Ini dia tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian meminjam uang dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan yang sering dilakukan. Selain melalui layanan dibank, ternyata Anda bisa melakukan hal ini di pegadaian. Tentunya, Anda harus lebih mengetahui tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian mengingat hal ini cukup beresiko.

Gadai merupakan salah satu cara yang tepat disaat kamu butuh dana mendadak atau yang mendesak. Ada banyak barang yang bisa kamu gadaikan seperti motor, mobil, perhiasan, hingga AJB (Akta Jual Beli) tanah. Kebanyakan perusahaan bank tidak menyediakan layanan untuk gadai AJB tanah, salah satu tempat yang menyediakan layanan itu adalah pegadaian.

Dalam menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian tentu mengurangi rasa khawatir akan adanya penipuan. Sebagai perusahaan pemerintah dalam pegadaian menyediakan layanan pinjaman yang aman bebas penipuan.

Ini Dia Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

1. Menyiapkan Sertifikat Asli Rumah

Ini dia tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian adalah menyiapkan sertifikat rumah yang hendak digadaikan. Pastikan rumah milik pribadi,atas nama anda sendiri dan tidak berada dalam kondisi sengketa atau masih proses kredit. Hal ini untuk menghindari permasalahan di kemudian hari apabila anda gagal menembus pinjaman.

2. Fotokopi Identitas Diri

Ini dia tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian yang lainnya adalah fotokopi identitas diri (KTP atau SIM) beserta aslinya. Anda juga menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) untuk melengkapi persyaratan gadai sertifikat rumah. Setelah semua dokumen tersebut sudah lengkap, Anda bisa langsung datang mengunjungi pegadaian.

3. Mengisi Formulir Permohonan

Ini dia tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian yaitu anda dipersilahkan untuk mengisi formulir permohonan penitipan. Isilah dengan informasi yang benar dan sesuai dengan prosedur yang ada disitu.

4. Mencari Informasi Mengenai Biaya Gadai,Besaran Bunga Dan Informasi Lainnya

Ini dia tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian, Anda bisa mencari informasi yang detail terkait biaya gadai, jenis gadai, jangka waktu penitipan maupun besaran bunga gadai. Biaya gadai umumnya adalah biaya administrasi pengurus gadai yang disesuaikan dengan jenis pinjaman. Semakin besar nilai pinjaman maka semakin besar pula biaya administrasinya.

Pegadaian juga menyediakan layanan gadai syariah, gadai angsuran dan gadai konvensional. Mintalah informasi yang mengenai ketiga jenis gadai ini, kemudian pilihlah yang sesuai dengan kondisi ekonomi Anda. Memilih jenis gadai yang sesuai dengan kondisi ekonomi sangat penting jenis gadai akan mempengaruhi besaran bunga yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

5. Pencairan Dana

Kelebihan dari gadai sertifikat rumah di pegadaian ini adalah prosesnya cepat dan mudah. Setelah adanya kesepakatan dengan petugas. Anda juga bisa mencairkan dana pinjaman yang tadi diajukan. Proses pencairan dana ini pun juga cepat sekitar satu hingga tiga hari.

Tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian memang sangat mudah namun, mengingat resikonya yang cukup besar, jika akan lebih baik Anda menggadaikan harta benda lainnya sebagai jaminan peminjaman.

Keuntungan Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

1. Pencairan dana cepat

Dengan tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian ini, kamu juga akan menerima pencairan dana dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini karena pegadaian menawarkan proses yang sangat mudah untuk kamu yang ingin meminjam dana. Disamping itu, pegadaian juga mampu menjalankan prosesnya yang secara aman dan terpercaya.

2. Jangka waktu lama

Selain cepat dalam pencairan dananya, pegadaian juga memberikan jangka waktu pembayaran yang relatif cukup lama. Pegadaian juga mempunyai jangka waktu untuk penitipan barang, mulai dari dua minggu hingga satu tahun lamanya. Bahkan jangka waktu dalam penitipan barang tersebut masih bisa kamu perpanjang sesuai kesanggupan kamu membayarnya.

3. Bunga ringan

Pegadaian juga menawarkan bunga jasa penitipan dengan biaya yang terjangkau. Penghitungan bunga umumnya menjadi pertimbangan apabila seseorang ingin mendapatkan dana pinjaman dengan jaminan benda berharga miliknya.

Nilai bunga yang ditawarkan oleh pegadaian umumnya tidak terlalu membebani kamu apabila kamu ingin melakukan pinjaman. Meski begitu, pastikan kamu untuk selalu bertanya terlebih dahulu mengenai berapa jumlah bunga yang nantinya perlu dibayarkan apabila sudah mendapatkan pinjaman dengan cara gadaikan sertifikat rumah.

Selain bunga ringan, pegadaian juga mempunyai layanan untuk mengukur nilai barang yang kamu gadaikan dengan cermat dan akurat. Tidak hanya itu saja, pegadaian juga mempunyai banyak cabang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Dan begitu, kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Keuntungan Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

1. Bunga Lebih Ringan

Bunga lebih ringan

Tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian keuntungan pertama yang didapatkan ketika menggadaikan sertifikat rumah melalui pegadaian adalah bunganya yang sangat ringan. Hal ini sangat berbeda jika Anda dalam melakukan gadai sertifikat melalui bank. Penghitungan bunga, biasanya dilakukan dalam mempertimbangkan jenis barang apa yang akan Anda jadikan jaminan. Dengan bunga yang rendah, pastinya Anda tidak terlalu terbebani dalam proses angsuran. Tapi, usahakan bertanya dahulu ke pihak pegadaian terlebih untuk jumlah bunga yang harus Anda bayar.

2. Dana Cepat Cair

dana cepat cair

Keuntungan gadai sertifikat rumah melalui pegadaian adalah dana lebih cepat cair. Selain bunga yang ringan, nyatanya proses pencairan dana di pegadaian lebih cepat dibandingkan proses pencairan dana di tempat lain. Hal itulah, yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang memilih cara semacam ini untuk mendapatkan pinjaman. Secara umum pihak pegadaian juga akan menawarkan proses pencairan dana yang lebih cepat kepada konsumen nya. Dari segi keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena instansi tersebut sudah terbukti dapat dipercaya dan mampu menjalankan proses dalam peminjaman dana secara aman sesuai prosedur yang ditetapkan.

3. Jangka Waktu Pembayaran Lebih Lama

Jangka Waktu Pembayaran Lebih Lama

Keuntungan tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian lain yang bisa Anda data ketika menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian adalah jangka waktu pembayaran yang relatif sangat lama. Hal ini  merupakan salah satu kelebihan dari pegadaian. Karena dalam hal itulah banyak orang yang berminat menggadaikan barang berharga mereka demi mendapat pinjaman modal atau yang lainnya. Waktu minimal yang ditetapkan untuk melunasi pinjaman umumnya yaitu mulai dari dua minggu, satu bulan, hingga satu tahun. Tapi , jika dalam waktu tersebut Anda belum bisa melunasi tidak perlu khawatir akan diberikan tambahan waktu sesuai kemampuan dan kesanggupan.

4. Proses Lebih Mudah

Proses Lebih Mudah

Tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian dalam prosesnya lebih mudah juga termasuk keuntungan melakukan gadai di pegadaian. Melihat hal ini, banyak orang yang lebih memilih mengajukan pinjaman ke pegadaian dibandingkan ke bank terlebih dulu jika membutuhkan dana yang cepat. Dengan proses yang sangat singkat, Anda pun akan lebih cepat pula mendapatkan uang pinjaman yang diinginkan. Setelah itu Anda juga bisa menggunakan dana pinjaman yang sudah diterima untuk menjalankan usaha atau hal lain yang ingin Anda lakukan. Sangat menguntungkan sekali jika Anda memilih pegadaian sebagai tempat untuk mendapatkan pinjaman.

Baca juga : Pengertian arsip dan 5 sistem penyimpanan arsip beserta contohnya

%d bloggers like this: