“Pingin cepet kaya? Ikutin tips menghemat  uang di bawah ini donggg”

Banyak orang yang ingin hidup hemat dengan megirit pengeluaran bulanan.Tapi godaan buat membeli membeli barang yang tidak penting itu selalu saja sangat kuat.

Di luar sana, barangkali anda punya perasaan yang selalu mengganggu,bahwa anda harus wajib menyisihkan sebagian uang pada saat keadaan yang darurat. Namun, saat keadaan ekonomi seperti saat ini, sepertinya sudah habis-habisan betul kita menekan biaya hidup, sehingga untuk menabungpun sepertinya adalah hal yang ekstra berat.

Bagaimana sih cara biar bisa nabung tanpa ngelupain kebutuhan hidup yang lainnya? Gimana sih cara buat hidup hemat dan bisa ngelawan godaan yang bisa nguras kondisi finansial? ikutin aja  cara buat ngehemat berikut.

Tips Merubah Gaya Hidup Untuk Jadi Lebih Hemat

Tips Merubah Gaya Hidup Untuk Jadi Lebih Hemat

1. Belajar Disiplin Untuk Mengatur Uang

Belajar mengatur keuangan itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan,tapi belajar mengatur keuangan hanya perlu memahami pemahaman dasar tentang istilah finansial. Ada baiknya anda mengetahui apa itu cash flow, ROI, IRA dan istilah lainya. Dengan pemahaman itu, kesadaran untuk hidup hemat  bisa menjadi lebih tinggi.

2. Membuat Rekening Alternatif

Sebenarnya, tidaklah sesulit yang di bayangkan untuk menyembunyikan uang. Cukup hanya dengan membuat rekening  alternatif tanpa akses kartu ATM.

Tiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan anda, segeralah transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif anda atau dengan aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tak repot untuk mengirim manual.

Supaya di saat uang di tabungan alternatif kita tak terpakai sama sekali.Itu juga merupakan tips menghemat uang yang bagus.

Print buku tabungan anda tiap 4-5 bulan sekali. Setiap kali anda menerima bonus, segeralah langsung menyetorkanya dan jika pendapatan bulanan anda naik,itu berarti nominal yang harus anda disetor harus naik pula.

3. Catat Pengeluaran dan Evaluasi Secara Berkala

Selain peduli dengan pendapatan, coba anda luangkan perhatian anda pada pengeluaran. Ambil kertas dan pensil, kemudian, catat semua pengeluaran anda dalam sebulan.

Coba analisa  semua pengeluaran anda dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa anda ditekan atau hapus,karna tidaklah penting. Menekan pengeluaran bulanan adalah cara paling efektif untuk menghemat uang.

4. Cari Teman atau Anggota Keluarga yang Satu Visi

Agar jadi lebih semangat untuk berupaya menghemat pengeluaran, mintalah dukungan pada partner anda. Seorang ibu rumah tangga wajib untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk bisa merasakan hidup hemat. Dengan terlibatnya semua anggota keluarga, maka pengeluaran bulanan pasti akan lebih gampang dikendalikan.

5. Hindari Pembelian Mendadak

Janganlah membeli sesuatu secara mendadak atau di luar batas pos pengeluaran bulanan, apalagi barangnya tidak bersifat ‘wajib’. Mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidaklah penting itu adalah bagian dari pemborosan. Janganlah sampai anda mengambil keputusan yang nanti berujung pada penyesalan.

6. Bayar Tunai, Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Dampak positif adanya kartu kredit ialah jadi tak perlu bawa uang banyak,jadi kita juga tidak tergoda untuk berbuat boros dan melupakan tips menghemat uang yang saat ini kita jalani .

Tetapi bisa berdampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu hutang  si pemilik menumpuk pada bank akibat pemakaian tak terkendali.

Agar finansial anda tetap aman dan  terbebas dari virus kartu kredit, alangkah lebihbaiknya janganlah anda taruh kartu kredit anda di dompet.Dan bayarlah  segala sesuatu yang anda beli sebisa mungkin dengan uang tunai.Itu tips menghemat uang yang tepat dan mudah.

7. Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai

Anda mungkin sering kali tergoda untuk membeli suatu barang tertentu yang bukanlah bagian dari pos pengeluaran? Boleh saja, tapi pertimbangkanlah barang yang akan anda beli,antara kondisi barang yang bekas ataukah  baru.

Harga barang yang sudah bekas alias second akan jauh lebih murah dan lebih terjangkau, soal kualitas barang tentu tergantung pada ketelitian anda yang  pembeli saat mengambil keputusan.

8. Lawan Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Boros

Semua orang pastilah mempunyai kebiasaan buruk, tapi kebiasaan buruknya seseorang ada pula yang berdampak negatif pada keadaan finansialnya.

Coba saja pahami dan kenalilah diri anda sendiri, apakah anda punya kebiasaan buruk yang merugikan ?Seperti hobi nongkrong nongkrong di cafe atau suka beli beli barang yang tak penting?

Bila adnda bisa sukses untuk melawan kebiasaan kebiasaan buruk anda yang boros membeli membeli barang yang tidak penting maka anda sudah bisa menerapkan satu tips menghemat uang yang baik. Hidup hemat bukanlah sekedar omong kosong saja teman.

9. Potonglah Biaya Transportasi untuk Lebih Efisien

Seperti yang anda ketahui, biaya transportasi ialah  salah satu hal yang mempengarui pengeluaran yang lumayan tinggi.  Jika anda ingin lebih berhemat , pertimbangkanlah, pergilah ke kantor dengan naik sepeda atau biasakan anak anda jalan kaki ke sekolah.

Jika kebutuhanakan kendaraan bermotor tidak bisa diajak  berkompromi, alangakh lebih baiknya, naiklah sepeda motor ketimbang anda menaiki mobil karna dengan memakai motor tentu akan lebih mengirit unyuk pembelian bbm anda,dengan begitu anda sudah satu lagi menjalankan tips menghemat uang.

10. Jagalah Kesehatan, Sakit itu Mahal!

Menjaga kesehatan tubuh kita itu sangatlah penting,agar kita tidak mudah untuk jatuh sakit, apalagi biaya yang harus kita keluarkan bila kita sakit pati akan menguras dompet dan buku tabungan kita.

Oleh karena itu, rajinlah berolahraga, minum air putih yang cukup dan makanlah yang teratur. Ingat, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Terus sehat adalah cara yang sangat membantu kita dalam tips menghemat uang.Sehat, sangat membantu mencegah pengeluaran ekstra.

11. Tambahlah Sumber Penghasilan

Secara bertahap tambahlah pendapatan anda,menambah pendapatan  akan memberikan  lebih banyak pilihan untuk menjalani gaya hidup. Jika anda menjalani hidup sederhana, penghasilan tambahan/sampingan akan menambah pundi kekayaan yang anada miliki.

12.  Hindari Persaingan Gaya Hidup dengan Tetangga/Teman Kerja

Jika anda hidup dalam lingkungan komplek rumah mewah, atau lingkungan kerja yang sosialita secara tak langsung,hal ini bisa mempengaruhi Anda terbawa/ ingin bergaya hidup bersaing dengan tetangga atau teman kantor anda.

Hindarilah hal hal seperti ini dan ingat,persaingan gaya hidup tidaklah akan pernah mungkin habis dan justru pasti akan semakin membuat boros. Fokus dengan situasi dan diri sendiri saja, dan cobalah untuk melakukan hal yang lebih baik.

13. Jangan Membeli Barang yang Tidak mampu atau Tidak Dibutuhkan

Hanya karena toko menawarkan item untuk kredit tanpa bunga dan  uang muka yang ringan ,tidak berarti Anda harus membelinya bukan?  Belilah produk yang memang benar benar anda butuhkan atau anda memang mampu membelinya. Janganlah anda  tergoda dengan iklan, apalagi sampai berhutang dengan menggunsksn kartu kredit.

14. Berhati-hati dalam Bergaul, Pilih Teman yang Memang Satu Visi

Ada sebuah petuah yang berbunyi “Anda adalah rata-rata dari 5 orang yang ada di sekitar Anda.” Artinya jumlah kekayaan saat ini tidak berbeda jauh dengan rata-rata 5 orang di sekitar Anda.

Hal ini memberikan indikasi betapa pentingnya dalam memilih pergaullan. Jika bergaul dengan orang  sukses dalam mengelola keuangan, maka  anda juga akan tertular gaya hidup sukses dari orang yang anada gauli tersebut.

15. Selalu Lihat dan Bandingkan sebelum Membeli

Apakah Anda adalah orang yang boros jika berbelanja? Apalagi jika sampai mengeluarkan terlalu banyak uang hanya untuk berbelanja di sebuah online shope.  Jika memang iya, mulailah dari sekarang untuk selalu membandingkan harga dan kualitas  barang yang ingin anda beli.  Mengubah kebiasaan untuk cerdas dalam berbelanja  adalah langkah dasar tips menghemat uang.

16. Libatkan Seluruh Anda Keluarga untuk Berhemat

Berbicaralah dengan pasangan dan anak-anak tentang tujuan keuangan akan membantu kesuksesan dalam mewujudkan tujuan keuangan sesuai yang Anda impikan.

17. Hadiahi Diri Sendiri saat Sukses Melakukan Sesuatu

Ketika kita sudah mencapai pada penghematan sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau telah sukses terhadap sebuah pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri sebagai pemacu prestasi yang lebih baik lagi. Hadiah bisa dalam bentuk apa saja misalkan liburan atau membeli barang barang yang Anda inginkan.

18. Hargai Waktu

Waktu adalah uang, artinya setiap saat yang terbuang, Anda harus bisa memanfaatkannya menjadi uang, bisa dalam bentuk mencari pekerjaan sampingan atau yang lainnya.

19. Ketahui Seluruh Kebutuhan yang Harus Dipenuhi

Ini hanya untuk  memudahkan Anda dalam membagi pos-pos pengeluaran dalam rencana keuangan anda, agar ketika gaji telah diterima, Anda telah siap untuk membagi seluruh gaji anda kepada hal-hal yang tepat.

Prioritaskanlah kebutuhan yang paling mendesak agar tips menghemat uang anda tidak keteteran dan malah bisa memakan banyak biaya lebih jika tak segera diselesaikan, seperti misal membayar tagihan kartu kredit, tagihan listrik dan tagihan-tagihan yang lainnya.

20. Hemat Sistem Anggaran dengan Amplop

Sistem amplop merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memulai anggaran dengan cara mengambil seluruh pendapatan untuk bulan yang dimaksud dan membagi-baginya ke dalam berbagai kategori seperti makanan, bahan bakar, hiburan, dan pakaian.

Bayarlah dan Hargai Sendiri Terlebih Dahulu

Bayarlah dan Hargai Sendiri Terlebih Dahulu

Ada persepsi logis dimana lebih mudah menabung jika kita mempunyai banyak uang daripada ketika kita memiliki sedikit.  Jadi bayarlah dan hargai diri anda sendiri dengan cara yaitu gaji yang dapatkan ditransfer langsung ke tabungan.

Jadi sebagian uang yang telah anda peroleh langsung masuk ke dalam tabungan anda. Sisihkan sebagian gaji anda  sebelum membayar tagihan-tagihan lainnya.

Cara Menabung yang Tidak Anda Ketahui

Sekilas, memang terlihat bahwa menabung bukan suatu aktifitas yang efektif. Namun, bukan berarti menabung sudah tidak ada lagi manfaatnya.

Sehingga, jika anda merasa akan meninggalkan aktivitas menabung anda, atau anda sudah sama sekali meninggalkan aktivitas menabung, segera ubah kebiasaan anda! Kenapa? Karena menabung mempunyai beberapa manfaat yang (bisa jadi) tak anda ketahui sebelumnya. Berikut beberapa manfaat menabung bagi keuangan anda.

1. Menabung Akan Meningkatkan Likuiditas Aset Anda

Anggaplah begini, anda adalah orang tua dari anak yang akan masuk sekolah dan harus segera melunasi biaya sekolahnya. Saat ini anda memiliki aset yang cukup banyak namun dalam bentuk rumah dan tanah.

Dengan waktu yang semakin sempit, apa yang akan anda lakukan? Menjual salah satu properti anda dengan harga murah? Atau menggadaikannya? Padahal mungkin biaya untuk masuk sekolah anak anda hanyalah 1/3 dari harga properti terkecil yang anda punyai.Tentu saja kita harus selalu mengamalkan tips menghemat uang agar kita taun caranya untuk selalu hemat.

Bayangkan bila anda memiliki tabungan.Anda tidaklah perlu untuk menjual salah satu properti anda dengan harga yang murah atau bahkan menggadaikannya.

Dengan memiliki tabungan, apalagi besarannya memenuhi besaran aset likuid yang sesuai dengan anjuran para perencana keuangan, aset anda akan lebih likuid dan aset-aset anda yang berupa properti akan lebih terjaga dari pencairan mendadak yang akan menggerus nilai jualnya.

2. Menabung dan Mempunyai Tabungan Akan Membantu Anda dalam Kondisi Darurat

Para perencana keuangan selalu menyarankan untuk memiliki sejumlah dana yang dapat digunakan ketika menghadapi kondisi darurat.

Dana ini biasanya disebut ‘dana darurat’ yang hanya digunakan ketika seseorang menghadapi kondisi-kondisi seperti kecelakaan, masuk rumah sakit, ada anggota keluarga yang meninggal dan kondisi sejenis yang lainnya. Dengan mempunyai tabungan, maka anda dengan tidak sengaja telah mempunyai ‘dana darurat’ ini.

Mungkin beberapa dari anda menilai bahwa dana darurat ini tidak penting karena saat ini bila masuk rumah sakit kan sudah ada BPJS atau asuransi kantor, kalau butuh apa-apa kan bisa pakai kartu kredit? Semua itu benar.

Tapi bagaimana bila asuransi dan kartu kredit anda ditolak? Tetaplah pasti uang cash yang akan mengambil peran utama dalam hal ini. Maka menabunglah dengan teratur dan cukupkan dana darurat anda,sebesar yang telah  disarankan oleh para perencana keuangan.

3. Efektif Untuk Mencapai Tujuan Keuangan Jangka Pendek.

Bila selama ini anda bingung apa yang harus dilakukan untuk menghemat uang dicapai dalam waktu satu tahun ke depan, menabung untuk mencapai tujuan keuangan tersebut bisa jadi jawabannya.

Bila anda dihadapkan dalam kondisi seperti contoh di atas di mana anda membutuhkan dana sebesar Rp 12.000.000 dan ada pihak yang menawarkan kepada anda akan memberikan return yang menghasilkan Rp 12.000.000 di tahun depan maka anda harus waspada.

Artinya, pihak tersebut menawarkan anda sebuah investasi yang akan memberikan return 100% per tahun! Terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan.

Nah, jangan sampai kejeblos apalagi masuk ke investasi abal-abalan kalo kita ketipu ya sia sia tips menghemat uang yang sudah kita lakukan.

Bagaimana sih cara tahunya? Ikuti di kelas dan workshop kami. Di bulan Oktober akan ada workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta.

Tips Menabung untuk Anak

Tips Menabung untuk Anak

Jika diberi uang jajan, jangan lupa untuk ditabung. Menabung juga adalah tips untuk menghemat uang, tips menghemat uang  memberikan kita banyak manfaat, ini dia lima diantaranya.

1. Mengajarkan Kita Berhemat

Menabung  merupakan tips menghemat uang,menabung juga membuat uang jajan kita berkurang. Jika sudah begitu, mau tak mau kamu harus membeli barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

Contohnya saat kita harus membeli pensil di toko. Ketika masuk ke toko, lalu kita melihat pulpen yang lucu di dekat pensil yang harusnya kita beli. Padahal,uang kita hanya cukup untuk membeli satu barang saja. Dalam keadaan seperti itu, kita harus memilih pensil. Kenapa? karena pensil merupakan barang yang kita butuhkan, sedangkan pulpen lucu hanya barang yang kita inginkan.

2. Mengajarkan Kita Menghargai

Menabung akan mengajarkan kita cara menghargai uang. Saat menabung, uang jajan kita akan berkurang. Saat uang jajan berkurang, kita pasti lebih menghargai uang. Bahkan, kita jadi tahu kalau uang itu tidak datang begitu saja ke tangan orangtua kita. Untuk mendapatkan uang, orangtua kita harus bekerja dari pagi sampai sore.

Ya itulah teman teman tips menghemat uang biar kalian semua tau cara untuk menghemat dengan cara menabung uang yang kalian dapatkan atau dari hasil gaji kalian bekerja,sebelum ini saya juga pernah membahas tentang emas ,cara menyimpan emas,ciri ciri emas asli dan lainya.
%d bloggers like this: