Kalian tau tidak tentang macam macam investasi, investasi dapat membuat keuntungan yang sagat banyak. Oleh karena ini ayo cobalah berinvestasi.

Barangkali kalian beruntung dan mendapat kan keuntungan yang banyak. Marilah Anda mengataui macam macam investasi. Ada banyak hal yang ada harus lakukan.

Investasi

investasi

suatu istilah dengan beberapa pengertian yang bersangkutan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktivas dengan suatu harapan yang mendapatkan keuntungan pada masa depan.

Terkadang, macam macam investasi bisa disebut dengan sebagai penanaman modal. Inilah suatu  kebalikan dari divestasi pada aset yang lama.

Berdasarkan teori ekonomi,macam macam investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi bisa digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Contohnya membangun sebuah rel kereta api atau pabrik.

Investasi yaitu suatu komponen dari PDB dengan rumus {\displaystyle PDB=C+I+G+(X-M)}{\displaystyle PDB=C+I+G+(X-M)}.  Yang berfungsi investasi pada aspek tersebut dibagi pada investasi non-residential (seperti pabrik dan mesin) dan investasi residential (rumah baru).

Investasi yaitu suatu fungsi pendapatan dan tingkat bunga, dilihat dengan kaitannya {\displaystyle I=(Y,i)}{\displaystyle I=(Y,i)}. Suatu pertambahan pada pendapatan dapat mendorong investasi yang lebih besar, di mana tingkat bunga yang lebih tinggi yang akan menurunkan minat untuk investasi dan macam macam investasi sebagaimana hal tersebut akan lebih mahal dibandingkan dengan kita meminjam uang.

Jika suatu perusahaan lain mempunyai untuk menggunakan dananya sendiri untuk investasi, tingkat bunga menunjukkan suatu biaya kesempatan dari investasi dana tersebut daripada meminjamkan untuk mendapatkan bunga yang besar untuk macam macam investasi.

Produk

Beberapa produk investasi dikenal sebagai efek atau surat yang berharga. Definisi efeknya yaitu suatu instrumen bentuk kepunyaan yang dapat dipindah tangankan dalam bentuk surat berharga, saham/obligasi, bukti hutang (Promissory Notes).

Bunga atau partisipasi dalam suatu perjanjian kolektif (Reksa dana), Hak untuk membeli suatu saham (Rights), dan garansi untuk membeli saham pada masa yang akan datang atau instrumen yang dapat diperjual belikan.

Investasi jelas memakan risiko, tetapi kemungkinan juga rugi tersebut bisa kamu minimalkan dengan pemahaman dan informasi yang cukup serta langkah investasi yang tepat.

Dari sekian banyak produk investasi yang terada, ini dia tujuh produk investasi yang akan memberikan keuntungan yang banyak untukmu.

Macam Macam Investasi

Ada banyak cara untuk menginvestasikan uang Anda untuk memperoleh hasil yang baik. Tentu saja, untuk menentukan jenis investasi yang cocok bagi Anda, Anda harus perlu tahu karakteristik masing-masing investasi dan apakah investasi tersebut cocok untuk tujuan tertentu. Anda perlu juga mempelajari tentang risiko investasi yang mungkin mempengaruhi investasi yang Anda pilih.

  • Deposito

Produk investasi yang satu ini barangkali mendapat pilihan mudah bagi banyak orang, termasuk untuk anak-anak muda. Deposito juga bisa membuat program menabung kamu lebih efektif karena deposito mempunyai periode waktu dalam menyimpan uang.

Periode tersebut bervariasi, bisa 1 bulan hingga 1 tahun dengan bunga yang lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Produk investasi ini cocok untuk tabungan jangka menengah dengan risiko yang rendah.

  • Reksa Dana

Reksa dana bisa menjadi pilihan utama banyak orang karena tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu sudah bisa berinvestasi dengan modal Rp100.000 dan kamu bisa meningkatkan jumlah modal tersebut sesuai dengan profil risikomu tetapi keuntungannya sangat besar.

Ada empat jenis reksa dana yang bisa kamu coba, adalah reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Investasi jenis ini mempunyai risiko relatif kecil dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama.

  • Obligasi

Obligasi merupakan surat utang jangka panjang atau menengah yang dapat dikeluarkan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta. Produk investasi obligasi disertai dengan janji dari pihak yang mengeluarkannya untuk membayar bunga dan pokok hutang kepada  pemilik obligasi dalam periode waktu tertentu.

Umumnya, jika ada tiga jenis obligasi, yakni obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel. Jika kamu mempunyai obligasi, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan, yaitu pembayaran kupon atau bunga obligasi dan keuntungan dari penjualan obligasi.

  • Saham

Saham yaitu tanda atau suatu  bukti kepemilikan seseorang pada suatu perusahaan. Kamu bisa menjadi pemilik suatu perusahaan atau sham dengan memiliki saham perusahaan tersebut, tetapi besarnya kekuasaan atau sham tergantung pada besarnya porsi saham yang dimiliki.

Ada dua jenis keuntungan yang dapat kamu peroleh melalui investasi saham, yaitu dividen atau pembagian keuntungan dan capital gain, selisih harga jual dan harga beli saham. Kamu perlu ekstra hati-hati dalam menanamkan uangmu agar tidak berujung pada kerugian atau penipuaan.

Sementara obligasi memberikan aliran pendapatan yang baik, tidak demikian halnya dengan saham. Artinya, nilainya berfluktuasi setiap harinya. Bila Anda membeli atau mendapatkan  saham, Anda tidak mendapatkan jaminan apa-apa.

Banyak saham bahkan tidak membayar dividen, yang mana dalam hal ini, satu-satunya cara bagi Anda untuk memperoleh uang adalah jika saham mengalamai kenaikan nilai—yang mungkin juga tidak terjadi.

  • Emas Batangan

Emas batangan sudah sangat lama dikenalkan sebagai produk investasi yang memberikan keuntungan besar. Lebih dari itu, emas batangan juga merupakan jenis investasi yang terkenal memiliki risiko kecil dan relatif aman.

Investasi emas batangan merupakan investasi jangka panjang yang cocok kamu coba dan kamu  jadikan rencana masa depan kamu. Investasi emas batangan pun kini sudah jauh lebih mudah karena kamu bisa membelinya di pasar dengan jumlah kecil sehingga tidak memberatkan.

Kabar baiknya yaitu bahwa Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang investasi alternatif pada awal karir investasi Anda. Investasi-investasi ini umumnya yaitu sekuritas berisiko tinggi atau berkeuntungan tinggi yang jauh lebih spekulatif dibandingkan saham dan obligasi biasa.

Adanya kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tetapi investasi jenis ini membutuhkan beberapa pengetahuan khusus. Jadi, jika Anda tidak memahami apa yang Anda lakukan investasi tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak masalah baru.

Para ahli dan profesional umumnya sepakat bahwa investor baru harus fokus untuk membangun fondasi keuangan sebelum berspekulasi.

Ciri ciri emas asli yang harus kamu ketahui dan kita bisa menggunakan emas untuk berinvestasi.

Tempat Untuk Investasi

  • Commonwealth Bank

Kalau belum kenal dengan Commonwealth Bank, kita kenalan dulu. Bank ini berasal dari Negara Australia. Di Indonesia,  bank ini sudah berdiri sejak  tahun 1990.

Soal reksa dana, bank ini bekerja sama dengan banyak perusahaan manajer investasi. Dengan duit Rp 100 ribu, kita bisa menjadi nasabah reksa dana di Commonwealth Bank.

Tapi kita harus buka rekening dulu di bank itu. Setelah membeli reksa dana Rp 100 ribu, tiap bulan berikutnya dana investasi itu akan ditransfer (debet) secara otomatis dari rekening yang kita punya itu.

  •  CIMB Niaga

Bank yang didirikan pada 1955 dengan nama Bank Niaga ini punya layanan reksa dana bernama CRISP Plus. Layanan ini memang sengaja dibuat buat kita-kita yang lagi mau belajar berinvestasi.

Karena itulah dana awal investasi reksa dananya cuma Rp 100 ribu. Seperti Commonwealth Bank, dana berikutnya akan didebet dari rekening yang kita punya di CIMB Niaga.

Yang keren dari layanan ini, nasabah mendapat layanan asuransi juga. Jadi, selain punya dana investasi, kita juga dilindungi asuransi.

  • PT Danareksa Investment Management (DIM)

Ini dedengkotnya reksa dana di Indonesia. PT DIM adalah anak usaha PT Danareksa, yang merupakan badan usaha milik negara.

Beroperasi sejak 1992, PT DIM sudah makan banyak asam garam di dunia reksa dana. Tapi bukan berarti perusahaan ini punya sistem yang jadul. Sekarang PT DIM mengelola lebih dari 15 produk reksa dana.

Kita bisa membeli reksa dana melalui online lewat situsnya. Hanya bermodal Rp 100 ribu tanpa meninggalkan layar komputer, kita sudah tercatat sebagai investor reksa dana.

PT Panin Asset Management (PAM)

PT PAM adalah anak usaha PT Panin Sekuritas, yang  sudah berdiri sejak 1989. Perusahaan manajer investasi ini mengelola lebih dari 10 produk reksa dana.

Biaya salah satu produknya, Panin Dana Maksima, hanya Rp 100 ribu pada pembelian awal. Minimum pembelian selanjutnya juga Rp 100 ribu.

Kita juga bisa melakukan pembelian selanjutnya lewat autodebet dari rekening Bank Panin. Tapi jumlah minimalnya Rp 250 ribu.

PT Manulife Aset Management Indonesia (MAMI)

PT MAMI hadir sebagai perusahaan manajer investasi pada 1996. Jadi, pengalamannya gak bisa dianggap enteng. Produk reksa dana yang dikelola PT MMI lebih dari 15.

Salah satunya Manulife Syariah Sektoral Amanah.Lewat produk itu, kita bisa berinvestasi reksa dana 100 ribu rupiah saja. Jumlah minimum pembelian selanjutnya juga sama, cepek ceng doang.

PT  Schroders Investment Management Indonesia

Perusahaan manajer investasi ini adalah bagian dari grup Schroders yang punya nama di dunia internasional. Gak main-main, sejarah perusahaan ini bisa dilacak pada awal 1800-an.

Di Indonesia, Schroders hadir pada 1991. Produk reksa dana yang dikelola Schroders cukup banyak. Salah satu produk yang harga pembeliannya cuma Rp 100 ribu adalah Schroder Syariah Balanced Fund. Produk reksa dana perusahaan ini terkenal memiliki data yang komplet dan gampang diakses.

 PT Syailendra Capital macam macam investasi

PT Syailendra Capital tergolong perusahaan manajer investasi yang berusia muda, tapi sudah meraih beberapa penghargaan. Salah satunya diraih pada 2014.

Produknya yang meraih penghargaan yaitu Syailendra Balanced Opportunity Fund. Kabar baiknya, kita bisa berinvestasi reksa dana di produk ini hanya dengan menanam duit Rp 100 ribu.

PT Mandiri Manajemen Investasi macam macam investasi

Kalau melihat namanya, orang bisa menduga kalau perusahaan ini ada hubungannya dengan Bank Mandiri. Dugaan itu gak salah.

PT Mandiri Manajemen Investasi memang saudaraan dengan Bank Mandiri. Perusahaan manajer investasi ini memiliki buanyak pilihan produk reksa dana.

Reksa dana dari yang Rp 100 ribu sampai jutaan, ada di sini. Gak perlu ragu kalau tanam duit lewat perusahaan ini kalau melihat koneksinya dengan Bank Mandiri.

Manfaat Investasi

Sekarang ini, telah ada berbagai jenis investasi yang mempunyai  risikonya masing-masing. Meski demikian, yang perlu Anda perhatikan yaitu bahwa berinvestasi memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat investasi yang mungkin akan membuat Anda lebih yakin untuk memulai berinvestasi dengan hasil yang maksimal.

  •  Potensi penghasilan jangka panjang

Secara historis, investasi yang mempunyai beberapa risiko modal, entah itu risiko default pada obligasi korporasi, atau risiko penurunan harga saham telah memberi banyak manfaat pada para usaha investor. Tentu saja kita tidak ada jaminan mengenai hal ini.

Jadi, walaupun uang tunai memang lebih aman dibandingkan saham, pada jangka panjang saham bisa dapat menghasilkan potensi pertumbuhan yang signifikan. Plus, setiap volatilitas di pasar saham kadang-kadang dapat merupakan peluang yang besar bagi manajer investasi yang ingin membeli saham murah.

  •  Mengungguli inflasi

Agar tabungan Anda bisa tumbuh dan berkembang maka secara nyata dari waktu ke waktu, tabungan tersebut perlu mendapatkan tingkat pengembalian setelah pajak yang lebih besar daripada tingkat inflasi. Dengan suku bunga yang relatif rendah seperti saat ini.

Menemukan rekening tabungan yang memberikan pengembalian di atas tingkat inflasi bisa yang sangat sulit sehingga sangat layak bagi Anda untuk mempertimbangkan investasi yang memiliki potensi untuk mengalahkan inflasi.

  •  Memberikan penghasilan tetap

Jika Anda mendekati atau berada di masa pensiun,  sebaiknya Anda akan mencari penghasilan tetap untuk biaya hidup sehari-hari. Berbagai investasi termasuk, ekuitas, obligasi dan properti dapat memberikan tingkat penghasilan yang cukup tetap dan menarik, yang seringkali lebih tinggi dari tingkat inflasi.

  • Bisa menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan

Portofolio investasi dapat dirancang untuk mencapai tujuan yang berbeda saat Anda menjalani kehidup. Misalnya, sikap Anda terhadap risiko dapat berubah saat Anda menjadi lebih orang tua, dan dengan perencanaan yang matang, sangat mungkin bagi Anda untuk menyesuaikan portofolio Anda agar bisa sesuai dengan perubahan tujuan Anda.

Jika Anda mempunyai jangka waktu yang panjang untuk investasi, sebaiknya Anda mungkin ingin berinvestasi pada jenis investasi yang potensi pertumbuhan atau berinvestasi di sektor yang lebih berisiko seperti ekuitas swasta di mana tabungan Anda bisa mempengaruhi fluktuasi pasar jangka pendek.

Jika Anda mendekati pensiun, sebaiknya Anda mungkin lebih ingin berinvestasi pada investasi yang lebih berfokus pada pendapatan.

  • Anda bisa berinvestasi sesuai dengan keadaan keuangan Anda

Keadaan keuangan Anda akan berubah dari waktu ke waktu, asalkan Anda dapat mengubah cara Anda berinvestasi sesuai dengan kemauan hal tersebut. Jika Anda punya uang, maka Anda bisa langsung berinvestasi karena semakin cepat Anda memulai semakin Anda mendapatkan keuntungan.

Semakin lama investasi Anda akan berkembang semakin lama juga kuntungan yang Anda dapat. Atau, investasi dengan jumlah yang rutin setiap bulannya dapat membuat mengatasi fluktuasi kinerja pasar modal. Hal ini bisa sangat bermanfaat dalam kehidupan dipasar yang bergejolak.

  • Kelebihan Macam macam Investasi

  1. Membeli dan menjual saham dapat memberi Anda banyak keuntungan bagi kita, seperti obligasi dan beberapa alternatif lain. Pengembalian tahunan untuk investasi ini lebih baik dari 100% dalam banyak kasus. Dalam banyak kasus, saham selalu berada di depan tingkat inflasi, yaitu sesuatu yang tidak akan selalu Anda temukan dalam kasus obligasi atau investasi pendapatan tetap.
  2. Sebagai seorang investor jika Anda harus membeli saham, Anda mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan perusahaan. Ketika Anda membeli saham dari suatu perusahaan tertentu, olehsebab itu Anda menjadi pemilik parsialnya dan Anda berhak atas laba yang dihasilkan oleh perusahaan.
  3. Bagian terbaik tentang saham adalah sebagian besar dari mereka berbentuk cair, ini berarti bahwa mereka dapat dengan mudah dibeli atau dijual dengan harga yang adil.
  4. Tingkat stok Anda pasti akan naik dan turun setiap hari, tetapi jika Anda melihat catatan sebelumnya, saham telah terbukti sangat menguntungkan bagi investornya.
  5. Ada dua cara sederhana di mana saham menghasilkan uang untuk pembeli : Dividen dan Keuntungan Modal. Setiap pemilik saham adalah pemilik parsial perusahaan dan jika perusahaan menjadi lebih berharga, pemilik mendapatkan bagian dari pendapatan. Ini disebut capital gain dan jika perusahaan telah melihat lebih banyak penghasilan daripada yang diharapkan, itu mungkin atau mungkin tidak mendistribusikan kelebihan kekayaan kepada pemegang sahamnya. Kelebihan laba ini disebut pembayaran dividen.

Kekurangan macam macam investasi

  1. Kerugian terbesar dari saham adalah bahwa mereka adalah investasi yang mudah berubah. Nilai stok Anda dapat naik atau turun secara drastis tergantung pada kondisi pasar.
  2. Sebagai pemegang saham Anda adalah pemilik parsial perusahaan, tetapi Anda adalah orang terakhir yang mendapatkan keuntungan dari perusahaan. Penghasilan tambahan pertama didistribusikan di antara karyawan, pemasok, kreditor dan digunakan untuk memelihara infrastruktur.
  3. Memang benar bahwa pemegang saham adalah pemilik perusahaan tetapi mereka tidak berhak atas semua hak dan kepemilikan perusahaan. Seorang pemegang saham perusahaan tidak dapat berjalan di kantor perusahaan dan meminta laporan keuangan dan laporan kemajuannya.
  4. Investor yang mendekati usia pensiun mereka seharusnya tidak memiliki jumlah stok yang tinggi dalam portofolio mereka. Jika Anda akan pensiun dalam beberapa tahun, disarankan bahwa Anda mengumpulkan uang Anda dalam investasi yang aman seperti keuntungan saham per bulan.
  5. Seperti setiap investasi, bahkan perdagangan saham memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk memastikan Anda dapat memiliki manfaat lengkap dari pasar saham dan menyadari risikonya, Anda disarankan untuk berbicara dengan konsultan keuangan Anda sebelum membeli atau menjual saham apa pun.

Ini lah ulasan tentang macam macam investasi yang saya ketahui. Macam macam investasi cukup banyak dan ini yang saya bisa jelasakn.

%d bloggers like this: