Cara Menabung Yang Benar – Menabung merupakan kegiatan menyimpan uang yang kita miliki agar pada kedepannya kita memiliki uang yang banyak. Selain itu kita juga dapat menggunakan metode menabung sebagai target apa yang akan kita beli di masa depan nanti. Uang yang kita miliki akan semakin banyak meski awalnya sedikt.

Sesuai dengan pepatah terkenal sedikit – sedikit maka lama – lama akan menjadi bukit.

Sebagai manusia sebaiknya kita melakukan hal menabung. Karena uang yang kita kumpulkan dapat berfungsi jika kita suatu saat ada kebutuhan yang mendadak. Seperti misalnya kita sakit dan memerlukan biaya yang besar maka uang tabungan bisa menjadi bantuan bagi kita.

Namun sebagian orang masih bingung bagaimana cara menabung yang benar. Sebagian orang masih bingung bagaimana dapat menyisihkan uang padahal kebutuhan mereka kadang melebihi uang yang dimiliki. Berikut ini tips yang agar kita dapat menabung dengan konsisten sehingga kita memiliki uang banyak.

Baca Juga : 3 HP Ini Termasuk HP Tercangih dan HP Termahal Di Dunia Tahun 2018

Pembahasan cara menabung yang benar.

9 Cara Menabung Yang Benar Agar Anda Cepat Kaya!

1. Sisihkan uang sebelum habis

cara menabung yang benar

Cara yang satu ini adalah cara yang sangat penting karena biasanya jika kita memiliki uang akan mudah cepat habis untuk memenuhi kebutuhan kita. Salah satu cara agar kita dapat menabung kita sebisa mungkin harus menyipan sedikit uang dari total yang kita miliki. Simpan uang sebelum Anda menghabiskannya.

Misalnya ketika Anda pertama gajian maka segeralah simpan sedikit uang sebelum Anda membeli kebutuhan. Karena jika Anda menyimpannya diakhir maka uang Anda mungkin akan habis sebeulum Anda menyimpannya. Jadi berusahalah sebisa mungkin simpan sebelum digunakan untuk memenuhi keperluan.

 

2. Simpan Uang di Bank 

cara menabung yang benar

Setelah Anda menyisihkan uang di bank maka langkah selanjutnya yaitu Anda harus menyipan uang Anda di bank. Mengapa demikian? Karena jika uang yang Anda di bank maka Anda akan butuh sedikit perjuangan untuk mengambilnya sehingga itu akan membuat Anda malas untuk mengambil. Jadi uang Anda akan teap utuh jika di bank.

Jika Anda menyimpannya hanya dibawah lemari maka suatu saat Anda akan mudah mengambilnya dan menggunakan uang tersebut sehingga tabungan Anda tidak utuh atau akan berkutang. Cara ini merupakan cara yang efektif agar uang yang Anda miliki tetap utuh.

 

3. Tentukan tujuan dari menabung 

cara menabung yang benar

ketika sudah menabung maka Anda perlu menentukan untuk apa uang tersbeut. Semisal hanya untuk keperluan jika sakit atau ketika ingin membeli suatu barang maka Anda perlu menentukan tujuannya. Mengapa demikian? Agar Anda tidak mudah tergoda jika semisal ada seseorang yang menawari sebuah gadget atau lainnya.

Kadangkali jika orang menawarkan barang bagus maka Anda lebih ingin membeli barang tersbut. Namun jika Anda memiliki tujuan pasti maka Anda akan berfikir dua kali untuk membeli barang tersebut atau memenuhi tujuan Anda didepannya.

 

4. Stop Pamer Kekayaan Karena Gengsi

cara menabung yang benar

Ketika Anda memiliki uang banyak pastinya Anda memiliki keinginan untuk memebeli emas ataupun sejenisnya guna menunjukan bahwa Anda adalah orang kaya. Memang sifat itu adalah hal wajar karena setiap orang pasti  Ingin dipuji namun sebaiknya hindari sifat seperti itu karena hal itu tidak bermanfaat.

Hal tersebut hanya menunjukan kesombongan dan mungkin Anda bisa hancur dengan kesombongan Anda sendiri. Tetap Anda menabung sesuai dengan tujuan Anda jangan mudah tergoda dengan gengsi atau secamnya.

 

5. Belajar Berhemat

cara menabung yang benar

Cara menabung yang benar selanjutnya adalah belajar berhemat. Ketika Anda mulai menabung belajarlah untuk berhemat agar Anda bisa menabung dengan uang yang lebih banyak. Seperti misalnya Anda lebih memilih makan makanan yang sederhana, tidak mengikuti keinginan, memenuhi kebutuhan seadanya.

Hal tersebut akan membuat Anda cepat memiliki uang banyak untuk disimpan.

Karena uang yang Anda lebih memprioritaskan untuk menabung. Jika uang sudah mencapai tujuan maka Anda juga dapat meenuhi tujuan tersebut. Namun Anda jangan sampai berhenti menabung karena kebiasaan ini harus tetap dilanjutkan agar Anda cepat kaya.

 

6. Jauhi kartu kredit

cara menabung yang benar

kartu super ini memang sangat bermanfaat dan sangat bagus. Namun untuk menabung Anda perlu menjahui kartu ini. Mengapa? karena biasanya kartu kredit bisa digunakan sebagai transaksi online. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mengurangi  uang yang Anda miliki.

Sehingga uang Anda akan berkurang dan habis jika Anda mudah tergoda dengan barang yang ada di toko online.

Sebaiknya hindari kartu ini selain itu banyak juga ATM yang beredar dan cara mengambilnya pun mudah tidak selama di bank. Sehingga Anda akan lebih mudah mengambil uang tersebut dan uang Anda akan cepat habis jika Anda menggunakan kartu ini.

 

7. Pisahkan Tabungan Sesuai Keperluan

cara menabung yang benar

Cara cara menabung yang benar selanjutnya adalah cara yang paling bagus karena Anda sebaiknya harus membedakan rekening untuk menyimpan uang. Seperti misalnya Anda ingin menggunakan tabungan ini untuk keperluan mendadak dimasa depan dan ingin juga membeli kendaraan bermotor.

Maka sebaiknya Anda pisahkan ke dua tabungan tersebut agar jika Anda menggunakan satu tabungan maka Anda masih punya simpanan lainnya.

Sehingga uang Anda akan tetap ada dan tujuan Anda yang lain pun bisa dipenuhi. Cara ini memang memerlukan pembagaian uang yang Anda miliki harus ditabung di mana dahulu. Anda dapat menentukan sesuai keinginan Anda. Dan saran kami sebaiknya Anda menabung di mana yang lebih Anda butuhkan.

 

8. Catat semua pengeluaran

cara menabung yang benar

Mungkin Anda sering kali berfikir “kok gaji pokok saya cepat habis”. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran yang anda lakukan. Hal ini menjadi hal yang cukup penting karena Anda akan tahu apa yang Anda keluarkan. Sehingga di kemudain hari Anda dapat memilih uang dan mengurai pengeluaran yang tidak dibutuhkan agar dapat ditabung dibank.

Biasanya orang sering ingin menabung namun tiba – tiba tanpa mereka sadari uang mereka habis. Maka jika Anda melakukan pencatatan Anda akan tahu apa yang Anda lakukan sehingga uang itu habis. Maka Anda pun dapat mengatur uang dengan lebih baik.

 

9. Hindari memegang banyak uang tunai

cara menabung yang benar

Cara cara menabung yang benar satu ini terbilang penting karena ketika Anda memegang uang banyak hal tersebut dapat menyebabkan Anda boros. Oleh karena itu anda harus segera menyimpannya di bank. Sisishkan uang yang Anda perlukan saja jangan pegang semua unag tunai.

Mungkin suatu saat kita melihat atau ada yang menawarkan barang yang menggoda dan anda tanpa sadar Anda menggunakan uang itu karena Anda tergoda dengan uang tersebut. Maka hindarilah memegang banyak uang tunai.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai 10 Cara Menabung Yang Benar Agar Cepat Kaya! semoga beranfaat bagi saya dan semoga bermanfaat juga bagi pembaca. komitmenlah dalam menyipan uang karena memang tak mudah untuk menghindari godaan saat kita memiliki uang yang banyak.

Sekian artikel ini saya buat jika ada salah penulisan saya mohon maaf. Terimakasih telah membaca artikel saya.

%d bloggers like this: