Brangkas

Wow! Inilah Dia Fungsi Arsip yang Anda Ketahui Saat Ini

Wow! Inilah dia fungsi arsip yang anda ketahui saat ini, Keberadaan sebuah arsip semakin penting artinya yaitu dalam menjalani sebuah proses administrasi. Arsip juga mengandung berbagai data dan informasi yang dapat diungkap atau diingat saat dibutuhkan.

Dapat dikatakan bahwa arsip berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, juga baik sebagai pelajar, pegawai maupun sebagai masyarakat umum. Sekedar berbagi secuil informasi di blog matra pendidikan ini seputar arsip dan kearsipan, silahkan sobat ikuti paparan sederhana berikut ini.

Berikut Ini Fungsi Arsip yang Anda Ketahui

1. Pengertian

Dalam artian yang lebih luas, arsip merupakan segala sesuatu yang tertulis, tergambar dan juga terekam yang berisi penjelasan mengenai informasi dari peristiwa yang terjadi bertujuan untuk mengingat kembali.

Barang-barang yang dapat digolongkan sebagai arsip antara lain yaitu: formulir, akta kelahiran, ijazah, dll. Barang yang sudah dapat digolongkan sebagai arsip yaitu barang yang berfungsi untuk mengingat kembali peristiwa lampau.

2. Peran

Wow! Inilah dia fungsi arsip yang anda ketahui saat ini, Peran arsip antara lain yaitu sebagai sumber informasi, sumber dokumentasi dan sebagai bahan bukti.

Kesimpulannya yaitu peranan arsip itu adalah sebagai sumber belajar, pusat informasi, sumber penelitian dan sebagai alat pengawasan.

3. Fungsi 

Berikut beberapa nilai guna arsip yaitu:

Nilai guna primer

yaitu nilai guna arsip yang didasarkan pada kegunaan arsip bagi kepentingan penciptanya baik lembaga/instansi pemerintah, swasta, maupun perorangan juga.

ini tidak hanya berguna sebagai penunjang tugas pada saat sedang berlangsung, tetapi juga berguna pula untuk masa yang akan datang atau setelah kegiatan berlangsung demi kepentingan lembaga/instansi pemerintah,

maupun swasta perorangan. Nilai guna primer ini meliputi administrasi, hukum, keuangan, ilmiah/penelitian, dan teknologi.

Nilai guna skunder merupakan

nilai guna arsip yang didasarkan pada kegunaan bagi kepentingan lembaga/instansi pemerintah, swasta maupun perorangan lain (bukan pencipta) dan juga kepentingan umum sebagai bahan bukti maupun bahan pertanggungjawaban. Nilai guna skunder ini meliputi nilai guna kebuktian dan informasional.

Sedangkan  memiliki fungsi sebagai merekam pengalaman, memori, sejarah, penunjang aktifitas administrasi, manajemen dan organsasi, alat pengambil keputusan, bahan bukti pertanggungjawaban, sumber informasi, dan wahana komunikasi baik politik, sosial, maupun budaya.

Dalam penggunaannya  dapat dibedakan menjadi dua, yaitu arsip aktif dan juga arsip inaktif. Arsip aktif yaitu arsip yang frekuensi penggunaannya dalam pelaksanaan kegiatan masih tinggi. Dan tersebut digunakan dalam kegaitan operasional organisasi sehari-hari dan berisi informasi yang terbaru dan juga harus selalu .

tersedia sewaktu-waktu. Sedangkan Arsip inaktif merupakan arsip yang frekuensi penggunaannya dalam pelaksanaan kegiatan sudah menurun. Dan tersebut terkadang juga masih digunakan sebagai bahan referensi.

4.  Syarat Petugas

Inilah dia fungsi arsip yang anda ketahui saat ini, Orang yang mengelola arsip disebut juga dengan arsiparis. Untuk menjadi arsiparis dibutuhkan tenaga-tenaga yang terampil dan juga paham tentang sistem kearsipan. Ini contohnya syarat yang harus dimiliki arsiparis, antara lain yaitu:

5. Tujuan Manajemen