Cara Membeli Emas Antam – Membeli emas batangan adalah cara yang dilakukan banyak orang untuk berinvestasi. Kenapa harus emas batangan? Karena emas jenis ini merupakan emas yang paling tepat untuk dijadikan investasi dibandingkan dengan emas perhiasan.

cara membeli emas antam

Alasannya tentu saja emas perhiasan lebih bergantung pada trend fashion yang mempengaruhi nilai jual emas tersebut. Lain halnya dengan emas batangan yang nilainya tidak pernah turun terlalu drastis. Emas batangan juga sering disebut dengan logam mulia. Lantas, apa sih yang dimaksud emas batangan Antam?

Emas batangan Antam adalah emas yang dibeli dari PT ANTAM, Tbk (Aneka Tambang Mulia) yang kantornya tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Jika Anda juga berminat untuk beli emas batangan atau logam mulia di ANTAM, sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan logam mulia itu. Simak penjelasannya kami berikut ini.

Baca Juga 10 Keuntungan Yang Di Dapat Dari Investasi Dan Cara Investasi Emas

Pengertian Logam Mulia

Ada berbagai jenis emas yang kita ketahui, mulai dari yang berbentuk pipih, batangan, maupun sudah jadi perhiasan semua kita sebut dengan emas. Hal yang membedakan dari jenis emas tersebut adalah kadarnya atau yang biasa dikenal dengan istilah “karat”.

Karat merupakan satuan untuk menyebut jumlah kandungan kemurnian emas. Semakin tinggi karatnya maka semakin tinggi pula harga jualnya. Logam Mulia merupakan salah satu jenis emas dengan kadar kemurnian yang paling tinggi, yaitu 99,99%. Oleh karena itu, logam mulia biasa disebut dengan emas murni 24 karat.

Biasanya untuk membuktikan kemurnian dari logam mulia tersebut harus disertai dengan sertifikat. Jadi, jika Anda ingin menjualnya kembali jangan lupa membawa sertifikatnya agar harga jualnya tidak ditaksir lebih rendah oleh toko emas.

Namun, tidak sembarang orang yang bisa mengeluarkan sertifikat logam mulia. Hanya lembaga yang sudah terakreditasi oleh 4 asosiasi pedagang emas logam mulia dunia inilah yang bisa mengeluarkan sertifikat logam mulia. Apa saja 4 asosiasi tersebut? 

  1. New York Mercantile Exchange, COMEX. Division.
  2. London Bullion Market Association (LBMA).
  3. Tokyo Commodity Exchange.
  4. Dubai Multi Commodities Centre.

Jika sudah ada sertifikat logam mulia yang terakreditasi lembaga yang telah disebutkan, Anda bisa menjualbelikan emas logam mulia tersebut di negara mana saja di dunia. Berikut ini cara membeli emas Antam yang wajib kamu tahu.

cara membeli emas antam

Cara Membeli Emas Antam

Berniat untuk membeli emas di PT ANTAM, Tbk? Jika ya, Anda bisa mengunjungi salah satu lokasi unit bisnis Antam. Perlu diketahui, harga emas di PT ANTAM, Tbk berbeda di setiap unit bisnisnya. Oleh karena itu, pilihlah dengan bijak karena siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga beli emas Antam yang lebih murah. Berikut ini cara membeli emas Antam adalah sebagai berikut.

  1. Cek harga logam mulia terlebih dahulu di website PT ANTAM, Tbk.
  2. Kemudian, datang langsung ke unit bisnis ANTAM terdekat di daerah Anda. Jangan lupa untuk membawa KTP dan SIM.
  3. Jika sudah sampai ke unit bisnis, anda bisa melapor pada satpam apa maksud dan tujuan Anda ke tempat tersebut adalah ingin membeli emas batangan. Nantinya, Anda akan diberikan formulir dan tinggalkan KTP atau SIM Anda di satpam.
  4. Jika sudah memasuki ruangan unit bisnis ANTAM, ambil nomor antrian di meja resepsionis.
  5. Ketika nomor antrain anda sudah dipanggil, anda bisa langsung mendatangi meja penjualan. Kemukakan berapa jumlah emas batangan yang ingin anda beli kepada petugas. Setelah itu, petugas akan memberikan faktur dan selanjutnya adalah proses di kasir.
  6. Jika sudah melakukan pembayaran, Anda akan diberikan bukti pembayaran emas oleh kasir Kemudian,  menuju ke ruangan penyerahan emas.
  7. Tinggalkan bukti pembayaran tersebut di ruangan penyerahan emas, lalu tunggu di luar ruangan hingga nama/nomor antrean Anda dipanggil kembali.
  8. Setelah itu, masuk kembali ke ruang penyerahan emas untuk mengambil emas batangan yang telah Anda beli.

Cara Membeli Emas Antam Di Jakarta

Bagi anda yang tinggal di Jakarta tentu mudah jika ingin membeli emas batangan. Langsung saja kunjungi Butik Emas di dalam Gedung Antam itu sendiri yang berlokasi di Jl. Letjen TB.Simatupang No. 1, Lingkar Selatan, Tanjung Barat. Cara beli emas di PT ANTAM ini ternyata tidak terlalu sulit.

Namun, memang harganya lebih tinggi jika dibandingkan membeli di Unit Bisnis ANTAM. Harga tentunya menarik minat pembeli, dikarenakan harga di sini lebih tinggi maka kantornya lebih sepi pengunjung. Oleh karena itu, pengunjung lebih nyaman ketika mengantre. Lalu, bagaimana cara beli emas di PT Antam?

Untuk langkah-langkah membeli emas batangan di Gedung Antam tidak jauh berbeda dengan di Unit Bisnis. Disini, Anda juga harus meninggalkan KTP dan mengisi formulir yang diberikan. Setelah itu, anda harus mengantre dan membayarkan sejumlah uang untuk bisa menebus emas batangan yang anda inginkan.

Sebagai informasi, untuk harga jual kembali di Butik Emas ini juga sama dengan harga jual yang ada di Unit Bisnis Antam, yaitu sebesar 95% dari harga pasar. Selain di Gedung Antam, anda juga bisa membeli emas batangan Antam di Unit Bisnis Jakarta yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur. Tepatnya di Jl. Pemuda – Jl.Raya Bekasi Km.18, Pulogadung.

Namun, disini jumlah pembeli biasanya hanya dibatasi 150 orang saja setiap harinya. Tentu dikarenakan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin membeli emas batangan.

Cara Membeli Emas Antam Secara Online

Super sibuk dengan aktivitas harian anda? Padahal, anda memiliki uang lebih untuk berinvestasi. Tenang, kini anda bisa berinvestasi tanpa harus repot keluar rumah. Caranya dengan mencari perusahaan yang melayani pembelian emas secara online.

Salah satunya adalah PT Pegadaian(Persero), Badan Usaha Milik Negara tersebut melayani pembelian emas secara online. Emas yang dijual adalah emas dari PT. Aneka Tambang, Tbk (ANTAM). Lalu, bagaimana cara membeli emas Antam secara online? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Kunjungi situs Pegadaian dan lakukan registrasi online.
  2. Selanjutnya, pilih jenis dan berat logam mulia atau emas antam yang akan dibeli.
  3. Kemudian lakukan pembayaran melalui transfer.
  4. Jika sudah, anda tinggal menentukan tempat pengambilan emas di outlet Pegadaian terdekat.

Selain Pegadaian, PT Aneka Tambang sendiri juga memiliki layanan online. Anda bisa melakukan pemesanan melalui email. Caranya dengan mengirimkan informasi jenis emas batangan yang akan dibeli. Kirimkan ke email delivery.lm@antam.com beserta nomor KTP dan alamat lengkap anda.

Jika sudah ada balasan dari Antam, langsung lakukan pembayaran melalui transfer beserta biaya asuransi dan ongkos kirim. Tentu tambahan biaya ini diperlukan agar paket anda selamat sampai tujuan.

Baca Juga 12 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Yang Ampuh Dan Menjanjikan

Keuntungan Yang Di Dapat Dari Investasi Emas

Sifatnya yang Mudah Dicairkan

Merupakan keuntungan pertama yang cukup menggiurkan dalam berinvestasi, pasalnya bentuk dan jenis investasi lain memiliki kecenderungan sifat yang lebih sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim pada saat tertentu saja.

cara membeli emas antam

Berbeda halnya dengan investasi emas yang memberikan keleluasaan bagi para pemegang investasi ini untuk dapat mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai dengan cara yang relatif mudah dan waktu yang relatif singkat serta lebih fleksibel daripada jenis investasi lainnya.

Bebas Pajak

Cara membeli emas Antam ini berbeda dengan memiliki saham pada suatu perusahaan tertentu. Keuntungan yang didapat dari investasi yang baik pada suatu perusahaan tak lantas langsung dinikmati oleh para pemegang saham perusahaan tersebut.

cara membeli emas antam

Pasalnya, mendapatkan keuntungan ini terkadang juga diikuti dengan adanya pajak atau terkadang bentuk keuntungan tersebut bukanlah dalam bentuk uang tunai namun tambahan lembar saham perusahaan. Memiliki emas sebagai barang investasi merupakan pilihan yang tepat bila Anda menginginkan investasi bebas pajak.

Daya Beli Emas Bersifat Tetap

Harga emas tidak hanya selalu naik harganya. Kadang juga mengalami penurunan harga. Namun penurunan harga sangat kecil kemungkinannya. Kemudian akan berubah menjadi kenaikan harga emas yang drastis.

cara membeli emas antam

Contohnya, pada waktu harga emas mengalami penurunan dari 1.000 dolar hingga 500 dolar maka harga dari beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan juga. Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas akan tetap sama. 

Kelemahan Investasi Emas Yang Harus Kamu Tahu

Risiko Kehilangan Yang Cukup Tinggi 

Inilah risiko pertama yang harus dihadapi oleh investor emas, terutama yang menjadikan emas dalam bentuk perhiasan yang sehari-hari digunakan. Risiko ini muncul dari kejadian perampokan yang mungkin terjadi terutama bila perhiasan yang digunakan cukup banyak atau mencolok.

Investasi emas dalam bentuk batangan dengan jumlah yang cukup banyak juga rawan dengan risiko ini. Maka untuk melindungi aset mereka, pemegang investasi emas biasanya bersedia membayar lebih banyak dana untuk menyewa safe deposit box yang merupakan fasilitas sebuah bank untuk menyimpan berkas maupun barang milik nasabah yang dirasa memiliki nilai yang cukup tinggi.

cara membeli emas antam

Dengan keuntungan yang dirasa cukup tinggi, investasi ini juga tak lepas dari risiko yang tidak rendah pula. Perlunya mempertimbangkan lebih lanjut mengenai investasi ini bila Anda tidak yakin dengan lingkungan sekitar yang merupakan ancaman bagi investasi Anda. Anda juga bisa menyimpan ke dalam brankas agar emas Anda tetap aman.

Harganya Cenderung Melambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil

Inilah yang menjadi fakta sekaligus ironi. Harga emas cenderung mengalami peningkatan ketika kondisi ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Bisa jadi dalam waktu ini terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan dan juga penurunan harga emas. Bila inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada perkiraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas akan jauh lebih tinggi.

Begitu pula sebaliknya. Kondisi ekonomi yang stabil akan mendorong masyarakat untuk konsumsi sewajarnya. Bila terjadi kondisi ekonomi yang tidak stabil, emas dijadikan sebuah alternatif teraman untuk mengamankan kekayaan investor.

Baca Juga 11 Tips Menabung Dengan Cepat Yang Wajib Kamu Ketahui

Prosedur Cara Membeli Emas Antam Batangan di Unit Bisnis PT. Antam Logam Mulia

1. Cek Harga

Cek harga resmi dan ketersediaan emas batangan Antam melalui website logam mulia. Bila Anda berada di kota lain, silakan klik sesuai dengan tempat kota Anda berada.

2. Datangi Unit Bisnis PT. Antam

Pada tiap kota, PT. Antam memiliki unis bisnis tersendiri. Anda dapat mengecek alamat jelas lokasi unit bisnis masing-masing kota di halaman Anda mengecek harga tersebut di atas. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas KTP atau SIM saat hendak mengunjungi unit bisnis tersebut.

3. Pemeriksaan Keamanan dan Identitas

Sesampainya di lokasi unit bisnis Antam, Anda wajib melapor pada petugas keamanan untuk mengemukakan maksud kedatangan Anda, yaitu membeli emas batangan. Petugas keamanan akan memberikan Anda formulir dan meminta Anda untuk meninggalkan KTP atau SIM selama Anda berada di lokasi unit bisnis Antam.

4. Loket Resepsionis

Masuk ke gedung Antam, tujulah loket resepsionis untuk mengambil nomor antrean. Tunggu sesaat sampai nomor antrean Anda dipanggil.

5. Loket Penjualan

Saat nomor antrean Anda dipanggil, tujulah loket penjualan. Di sinilah tempat Anda akan melakukan transaksi pembelian emas batangan. Petugas akan menanyakan Anda apakah kita sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya atau tidak serta menginformasikan ketersediaan serta harga logam mulia hari itu. Sebutkan jumlah keping dan gram emas batangan yang ingin Anda beli lalu petugas akan memberikan Anda faktur penjualan sebagai bukti.

6. Loket Kasir

Setelah mendapat faktur dari loket penjualan, tujulah loket kasir untuk melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan secara transfer, debit maupun tunai. Selesai membayar, kasir akan memberikan Anda nota bukti pelunasan.

7. Ruang Penyerahan Emas

Dari kasir, Anda menuju ke ruang ruang penyerahan emas. Tunjukkan nota bukti pelunasan kepada petugas untuk mendapatkan sejumlah emas batangan yang Anda beli. Saat mendapatkan emas Anda, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi fisiknya, sertifikat emas dan mencocokkan jumlah yang Anda terima serta jumlah yang tertera pada bukti pelunasan.

8. Transaksi Selesai

Dengan Anda mendapatkan emas batangan yang Anda beli, maka transaksi pun selesai. Anda dapat kembali pulang melalui gerbang pemeriksaan untuk mengambil KTP atau SIM yang Anda tinggalkan sebelumnya pada petugas keamanan.

Keuntungan Simpan Emas di Brankas Antam

1). Aman dan Nyaman

Tentu saja menyimpannya di brankas Antam akan lebih aman serta nyaman karena pemilik emas tak perlu khawatir emas akan hilang di rumah. Sering kali ada ketakutan jika emas disimpan di rumah bisa lenyap sewaktu-waktu. Berkat adanya brankas Antam ini, pemilik akan terlepas dari rasa ketakutan berlebihan.

Saat hendak membeli emas dari Butik Emas Logam Mulia, Anda bisa langsung menitipkannya untuk disimpan. Jadi, ketika Anda keluar toko pun tak perlu waspada ada orang yang akan mengikuti dan mencuri emas Anda.

2). Pemesanan Emas Sangat Praktis

Nah, bagi Anda yang sudah terdaftar pada program ini dapat memanfaatkan keuntungan simpan emas yang lain. Investor emas bisa membeli emas cukup dengan memesan lewat telepon.

Cara yang praktis dan efisien, bukan? Anda tak perlu repot berjibaku dengan kemacetan di jalanan hanya untuk membeli 10 gram emas. Anda cukup menelepon Butik Emas Logam Mulia mau menambah berapa gram emas lagi untuk di tabung.

3.) Brankas Sudah Diasuransikan

Sudah aman, praktis ternyata simpan emas di brankas Antam rupanya diasuransikan juga. Anda tak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan program ini. Sudah pasti penyimpanan emas melalui brankas Antam ini sangat terjamin. Bila diasuransikan maka pihak Antam bertanggung jawab terhadap kondisi emas Anda yang disimpan. Seandainya terjadi kerusakan pada brankas atau terjadi sesuatu yang tak diinginkan maka dengan sigap pihak asuransi akan mengatasinya.

Baca Juga 5 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui

4). Bisa Dicairkan Sewaktu Waktu

Apabila Anda sedang membutuhkan dana tunai ketika berada di kota lain yang juga memiliki Butik Emas Logam Mulia maka Anda bisa mencairkan investasi emas Anda. Ini jadi keunggulan lain dari simpan emas di brankas. Misalnya, Anda memiliki 25 gram emas yang tersimpan di brankas Butik Sarinah untuk mencairkannya bisa dilakukan di butik lain.

Cara membeli emas Antam baik dalam bentuk fisik maupun tunai dengan harga yang kompetitif. Anda harus memberitahukan butik asal terlebih dahulu minimal sepuluh hari sebelum pencetakan.

5). Boleh Diambil Kapan Saja

Jangan khawatir emas akan terpendam selamanya di brankas. Anda bisa mengambilnya kapan saja jika membutuhkannya. Tidak ada syarat atau denda yang dikenakan bila hendak mengambil hasil investasi Anda ini.

6). Emas Dapat Diwariskan

Pemilik brankas Antam bisa menggunakan brankas ini sebagai sarana warisan. Pasalnya, simpan emas di sini boleh diwariskan ke istri dan anak atau perpindahan ke ahli waris. Sehingga apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan pada si pemilik brankas, keluarga yang ditinggalkan boleh menjadi ahli waris dari investasi emas sang pemilik. Dalam arti, emas tetap aman di tangan pewaris yang sudah ditunjuk oleh pemilik brankas.

Syarat Simpan Cara Membeli Emas Antam di Brankas Antam

  • Pertama, cara membeli emas Antam yang akan disimpan oleh pembeli minimal harus seberat lima gram.
  • Kedua, penyimpanan emas di Brankas minimal harus tiga bulan.
  • Ketiga, membayar biaya sewa Rp 300.000 per tahun, diklaim lebih murah dari layanan bank.

Baca Juga Berbagai Cara Menyimpan Dokumen Penting Yang Terbukti Aman

 

%d bloggers like this: