Tambang Emas Terbesar di Dunia– Pastinya kalian tau tentang tambang emas terbesar di dunia bukan. Tambang Emas itu adalah tempat untuk melalukan pertambangan.

Biasa nya kita dapat menjumpai nya di daerah berbukit yang tinggi contoh nya di Negara Indonesia disana terdapat adanya tambang emas terbesar di dunia. Hasil dari tambang emas itu merupakan Sumber Daya Alam yang tidak dapat kita perbarui.

Tambang emas Freeport itu merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia, oleh sebab itu saya akan mengajak kalian mengatau apa saja tambang emas terbesar di dunia.

Tambang emas terbesar di dunia itu banyak sekali dan kita bisa dapat mempelajai tentang tambang emas terbesar di dunia dan kalian juga dapat mempelajari tentang sejarah dan masih banyak lagi.

Freeport di Papua salah satu Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Freeport

Freeport suatu tambang emas terbesar di dunia. Beroperasi di daerah dataran tinggi terutama di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Freeport Indonesia memasarkan konsentrat yang terdapat  kandungan tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia.

Sejarah Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Pada tahun 1904-1905 ada lembaga swasta dari Belanda Koninklijke Nederlandsche Aardrijkskundig Genootschap (KNAG) yakni Lembaga Geografi Kerajaan Belanda, menyelenggarakan adanya ekspedisi ke Papua Barat Daya yang tujuan utamanya yaitu mengunjungi Pegunungan Salju yang konon kabarnya ada di Tanah Papua yang daerah nya cukup baik untuk pertambangan.

Catatan pertama tentang pegunungan salju ini,  dari Kapten Johan Carstensz yang dalam perjalanan dengan dua kapalnya Aernem dan Pera ke “selatan”.

Pada tahun 1623 di perairan sebelah selatan Tanah Papua, tiba-tiba jauh di – pedalaman melihat kilauan salju dan mencatat di dalam buku hariannya pada tanggal 16 Februari 1623 tentang suatu pegungungan yang “teramat tingginya” yang pada bagian-bagiannya tertutup oleh salju.

Catatan Carsztensz ini menjadi cemoohan bersam kawan-kawannya yang menganggap Carstensz hanya berkhayal.

Walaupun ekspedisi pertama KNAG tersebut tidak berhasil menemukan gunung es yang disebut-sebut dalam catatan harian Kapten Carstensz, itulah cikal bakal perhatian besar Belanda terhadap daerah Papua.

Peta wilayah Papua pertama kali diciptakan dari hasil ekspedisi militer ke daerah ini pada tahun 1907 hingga 1915. Ekspedisi-ekspedisi militer itu kemudian membangkitkan hasrat para ilmuwan sipil untuk mendaki dan mencapai pegunungan salju.

Pada pertengahan tahun 1930, dua pemuda asal Belanda Colijn dan Dozy, keduanya melakukan  pegawai perusahaan minyak NNGPM yang merencanakan pelaksanaan cita-cita mereka untuk mencapai puncak Cartensz. Petualangan mereka kemudian menjadi langkah pertama bagi pembukaan pertambangan diTanah Papua empat puluh tahun kemudian.

Pada tahun 1936, Jean Jacques Dozy menemukan sebuah cadangan Ertsberg atau disebut gunung bijih, lalu data mengenai batuan ini dibawa ke Belanda.

Kemudian  selangka lama waktu  bertemulah seorang Jan Van Gruisen – Managing Director perusahaan Oost Maatchappij, yang mengeksploitasi batu bara di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengggara dengan kawan lamanya yang bernama Forbes Wilson.

Penghasilan Emas Di Freeport salah satu Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Dalam waktu sehari, tambang emas Freeport dapat menghasilkan banyak berbagai emas atau perak yang cukup banyak. Dalam waktu sehari kita mampu produksi ore itu sekitar 210 ribu ton dengan kapasitas terpasang kita 240 ribu ton.

Di setiap 1 ton ore itu terdapat kandungan emas sekitar 1 gram. Dari 210 ribu ton ore yang terproduksi sehari, dapat menghasilkan sekitar 6.000 ton konsentrat. Konsentrat ini yang temukan kemudian dikapalkan dan menjadi produk akhir dari Freeport.Jadi dapat kita simpukan bahwa setiap 1 ton tailing yang kita buang itu memiliki kandungan emas  yang besar 0,1 persen.

Disini juga menyebabkan banyak penambang-penambang liar pada sungai yang dialiri buangan tailing Freeport, oleh karena itu kita harus mencegah nya. Per hari perusahaan ini dapat membuang sekitar 240-250 ribu ton tailing.

 

Cara Pengolahan Tambang Emas Freeport

DETECTED GOLD (kimia pendeteksi emas) berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya emas dalam batuan atau lumpur dengan cara meneteskan pada DETECTED GOLD pada hasil pelarutan batuan atau lumpur dengan mengunakan AQUAREGIA atau AIR RAJA atau dapat percampuran antara ASAM NITRIT (HNO3) dan ASAM CLORIDA (HCl).

Adapun larutan mengeluarkan zat WARNA UNGU TUA ( artinya batuan banyak mengandung emas ) dan apabila larutan mengeluarkan warna MERAH MUDA atau PINK (berarti batuan hanya mengandung emas dalam jumlah persentase sedikit).

Apabila tidakterjadi perubahan zat warna pada larutan berarti batuan tidak ada kandungan emas sedikit pun. Penggunaan DETECTED GOLD ini adalah langkah awal untuk melakukan proses penambangan dan untuk menghasilkan emas atau bahan tambang yang baik.

Macam-macam Emas

  • Emas Kuning

    Emas kuning yaitu suatu warna emas yang paling terkenal dan banyak digunakan sebagai perhiasan. Untuk membuat campuran logam ini,di butuhkan emas murni akan dicampur dengan perak murni dengan menggunakan perbandingan tertentu.

  • Emas Putih

    Emas putih dapat berubah primadona bagi beberapa orang yang melihatnya. Logam ini juga kuat dengan warna keperakan. Emas ini terbuat dari emas murni, timah sari, perak murni, dan nikel.

  • Emas Merah

    Warna logam ini sebenarnya tidak merah kayak kulit apel. Namun, merah muda atau beberapa orang menyebutnya rosegold. Untuk mendapatkan warna ini, emas murni dapat dicampur dengan tembaga. Emas merah banyak digunakan untuk perhiasan karena memiliki daya warna merah yang baik. Selain itu, warnanya yang unik juga membuat harga emas ini cukup mahal per gramnya.

  • Emas Hijau

    Emas hijau yang ini bukan batuan seperti akik yang beberapa tahun lalu menjadi terkenal atau tren di pasaran. Tipe emas hijau merupakan campuran logam antara emas murni 24 karat dengan perak murni, kadmium, dan tembaga. Campuran ini menghasilkan beberapa warna hijau yang cantik sehingga cocok untuk aksesoris dan cendramatra.

  • Emas Biru

    Seperti halnya emas hijau, produk ini juga bukan batuan mahal yang dibentuk menjadi aksesori atau perhiasan tanggan yang unik. Emas biru terbuat hanya dari dua campuran logam saja, pertama adalah logam besi murni dan yang kedua yaitu emas murni itu sendiri.

  • Emas Jingga

    Emas jingga terbuat dari zat emas murni, padatan perak murni, dan tembaga. Besar atau kecilnya campuran antara padatan  perak murni dan sebuah tembaga akan menentukan warna jingga dari emas yang dihasilkan. Sebuah perak murni semakin sedikit warna jingga semakin kuat begitu pun sebaliknya.

  • Emas Cokelat

    Emas cokelat memiliki warna yang sangat  cantik sehingga kerap dijadikan perhiasan seperti anting, kalung, dan gelang. Untuk membuat campuran logam ini diperlukan zat emas murni, paladium, dan perak murni.

  • Emas Abu-Abu

    Emas abu-abu sedikit berbeda dengan emas putih karena  meski secara warna hampir sama. Kalau emas putih lebih mengkilap, emas abu-abu tidak mengkilat. Untuk membuat emas ini diperlukan suatu emas murni, tembaga, dan besi.

  • Emas Ungu

    Untuk membuat emas ungu dibutuhkan suatu komponen emas murni dan aluminium. Campuran ini akan menghasilkan warna ungu keemasan yang cantik sehingga produk olahan ini selalu dicari oleh masyarakat.

Emas dan berbagai jenis warna emas yang telah diuraikan selanjutnya di atas tidak murni karena dicampur dengan logam-logam yang lain atau berbeda. Campuran ini membuat nilai karat dari sebuah emas menjadi turun. Emas murni memiliki karat sebesar 24 karat, sedangkan emas campuran bervariasi mulai dari 23 karat hingga yang paling rendah mencapai 6 karat.

Emas ini mempunyai  kadar karat tinggi biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal di kalangan  pasar. Sementara itu yang karatnya rendah akan memiliki harga lebih murah sedangkan emas berwarna bisa mencapai di atas memiliki harga bervariasi dan selalu lebih rendah daripada emas murni.

Emas berwarna hanya bisa di gunakan  untuk perhiasan saja. Untuk investasi seperti disimpan dalam jangka waktu lama atau panjang itu bisa. Namun, kenaikan harganya tidak akan menetap atau signifikan. Selain itu, tidak semua toko mau membeli atau menjual emas warna-warni, kecuali emas putih dan kuning.

 

Kelebihan Tambang Emas Freeport

  1. Peningkataan pendapatan dan kepercayaan untuk melakukan bisnis bagi masyarakat indonesia khusus nya papaua.
  2. Freeport dijanjikan sebagai setoran USD 60 miliar.
  3. Memberikan kepastiaan iklim iventasi nasional.
  4. Menjadi transasai pengolahan emas terbesar di dunia.
  5. Cara pengolahan emas di freeport cukup baik dan berkelas.
  6. Menjadikan kemakmuran masyarakat papua.
  7. Menjadikan negara indonesia sebagi negara berkembang.
  8. Dapat mengangakat daerah papua semakin maju.

Kekurangan Tambang Emas Freeport

  1. Ada nya pengusaan saham
  2. Pengambilan emas yang terlalu banyak dan bisa menyebabkan terkikinya lempeng bumi
  3. Bisa menyebabkan tanah longsor.
  4. Dan bisa menjadikan eosi bagi daerah tinggi di papua
  5. Warga asing dapat mudah masuk di indonesia dan mengambil emas dengan mudah.
  6. Hasil tambang Freeport berupa tambang emas, perak, dan tembaga terbesar di dunia. Fasilitas dan tunjangan serta keuntunga yang dapat dinikmati para petinggi freeport besarnya 1 juta kali lipat pendapatan tahunan penduduk Timika dan bisaa menjadi masalah baru untuk indonesian.
  7. Keberadaan sang freeport sangat didukung pemerintah tetapi dapat merugikan pemerintahan indonesia. Dilihat dari suatu Penandatanganan Kontrak Karya (KK) pertambangan antara pemerintah Indonesia dengan Freeport.
  8. Perbandingan terbalik hasil yang di peroleh indonesia dengan Freeport.

 

Tambang Grasberg di Papua

Grasberg

Tambang emas terbesar se dunia ini dan tambang tembaga ketiga terbesar se dunia. Tempat penambangan ini terletak di daerah provinsi Papua di Indonesia dekat latitude -4,053 dan longitude 137,116, dan dimiliki oleh Freeport yang berbasis di AS (48,74%), Pemerintah Indonesia (51,23%).

Sejarah Tambang Emas Grasberg

Pada 1960 ada ekspedisi ulang apakah Erstberg ini benar-benar eksis. Jadi pada 1967 kontrak karya asing masuk setelah ada orde lama.Tim Freeport tercatat datang ke Jakarta untuk memprakarsai suatu pembicaraan guna mewujudkan kontrak pertambangan di Ertsberg.

Orang yang dipilih sebagai negosiator dan kelak menjadi Presiden Freeport Indonesia (FI) adalah Ali Budiardjo, yakni mantan sekjen Hankam dan direktur Bappenas tahun 1950-an.

Selanjutnya pada 5 April 1967 kontrak kerja (KK) I ditandatangani dan membuat Freeport menjadi perusahaan satu-satunya yang berkulitas yang terbaik dan ditunjuk untuk menangani kawasan Ertsberg seluas 10 kilometer persegi. KK I ini berlangsung 30 tahun.

Kontrak dinyatakan mulai berlaku saat perjanjian  perusahaan mulai beroperasi. Pada Bulan Desember, dimulainya eksplorasi Ertsberg.

Setelah itu, pada 28 Januari 1988 dugaan deposit emas di kawasan lain, adalah Grasberg menunjukkan hasil positif. Di tahun yang sama, Freeport Mc Moran Copper and Gold (FCX) dan  akhirnya go public di lantai bursa New York dibangun dengan mewah.

Macam-macam Emas di Grasberg

Macam-macam emas di Gresberg tidak jauh bedah dengan di freeport antara lain:

  • Emas Kuning

    Emas kuning yaitu warna emas yang paling terkenal dan banyak digunakan sebagai perhiasan. Untuk membuat campuran logam ini,di butuhkan emas murni akan dicampur dengan perak murni dengan menggunakan erbandingan tertentu.

  • Emas Putih

    Emas putih dapat berubah primadona bagi beberapa orang yang melihatnya. Logam ini juga kuat dengan warna keperakan.Jenis emas ini terbuat dari emas murni, timah sari, perak murni, dan nikel.

  • Emas Merah

    Warna logam ini sebenarnya tidak merah kayak kulit apel. Namun, merah muda atau beberapa orang menyebutnya rosegold. Untuk mendapatkan warna ini, emas murni dapat dicampur dengan tembaga. Emas merah banyak digunakan untuk perhiasan karena memiliki daya warna merah yang baik. Selain itu, warnanya yang unik juga membuat harga emas ini cukup mahal per gramnya.

  • Emas Hijau

    Emas hijau yang ini bukan batuan seperti akik yang beberapa tahun lalu menjadi terkenal atau tren di pasaran. Tipe Emas hijau merupakan campuran logam antara emas murni 24 karat dengan perak murni, kadmium, dan tembaga. Capuran ini menghasilkan beberapa warna hijau yang cantik sehingga cocok untuk aksesoris dan cendramatra.

  • Emas Biru

    Seperti halnya emas hijau, produk ini juga bukan batuan mahal yang dibentuk menjadi aksesori atau perhiasan tanggan yang unik. Emas biru terbuat hanya dari dua campuran logam saja, pertama adalah logam besi murni dan yang kedua yaitu emas murni itu sendiri.

  • Emas Jingga

    Emas jingga terbuat dari zat emas murni, padatan perak murni, dan tembaga. Besar atau kecilnya campuran antara padatan  perak murni dan sebuah tembaga akan menentukan warna jingga dari emas yang dihasilkan. Sebuah perak murni semakin sedikit warna jingga semakin kuat begitu pun sebaliknya.

  • Emas Cokelat

    Emas cokelat memiliki warna yang sangat  cantik sehingga kerap dijadikan perhiasan seperti anting, kalung, dan gelang. Untuk membuat campuran logam ini diperlukan zat emas murni, paladium, dan perak murni.

    Adapun cara membedakan emas asli dengan kuningan sebenarnya mudah untuk dibedakan.

 

Kelebihan

  1. Peningkataan pendapatan dan kepercayaan untuk melakukan bisnis bagi masyarakat indonesia khusus nya papaua.
  2. Freeport dijanjikan sebagai setoran USD 60 miliar.
  3. Memberikan kepastiaan iklim iventasi nasional.
  4. Menjadi transasai pengolahan emas terbesar di dunia.
  5. Cara pengolahan emas di freeport cukup baik dan berkelas

Kerugian

  1. Ada nya pengusaan saham
  2. Pengambilan emas yang terlalu banyak dan bisa menyebabkan terkikinya lempeng bumi
  3. Bisa menyebabkan tanah longsor.
  4. Dan bisa menjadikan eosi bagi daerah tinggi di papua
  5. Warga asing dapat mudah masuk di indonesia dan mengambil emas dengan mudah.

Macam-macam hasil Tambang di Grasberg

Minyak Bumi

Minyak Bumi

 

Salah satu pertambangan utama di daerah Indonesia adalah minyak bumi. Minyak bumi berasal dari fosil berbagai material organik purbakala yang di manfaatkan dan diproses geokimia berubah bentuk menjadi minyak.

Minyak bumi menjadi sangat penting dicari karena dapat digunakan sebagai  kendaraan, keperluan rumah tangga, pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain-lain. Karena perannya yang cukup vital maka perubahan harga minyak bumi sangat berdampak dapat berdapak  kestabilan ekonomi di indonesaia.

Batu Bara

Batu Bara

Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan zaman purba yang akhirnya terpendam dan mengendap di dalam lapisan tanah hingga jutaan tahun lamanya, yang kemudian mendapat dengan cukup lama dan tekanan suhu yang terus meningkat sehingga terbentuklah batu baru.

Batu bara memiliki beberapa kategori atau jenis berdasar unsur karbon yang dikandung di dalamnya. Semakin tinggi tingkat karbon maka akan semakin hitam warna batu bara.

Batu bara juga sering di gunakan sebagai bahan bakar kendaraan, keperluan rumah tangga,dan  pembangkit listrik. Batu bara banyak dicari dikalangan masyarakat di indonesia.

Timah

 

Timah

Timah adalah suatu SDA yang tidak dapat di perbarui, Timah jika sudah diolah dan dapat digunakan sebagai kaleng makanan, pelapis besi agar tidak berkarat, dalam bentuk lembaran timah digunakan, sebagai pembungkus permen, coklat hingga rokok, dan dalaman pada bunkus susu bubuk.
Timah salah benda yang mengantarkan panas.

Timah bisa kita temukan di tambang emas terbesar di dunia. Timah terdapat pada batuan-batuan granit dan masih terbentuk serpihan kecil. Dalam prosesnya timah akan dipisahkan dari batuan granit untuk mendapatkan konsentrasi tinggi hingga akhirnya diolah menjadi biji timah dan menjadi timah produksi yang dipakai dengan skala yang lebih besar dan lebih baik.

Itulah ulasan tentang Tambang Emas Terbesar Di Dunia dan hasil dari tambang emas. Itulah ulasan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk di baca. Kalok ada sepatah atau dua patah yang tidak berkenan di hati para pembaca saya mohon maaf dan semoga tambah wawasan nya.

%d bloggers like this: