Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor – uang adalah alat yang digunakan untuk membeli suatu barang atau benda. Metode uang ini digunakan guna mengganti metode barter yang dimana pada zaman dahulu metode barter bisa dibilang kurang adil dalam menerima pertukaran barang.

Biasanya bank mencetak uang dengan mempertimbangkan keawetan uang seperti misal uang kertas. Bank memilih kertas digunakan sebagai uang karena kertas yang ukurannya relatif tipis, fleksibel, dan mudah dibawa sehingga bank menggunakan salah satunya bahan kertas. Uang kertas dibuat tidak mudah robek mesti saat kondisi basah.

Bahan lain dalam pembuatan uang adalah logam perak. Logam ini termasuk salah satu logam yang awet sehingga bank mengugnakan bahan ini untuk membuat uang koin.

Uang emas saat ini sudah mulai tidak ada karena harga emas yang tidak sebanding dengan nominal uang yang dibuat. Karena dalam bank indonesia pembuatan uang harus kurang dari nominal uang tersebut. Uang semakin lama semakin berkembang uang berganti – ganti desian secara terus meneru sehingga uang lama ditinggalkan dan tidak lagi berlaku diera baru.

Jangan salah sangka uang lama yang sudah tidak laku ternyata menjadi barang antik yang semakin berharga. Karena pada era dahulu uang ini pernah digunakan dan bisa dibilang bersejarah.

Semakin kuno ternyata uang ini semakin berharga karena uang ini semakin langka ditemukan. Sehingga membuatnya mahal dan dicari oleh kolektor. berikut ini adalah uang kuno yang paling dicari kolektor.

 

Baca Juga : Brangkas Teraman di dunia untuk menyimpan barang dan surat berharga

 

4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor Indonesia

Sebelum ke pembahasan disini saya akan memberi tahu bahwa saya akan mulai memberi tahu uang yang langka sebelum negara Indonesia lahir tepatnya pada saat penjajahan Belanda. Berikut adalah pembahasannya.

 

1. Uang kertas 500 Gulden

Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor

Alat jual beli atau yang disebut uang yang satu ini adalah uang kertas yang berharga, antik, dan bersejarah karena uang ini ada sebelum Indonesia Merdeka. Uang ini berlaku pada tahun 1933 – 1939 menjadikan uang ini adalah uang bersejarah. Maka tak heran jika uang ini menjadi uang kuno yang paling dicari kolektor.

Barang antik berupa Uang ini memiliki gambar yang indah bergambarkan orang yang menggunakan pakaian wayang tradisional. Hal tersebut juga menjadikan uang ini memiliki harga yang tinggi. Saat itu Indonesia masih dalam jajahan negara Belanda sehingga orang – orang Indonesia harus mematuhi aturan penjajah.

Salah satunya penjajah Belanda membuat peraturan menggunakan uang berjenis gulden bukan rupiah. Uang gulden sekarang sudah tidak berlaku di Indonesia namun masih di gunakan di negri kincir angin Belanda. Oleh karena itulah salah satu penyebab kolektor memburu uang ini.

Uang ini diburu karena tingkat sejarah, keindahan, dan kelangkaan membuat uang ini menjadikan barang antik yang memiliki harga tinggi.

 

2. Uang Kertas 1000 Gulden

Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor

Selanjutnya tetap masih berupa uang Gulden dimana Indonesia belum merdeka saat itu namun nominal uang ini dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya yaitu 1000 Gulden. Uang kuno yang satu ini merupakan uang seri wayang Gulden yang nominalnya uangnya paling besar pada masa itu yaitu 1000 Gulden.

Jika dijual kepada kolektor uang kuno yang satu ini harganya bisa dibilang cukup tinggi, bahkan para kolektor  rela membayar uang ini dengan harga 100juta. Tidak heran uang ini sangat mahal dan berharga meskipun sudah tidak berlaku. Karena uang ini memiliki sejarah yang cukup berharga dan kelangkaan yang sangat tinggi membuat harga uang ini seperti harga mobil.

Kolektor rela membayar mahal demi memiliki uang langka yang satu ini. Naumun tidak semua kolektor mampu membelinya mungkin hanya kolektor yang kaya yang relam mengeluarkan uangnya untuk memebeli uang kuno yang sudah tidak berlaku ini.

Memang menjadi kolektor barang antik memerlukan modal yang sangat besar karena barang antik memang sudah langka. Selain itu barang antik memeiliki desain yang klasik juga membuat barang antik memiliki harga yang mahal. Para kolektor tentunya mempertimbangkan apa yang akan mereka beli apakah benar – benar berharga atau tidak.

 

3. Uang 100 rupiah tahun 1948

Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor

selanjutnya uang yang satu ini sudah memasuki era kemerdekaan Indonesia dimana uang Indonesia adalah rupiah. Meskipun bukan saat penjajahan belanda namun uang ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena ini adalah uang generasi awal di Indonesia.

Uang ini dicetak pada awal kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun 1948 tepatnya 3 tahun setelah kemerdekaan Indonesia.

Uang ini bertanda tangankan mentri keuangan di Yogyakarta. Karena saat itu pemerintahan dan ibukota Indonesia berada di Yogyakarta. Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan Indonesia saat itu karena perjuangan Sri Sultan Hamengkubuwono XI yang rela menggunakan hartanya untuk membangin NKRI.

Uang ini menjadi salah satu saksi bahwa Indonesia telah meredeka. Pada gambar uang ini terdapat wajah dari presiden pertama Republik Indonesia yaitu bung Karno. Hal tersebut membuktikan bahwa negara Indonesia telah berdiri dan memiliki presiden.

Selain itu juga terdapat gambar keindahan alam. Gambar tersebut memiliki makna bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Bahkan jika dihitung penghasilan semua perusahaan IT di dunia seperti google, apple, samsung, dan lain – lain, jika keuntungan mereka disatukan. Maka hasilnya sama dengan keuntungan VOC yang menjajah Indonesia.

Uang ini menjadi salah satu uang yang diburu kolektor dan bahkan kolektor rela membayar mahal untuk uang bersejarah Indonesia yang satu ini. Uang ini kini sangat langka dan sangat sulit ditemukan. Hal itulah yang membuat uang ini mahal.

 

4. Uang 5000 rupiah tahun 1958

Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor

Uang kuno yang paling dicari kolektor terakhir adalah uang 5000 rupiah ini. Dikabarkan bahwa Uang ini pertama dikeluarkan pada tahun 1958. Ukurannya uang ini lebih besar dibandingkan dengan uang kertas yang beredar saat ini. Pada bagian depan uang kuno ini berdesain gambar perempuan berkebaya yang sedang memegang padi.

Melambangkan bahwa negara Indonesia memiliki tanah subur dan kaya.

Pada sisi sebaliknya bergambar hamparan sawah terasering. Dahulu uang kuno ini hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja karena nominalnya yang cukup tinggi untuk masa itu. Uang ini berdasarkan nilai sejarah dan kelangkaannya termasuk uang yang memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Kini uang ini menjadi salah satu uang kuno yang paling dicari kolektor karena pada masa lalu uang ini memiliki nominal yang tinggi serta nilai historisnya yang tinggi. Uang ini bisa dikategorikan sebagai barang antik yang berharga. Kolektor rela membayar mahal untuk uang kuno yang sudah tidak berlaku ini.

Untuk mendapat uang ini sangatlah tidak mudah karena tingkat kelangkaannya yang tinggi.

 

Sekian aritkel pembahasan mengenai 4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor Indonesia semoga bermanfaat tetap simpan uang yang Anda miliki mungkin suatu hari saat uang itu tidak terpakai akan memiliki nilai sejarah yang tinggi hehe. Saya ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel 4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor Indonesia. Sekian!

 

%d bloggers like this: