Safe Deposi Box – Safe Deposit Box merupakan brangkas yang biasanya berada di bank dan memiliki ukuran besar dan sering disewakan untuk keperluan penyimpanan benda penting. Brangkas Safe Deposit Box sangatlah aman untuk menyimpan sebuat benda atau barang penting karena memang brangkas tersebut dibuat untuk menyimpan barang supaya aman.

Beberapa bank di Indonesia memiliki SDB  yang cukup besar seperti BI, BI, BRI, dll.

Baca Juga : Brangkas Teraman di dunia untuk menyimpan barang dan surat berharga

Biaya menyewa tempat ini bisa dibilang relatif murah karena bank biasanya menyediakan persewaan selama satu tahun. ataupun 6 bulan harga menyewa sekitar Rp 500.000,- per tahun untuk ukuran tertentu, harga juga menyesuaikan ukuran.

Namun harga dapat berubah – ubah sesuai kebijakan bank. Namun tidak semua bank memiliki safe deposit box yang aman. Maka berikut adalah tips memilih safe deposit box yang aman

4 Tips Paling Aman Untuk Memilih Safe Deposit Box

Sebelum masuk kepembahsan berikut adalah syarat dan langkah menyewa SDB.

Untuk menyewa ada persyaratan khusus yaitu :

  • Pertama, membuka rekening bank jika sudah punya maka tidak perlu.
  • Kedua, mengisi formulir data diri dan disertai dengan identitas pribadi seperti KTP, ditambah dengan biaya materai.
  • Ketiga, ,embayar biaya sewa SDB tergantung pada ukuran.
  • Keempat, membayar biaya administrasi untuk mendapat jaminan kunci

Proses penyewaan sekitar 20 – 30 menit saja hingga anda mendapat kunci. Setelah mendapat kunci biasanya akan ditanya apakah akan langsung menggunakannya. Jika Anda telah membawa berkas yang hendak disimpan maka Anda boleh menggunakannya secara langsung atau dalam lain waktu setelah Anda membawa berkas.

Jika Anda membawa barang maka Anda akan diarahkan kepada yang bertugas pada SDB untuk dipandu hingga ketempat tujuan safe deposite box Anda. berikut tips memilih SDB yang aman.

1. Cek tingkat keamana Safe Deposit Box

save deposit box

Setiap penyedia penyimpanan SDB tentulah berbeda tingkat keamanan. Maka untuk anda yang hendak mencari tempat yang paling aman maka periksalah beberapa aspek tingkat kemanan berikut ini.

  • Terdapat kamera pengawas CCTV yang harus terpasang di ruangan SDB. Tujuannya agar SDB  benar – benar diawasi dan sangat aman.
  • Memiliki penjaga keamanan yang dikhususan untuk menjaga keamanan ruang SDB agar orang lain tidak dapat sembarang keluar masuk safe deposit box.
  • Terdapat verfitkasi ketat untuk mendapat akses masuk ke ruang SDB seperti dengan cara harus memberikan kartu identitas, tidak hanya dengan nomor SDB dan kunci SDB.
  • Memiliki teknologi canggih pada SDB sperti untuk membuka pintu harus dengan sidik jari atau sejenisnya.
  • Kunci yang dipakai adalah kunci baru agar dapat meminimalisasi kejadian penyewa sebelumnya yang sudah menduplikasi kunci tersebut.

Selain bagian dalam ruangan SDB, Anda sebaiknya juga menganalisis situasi di luar SDB. Misalnya ada sperti beberapa poin berikut ini:

  • Lokasi bank atau penyedia safe deposit box, yang dijaga oleh petugas keamanan diluar seperti satpam atau petugas keamanan lain yang sejenis.
  • Pilih lokasi bank yang bebas dari banjir atau bank yang berada didaerah tinggi. Karena, karena brankas SDB ini tahan api, dapat kemasukan air yang dapat menyebabkan barang yang tersimpan basah dan rusak.
  • Pilih lokasi bank yang dekat dengan tempat tinggal agar Anda dapat melakukan pengecekan lebih mudah.

 

2. Pahami dan pertimbangkan syarat dan tanggung jawab nasabah pada surat perjanjian

save deposit box

Membaca merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu Anda perlu membaca dengan teliti, hati – hati dan penuh pertimbangan. Perthatikan lagi bagaimana prosedur penjaminan bank dan pertimbangkan kembali agar mencegah hal – hal yang tidak Anda inginkan selama menggunakan safe deposit box yang ada.

Sebaiknya baca dan cari bank yang akan bertanggung jawab dengan kehilangan barang.

Jika terdapat perjanjian jika barang hilang atau rusak bukan tanggung jawab bank maka jangan pilih. Mengapa demikian karena bank yang menyatakan berani bertanggung jawab maka bank tersebut adalah bank yang benar – benar menjaga barang Anda dengan aman.

Karena bank sendiri tidak ingin ada kerugian sehingga menjaga dengan benar – benar aman. Jika tidak terdapat tulisan seperti itu Anda dapat menanyakan pada pihak terkait untuk jaminan yang diberikan oleh bank.

Anda juka dapat berfikir bukankah itu tempat menyimpan barang paling aman. Jika bank tidak menjaminnya untuk keamanan maka untuk apa anda perlu menyimpan di situ. Sebaiknya cari bank yang menjamin barang Anda agar barang penting milik anda benar – benar aman.

Jika dilogika bank yang mengatakan kehilangan bukan tanggung jawab mereka maka berarti brangkas tersebut tidak aman karena bank sendiri saja tidak berani menjamin kemaanannya.

 

3. Cari tahu pengalaman orang saat menggunakan Safe Deposit Box tersebut

save deposit box

Jangan langsung puas setelah lakukan survei lokasi SDB yang Anda tuju. Anda juga perlu mencari tahu lebih jauh reputasi dari SDB tersebut.

Salah satu tips yang cukup penting adalah mencari tahu melalui internet tentang pengalaman ataupun testimoni orang dalam menggunakan safe deposit box tersebut. Ataupun dapat juga menannyakan secara langsung teman yang pernah menggunakannya.

Tujuannya agar kita dapat memastikan dan membandingkan apakah safe deposit box tersebut benar – benar aman untuk menyimpan barang penting Anda.

Jika terdapat orang yang pernah kehilangan barang atau merasa tidak aman maka sebaiknya Anda pilih yang lain guna memberi ketenangan pada Anda saat anda meninggalkan barang penting anda di safe deposit box.

4. Tambah keamanan buatan Anda sendiri (bonus)

save deposit box

Tips tambahan berikut ini dapat anda lakukan agar barang atau dokumen penting Anda lebih aman salah satunya adalah menambah keamanan sendiri agar mengindari ketidaktenangan Anda saat meninggalkan SDB dan mencegah hal lainnya  yang tidak diinginkan. berikut adalah hal dapat anda lakukan:

  • Beri gembok tambahan yang aman agar brangkas lebih terkunci aman.
  • Tutupi barang penting anda dengan barang yang tidak terlalu penting tujuannya jika orang berniat mengambil mereka hanya melihat barang yang tidak penting sehingga tidak mengamil barang atau dokumen penting Anda yang ditutupi.
  • Beri brangkas didalam SDB, cara ini adalah cara yang cukup lucu karena didalam SDB Anda memberi brangkas lagi namun jangan remehkan mungkin suatu ketika pencuri berhasil membuka SDB awal namun jika melihat brangkas lagi maka pencuri mungkin akan kewalahan mengambilnya dan mengurungkan niatnya.

Tips tambahan tersebut juga harus menyesuaikan dengan kondisi brangkas apakah memungkinkan diberi keamanan tambahan atau tidaknya.

 

Sekian artikel pembahasan tentang 4 Tips Aman Memilih Safe Deposit Box semoga bermanfaat jika ada kurang dan salahnya saya mohon maaf. Saya ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel saya.

Semoga kedepannya Anda dapat memilih brangkas yang aman agar dokumen maupun barang penting yang anda miliki tetap aman. Jangan lupa melakukan Analisis sebelum memilih tempat penyimpanan barang atau dokumen Anda.

 

%d bloggers like this: