesuai jadwal.

4. BRIngin Danasiswa

BRIngin Danasiswa merupakan sebuah produk asuransi jiwa yang sejak awal dirancang untuk menjamin kepastian bagi ketersediaan dana pendidikan bagi buah hati Anda sejak mulai masuk sekolah hingga masuk perguruan tinggi.

Keunggulan BRIngin Danasiswa

  • Merupakan gabungan dari tabungan, proteksi meninggal dunia dengan berbagai manfaat tambahan yang berupa perlindungan asuransi meninggal dunia sebagai akibat kecelakaan, penyakit kritis dan juga cacat tetap total dikarenakan sakit maupun kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan asuransi bagi orangtua dan anak.
  • Memberikan TDP atau Tahapan Dana Pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan buah hati Anda dimasa mendatang hingga masa asuransi berakhir.

5. Asuransi Pendidikan PRUmy Child

PRUmy child ini merupakan produk inovatif pertama di Indonesia yang menyiapkan perlindungan jiwa terkait investasi bagi anak Anda, sejak sebelum si kecil dilahirkan. PRUmy child juga memberikan perlindungan bagi si buah hati yang komprehensif mulai saat dia masih di dalam kandungan, saat dilahirkan, sampai ia dewasa kelak. Mulai dari perlindungan untuk kesehatan, finansial dan pendidikan.

asuransi pendidikan anak

Baca Juga Lakukan Ini dan Dapatkan 9 Keuntungan Menabung di Bank

Keuntungan Asuransi Pendidikan Anak

1. Merencanakan Pendidikan Anak

Keuntungan yang didapat jika Anda menjadi nasabah asuransi pendidikan anak adalah bisa merencanakan pendidikan untuk anak Anda. Jadi jika Anda sudah ikut asuransi, Anda sudah merencanakan pendidikan untuk anak Anda misalnya mau sampai jenjang apa, pendidikan dimana dan lain-lain.

Hal itu dikarenakan asuransi pendidikan yang Anda ikuti akan menyesuaikan keinginan orang tua. Sehingga besarnya premi yang akan dibayarkan berdasarkan dengan rincian biaya pendidikan yang orang tua buat.

2. Biaya Pendidikan Dicover Asuransi

Ketika Anda ikut asuransi pendidikan maka biaya pendidikan anak akan dicover asuransi. Setiap tahunnya biaya pendidikan anak semakin meningkat sekitar 10% sampai dengan 15%. Tabungan saja tidak cukup untuk membiayai biaya pendidikan yang semakin meningkat tersebut. Sebab selain bunganya rendah, tabungan tidak memiliki fitur yang dimiliki oleh asuransi pendidikan.

Nantinya Anda sebagai orang tua akan mendapatkan dana pendidikan dari asuransi yang Anda ikuti setiap anak akan masuk sekolah. Sehingga sebagai orang tua tidak perlu mencari dana tambahan ketika anak akan bersekolah misalnya saat masuk SMP, SMA maupun kuliah.

3. Melindungi Anak Yang Tertanggung

Asuransi memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh tabungan pendidikan. Salah satu fitur yang tidak dimiliki adalah tidak melindungi anak yang tertanggung dalam polis asuransi. Jika anak mengalami sakit atau meninggal dunia maka orang tua atau si pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggunan atau santunan.

Ada juga perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya rumah sakit jika anak masuk rumah sakit. Jika Anda hanya memiliki tabungan pendidikan saja maka bisa saja dana pada tabungan digunakan untuk biaya rumah sakit. Tentu sebagai orang tua Anda tidak mau jika dana yang sudah dipersiapkan sejak lama harus habis untuk membiayai pengobatan anak.

Saat kondisi seperti inilah asuransi akan bekerja. Sebab asuransi pendidikan merupakan asuransi kombinasi dari asuransi jiwa dan juga investasi yang akan mengcover baik pihak tertanggung ataupun si pemegang polis dari berbagai macam resiko.

4. Melindungi Tulang Punggung

Manfaat yang akan didapatkan oleh nasabah yang memiliki asuransi pendidikan adalah bisa digunakan untuk melindungi tulang punggung keluarga. Tulang punggung keluarga adalah orang yang bertanggung jawab terhadap roda kehidupan di dalam keluarga. Mulai dari makanan, pakaian dan juga pendidikan, itu semua merupakan tanggung jawabnya.

Tanpa tulang punggung keluarga maka roda kehidupan di dalam keluarga tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang bisa menggerakkan roda kehidupan di dalam keluarga adalah materi. Sehingga jika tulang punggung mengalami resiko dan tidak bisa bekerja maka materi tidak ada yang masuk dan roda kehidupan akan berhenti.

Keuntungan yang akan didapatkan nasabah yang mengikuti asuransi adalah melindungi tulang punggung keluarga dari berbagai macam resiko. Sehingga meski tulang punggung tidak bekerja lagi pendidikan anak akan terjamin sampai dia lulus. Selain itu jika si pemegang polis sampai meninggal akan mendapatkan uang pertanggungan dan santunan.

5. Pembayaran Premi Yang Fleksibel

Keuntungan mengikuti asuransi pendidikan adalah pembayaran premi yang fleksibel. Maksudnya fleksibel disini adalah sebagai nasabah tidak hanya bisa membayar premi setiap satu bulan sekali. Namun bisa juga tiga bulan sekali, enam bulan sekali atau bahkan satu tahun sekali.

Sehingga jika Anda malas untuk pergi ke bank satu bulan sekali. Anda bisa memilih pembayaran premi sesuai dengan yang Anda inginkan.

6. Pembayaran Premi Sesuai Finansial

Pembayaran premi sesuai dengan finansial ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak. Mengapa begitu? hal itu dikarenakan Anda akan diuntungkan dengan pembayaran premi yang sesuai dengan kondisi finansial Anda. Kerugiannya kadang premi yang sesuai finansial tersebut bukan yang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak kasus dimana kebutuhan dana pendidikan anak seperti yang diinginkan orang tua preminya selalu diatas kemampuan. Misal orang tua hanya mampu membayar premi plan A namun kebutuhannya adalah plan C. Dan plan C preminya jauh lebih besar dibandingkan dengan yang plan A.

asuransi pendidikan anak

Baca Juga Beginilah Tata Cara Menabung Saham dan Keuntungan Saham

Kerugian Asuransi Pendidikan Anak

1. Pembayaran Premi Relatif Lama

Pembayaran premi relatif lama ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak. Meski disebut memiliki pembayaran premi yang lama namun masa minimal pembayaran premi ini lebih singkat. Dibandingkan dengan asuransi yang lainnya terutama pembayaran premi asuransi jiwa.

Minimal pembayaran premi untuk asuransi pendidikan adalah selama 5 tahun. Sehingga selama 5 tahun tersebut Anda harus membayar premi secara continue atau berkelanjutan.

2. Nilai Investasi Yang Kecil 

Asuransi pendidikan merupakan gabungan antara asuransi jiwa dan juga asuransi investasi. Asuransi pendidikan yang digabung dengan investasi memiliki kerugian berupa hasil investasi yang kecil. Sehingga hasil investasi dari asuransi pendidikan yang dijalani tidak pasti, kadang bisa naik dan juga bisa turun.

Jika naik maka bisa mendapat investasi yang besar, jika turun maka nilai investasinya bisa menurun. Oleh sebab itu ketika Anda akan mengikuti asuransi pendidikan sebaiknya Anda menetapkan niat. Jika Anda mengikuti asuransi ini untuk melindungi Anda dan juga anak Anda bukan untuk melakukan investasi.

3. Klaim Yang Tidak Fleksibel

Jika Anda mengikuti asuransi pendidikan murni kerugian yang akan didapatkan adalah pencairan dana atau klaim yang tidak fleksibel. Sehingga dana yang Anda simpan di asuransi tidak akan bisa diambil sewaktu-waktu. Oleh sebab itu sebaiknya Anda bertanya kepada pihak asuransi apakah pencairan dana klaimnya fleksibel atau tidak.

Jika tidak fleksibel maka dana tersebut hanya bisa diambil saat anak akan masuk sekolah saja. Keuntungan akan didapatkan jika Anda memiliki perusahaan asuransi yang memiliki catatan yang bagus. Tidak hanya bagus dalam produknya saja namun juga bagus dalam hal pelayanan.

Sebab jika pelayanan kurang memuaskan maka Anda akan merasakan tidak nyaman menjadi nasabah di asuransi tersebut. Semoga keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak yang sudah dijelaskan diatas bisa memberikan Anda sedikit gambaran tentang asuransi pendidikan.

Baca Juga 12 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Yang Ampuh dan Menjanjikan 

Manfaat Asuransi Yang Wajib Kamu Tahu

1. Menghadirkan Rasa Aman

Intaian risiko tentu menimbulkan kekhawatiran yang tidak pernah selesai. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin hari-hari Anda akan penuh kecemasan akan sesuatu masalah yang tidak pasti. Asuransi memberikan rasa aman untuk menghadapi  semua itu sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam beraktivitas dan mengembangkan diri. Hidup Anda pun akan lebih tenang karena merasa terlindungi.

2. Memberi Kepastian

Dari risiko yang bersifat tidak pasti, Anda dapat memperoleh kepastian dari asuransi. Artinya, Anda sudah dapat memperkirakan biaya atau akibat finansial dari risiko yang bisa muncul kapan saja dengan nilai yang relatif pasti.

3. Tempat Menabung dan Investasi

Pada jenis tertentu, terdapat fasilitas asuransi yang memiliki nilai tunai jika tidak terpakai atau tidak ada pengajuan klaim. Jenis seperti itu disebut whole life ataupun endowment. Bahkan sekarang, ada asuransi yang digabungkan dengan investasi yang dikenal dengan istilah unit link. 

Dari jenis tersebut, asuransi bukan hanya dapat mereduksi risiko pada diri maupun aset Anda, melainkan pula dapat menjadi sarana untuk menabung dan alat untuk berinvestasi. Selain itu Anda juga bisa menyimpannya di rumah menggunakan brankas yang pastinya sangat aman. 

asuransi pendidikan anak

Baca Juga 10 Keuntungan Yang Di Dapat Dari Investasi Dan Cara Investasi Emas

4. Meminimalisasi Risiko Kerugian

Sesuai fungsi utamanya sebagai pengalih risiko, asuransi tentu saja dapat membuat potensi kerugian yang Anda bisa alami dari risiko tertentu menjadi seminimal mungkin. Hal inilah yang membuat asuransi dikenal sebagai pereduksi risiko.

5. Meningkatkan Kegiatan Usaha

Bayangkan jika tempat usaha Anda tiba-tiba hancur ataupun aset di dalamnya lenyap. Tentu Anda harus menyediakan dana besar untuk penggantiannya agar usaha terus berjalan. Dengan asuransi, kerugian dari hal tersebut dapat ditanggungkan kepada pihak asuransi sehingga dana yang ada bisa dipakai untuk meningkatkan kegiatan usaha Anda.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

1. Kenali Produk secara Detail

Hampir semua perusahaan asuransi memiliki layanan asuransi pendidikan, hal ini tentu membuat sejumlah pilihan. Artinya, di luar sana sejumlah produk tersedia dengan berbagai fitur yang berbeda, sehingga penting untuk mengenalinya secara detail, untuk kemudian bisa menemukan salah satu produk terbaik dan paling tepat bagi kebutuhan anak.

2. Asuransi Unit Link

Jenis asuransi ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi sebagai asuransi pendidikan.

Asuransi yang sekaligus memiliki fungsi investasi ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan asuransi pendidikan anak, mengingat asuransi ini memang akan memberikan imbal hasil atas sebagian dana / premi yang akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Manfaat asuransi sekaligus investasi dapat Anda miliki dengan membeli asuransi yang satu ini.

3. Dana Pendidikan Manfaat Pasti

Jenis dana pendidikan yang satu ini merupakan bentuk dana pendidikan yang memiliki manfaat pasti, di mana uang yang akan diterima sebagai dana pendidikan dijamin sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam proposal. Hal ini berbeda dengan asuransi unit link, yang pada dasarnya memiliki sejumlah risiko dan fluktuasi pendapatan di dalamnya.

Tidak semua perusahaan asuransi memiliki layanan ini, salah satu yang memiliki produk ini adalah Asuransi Manulife dengan produk Pro-Graduate yang memberikan layanan dana pendidikan hingga anak berusia 23 tahun.

Dalam hal ini, Manulife akan melakukan pembayaran tunai bagi peserta sesuai dengan nilai polis (guaranted) selama beberapa tahun, hingga peserta menyelesaikan kuliahnya.

Apapun jenis asuransi pendidikan yang dipilih, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengenali produk tersebut secara detail dan mendalam, sehingga bisa menemukan dan memilih produk terbaik yang ada di pasaran.

4. Ketahui berbagai Biaya yang Dikenakan

Anda juga wajib mengetahui berbagai biaya yang dikenakan di dalam asuransi pendidikan yang akan Anda beli nanti. Jangan sampai dana pendidikan tersebut habis dan menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang, hanya karena berbagai biaya yang cukup besar di dalamnya.

Penting untuk memastikan hal ini sejak awal, terutama jika produk yang dibeli adalah asuransi unit link, yang di dalamnya menerapkan sejumlah kebijakan dan juga biaya yang terbilang cukup besar.

5. Pahami Risiko dengan Tepat

Selain biaya, berbagai risiko yang terkandung di dalam produk asuransi pendidikan juga patut Anda pahami sejak awal. Jika membeli produk dalam bentuk asuransi investasi seperti unit link, tentu memiliki sejumlah risiko yang lebih besar, mengingat produk ini juga memiliki manfaat investasi di dalamnya.

Di dalam investasi akan terdapat risiko yang cukup besar, bahkan fluktuasi nilai investasi yang akan selalu mengikuti perkembangan pasar yang ada. Hal-hal seperti inilah yang wajib Anda pahami dan perhitungkan sejak awal, agar manfaat asuransi pendidikan yang dibeli nanti bisa sesuai dengan kebutuhan.

6. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Apapun produk asuransi pendidikan yang akan Anda jadikan sebagai pilihan, pastikan bahwa produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak di masa yang akan datang. Hal ini tentu akan membutuhkan sejumlah perhitungan / simulasi awal, sehingga bisa menemukan sebuah produk terbaik yang paling tepat untuk kebutuhan tersebut.

Lakukan perhitungan ini dengan baik, termasuk dengan cara membandingkan satu produk asuransi pendidikan dengan produk sejenis lainnya, sehingga bisa menemukan produk yang paling tepat.

Itulah 5 asuransi pendidikan anak terbaik yang ada. Tunggu apa lagi? Segera jamin masa depan anak Anda dengan melakukan asuransi pendidikan anak.

Baca Juga 11 Tips dan Cara Menabung dengan Cepat Yang Wajib Kamu Ketahui

 

%d bloggers like this: