Sekarang saya akan  menulis artikel tentang kota terbesar di dunia. Apa itu kota terbesar di dunia? kota terbesar di dunia adalah suatu kota dimana kota itu mempunyai daerah yang sangat besar.

Dan dapat kita juluki kota terbesar selain itu juga yang mempunyai bidang luas yang cukup besar. Selain itu juga gaya kehidupan kota tersebut.

Juga di dalam kota terbesar itu juga terdapat gedung gedung yang sarangat dan gedung yang berkelas dunia. Bahakan juga di dalam kota juga bisa terdapat hotel dll.

Tokyo yang Merupakan Kota Terbesar Di Dunia Nomer 1

Merupakan ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).

Sekitar 12 juta orang penduduk di Tokyo dan ratusan ribu lainnya berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan berbisnis di Tokyo. Tokyo merupakan pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis di Jepang serta tempat tinggal kaisar Jepang.

Olehkarena itu kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh Asia Timur.

Tokyo mempunyai jarak tempuh sejauh lebih sedikit gedung pencakar langit dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan konstruksi gempa buminya. Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6 hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sangat sempit. Tokyo juga merupakan yang berlokasi sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.

Tokyo secara harafiah berarti “ibu kota timur” dalam bahasa Jepang, arti yang berlawanan dengan ibu kota lama di barat. Kyoto, yang dinamakan “saikyo”, berarti “ibu kota barat” untuk jangka waktu yang pendek pada abad ke-19.

Hingga tahun 1870-an, Tokyo bernama “Edo”. Ketika pusat kekaisaran berpindah dari Kyoto ke Edo, namanya pun diganti.

Sejarah

Tokyo asalnya yaitu dari desa perikanan kecil yang bernama Edo. Pada tahun 1457, Ota Dōkan membangun sebuah Istana Edo. Sekitar tahun 1590, Tokugawa Ieyasu berbasis di Edo, dan setelah menjadi shogun pada tahun 1603, kota ini menjadi pusat administrasi tentaranya untuk seluruh negara.

Pada zaman Edo, Edo menjadi salah satu kota terbesar di dunia dengan jumlah penduduk yang bisa mencapai sejuta orang menjelang abad ke-18.

Edo menjadi ibukota de facto di Jepang meskipun kaisar tinggal di daerah Kyoto ibu kota kerajaan. Setelah sekitar 263 tahun, pemerintah shogun digulingkan di bawah bendera pemulihan pemerintahan oleh kaisar.

Pada tahun 1869, ketika Kaisar Meiji pindah ke Edo di usia 17 tahun, Tokyo sudah menjadi pusat politik dan kebudayaan negara yang cukup maju.

kemudian kota itu dapat dijadikan ibu kota kerajaan de facto oleh istana sementara bekas Istana Edo menjadi Istana Kerajaan. Kota Tokyo didirikan lalu tetap menjadi ibu kota negara sehingga status kotanya dicabut pada tahun 1943 untuk digabungkan dengan “Wilayah Metropolitan” Tokyo di jepang.

Tahun mulai

Sayangnya, Tokyo mengalami dua bencana yang sangat  hebat pada abad ke-20, tetapi untungnya kota ini dapat pulih dari keduanya. Salah satunya yaitu gempa bumi Kantō 1923 yang menyebabkan 140.000 penduduk tewas atau hilang.

Dan yang kedua adalah pada Perang Dunia II, ketika Tokyo dibom bertubi-tubi pada tahun 1944 dan 1945, menyebabkan 75.000 hingga 200.000 orang tewas dan separuh kota hancur.

Setelah perang Dunia II, Tokyo dibangun kembali, dan berkilauan di mata dunia ketika Olimpiade Musim Panas 1964 diadakan di kota ini. Zaman 1970-an menyaksikan pembangunan pencakar langit seperti Sunshine 60 di tokyo.

Konstruksi bandara baru yang kontroversial di daerah Narita (yang agak jauh dari perbatasan kota) pada tahun 1978, dan peningkatan jumlah penduduk hingga sekitar 11 juta (dalam lingkungan wilayah metropolitan).

Jaringan kereta bawah tanah dan komuter Tokyo menjadi salah satu tempat yang tersibuk di dunia. Di karena semakin banyak orang yang pindah ke wilayah Tokyo. Pada 1980-an, harga properti melangit dalam penggelembungan harga aset di negara Jepang.

Saat gelembung itu meledak pada 1990-an, banyak perusahaan, bank, dan banyak orang yang terikat utang hipotik. Sehingga terjadilah resesi besar yang membuat era 1990-an sebagai “dekade hilang” di negara Jepang, tetapi kemudian berangsur-angsur membaik.

Proyek reklamasi tanah di Tokyo juga berlanjut selama berabad-abad lamanya, terutama di wilayah Odaiba yang dijadikan daerah belanja dan hiburan utama di daerah itu.

Geografi dan pembagian administratif

Prefektur Tokyo dibagi kepada Daratan dan daerah kepulauan. Bagian Daratan terletak di sebelah barat laut Teluk Tokyo, sekitar 90 km timur ke barat, dan 25 km utara samapi ke selatan.

Tokyo berbatasan dengan Prefektur Chiba di timur, Prefektur Yamanashi di barat, Prefektur Kanagawa di selatan, dan Prefektur Saitama di sebelah utara. Kepulauanannya terdiri dari Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara, memanjang sekitar 1.000 km ke dearh Samudra Pasifik.

Berdasarkan hukum Jepang, Tokyo ditentukan sebagai sebuah to (), atau terjemahannya metropolis. Struktur pemerintahannya serupa dengan wilayah-wilayah lain di negara Jepang. Di dalam kota Tokyo letaknya puluhan entitas yang lebih kecil yang sering dianggap sebagai kota.

Meliputi 23 distrik khusus  yang pernah membentuk Kota Tokyo hingga tahun 1943 lama nya. Tetapi saat ini di penuhi kotamadya yang terpisah dan memerintah sendiri, yang dipimpin wali kota dan dewan, serta memegang status kota.

Jakarta

jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) merupakan ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat provinsi.

Jakarta juga terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia sekarang menjadi jakarta.

Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia sebagai ibu kota.

DKI Jakarta mempunyai luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, yang merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta yaitu tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN. Banyak perusahaan swasta, dan perusahaan asing.

Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN pertama kali. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Dan ada juga tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol. di sini juga terdapat tempat penyimpanan uang yang di bilang sangat aman

Sejarah Ibu Kota Jakarata

Ibu kota jakarta banyak berubah berybah nama yaitu:

  • Sunda Kelapa (397–1527)
  • Jayakarta (1527–1619)
  • Batavia (1619–1942)
  • Jakarta (1987-1999, 1998-sekarang)
  • Ibukota DKI Jakarta (1998-sekarang)
  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1998-sekarang)

Nama Jakarta sudah digunakan sejak masa pendudukan Jepang tahun 1942 dan sampai sekarang. Hanya untuk menyebut wilayah bekas Gemeente Batavia yang diresmikan pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1905.

Ekonomi tentang Kota Terbesar Di Dunia

Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Saat ini, lebih dari 70% uang negara beredar di ibu kota Jakarta. 

Perekonomian Jakarta terutama ditunjang oleh sektor perdagangan, jasa, properti, industri kreatif, dan keuangan yang mencukupi. Beberapa sentra perdagangan di Jakarta yang menjadi tempat perputaran uang cukup besar yaitu dikawasan Tanah Abang dan Glodok. Kedua kawasan ini masing-masing menjadi pusat perdagangan tekstil serta dengan sirkulasi ke seluruh Indonesia belahan dunia.

Delhi

Delhi

Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi (NCT), adalah sebuah kota dan wilayah persatuan India yang berisi New Delhi, ibu kota India.  Itu berbatasan dengan Haryana di tiga sisi dan oleh Uttar Pradesh di timur.

NCT mencakup area seluas 1.484 kilometer persegi (573 sq mi). Menurut sensus 2011, populasi kota Delhi yang layak adalah lebih dari 11 juta, tertinggi kedua di India setelah Mumbai.  sementara seluruh populasi NCT adalah sekitar 16,8 juta.

Daerah perkotaan Delhi sekarang dianggap melampaui batas-batas NCT dan termasuk kota-kota satelit tetangga Faridabad, Gurgaon, Ghaziabad dan Noida. di daerah yang sekarang disebut Central National Capital Region(CNCR) dan memiliki populasi 2016 diperkirakan lebih dari 26 juta orang. menjadikannya daerah perkotaan terbesar kedua di dunia menurut United.

Pada 2016, perkiraan terbaru dari ekonomi metro di wilayah perkotaannya telah memberi peringkat Delhi baik sebagai wilayah metro paling produktif atau kedua di India. Delhi adalah kota terkaya kedua di India setelah Mumbai, dengan total kekayaan pribadi $ 450 miliar dan merupakan rumah bagi 18 miliarder dan 23.000 miliarder.

Sejarah

Ada sejumlah mitos dan legenda yang terkait dengan asal usul nama Delhi. Salah satunya berasal dari Dhillu atau Dilu, seorang raja yang membangun sebuah kota di lokasi ini pada 50 SM dan menamainya setelah dirinya sendiri.

Legenda lain menyatakan bahwa nama kota didasarkan pada kata Hindi / Prakrit dhili (longgar) dan digunakan oleh orang-orang. Tomaras untuk merujuk ke kota itu karena pilar besi Delhi memiliki fondasi yang lemah dan harus dipindahkan.

Koin-koin yang beredar di wilayah di bawah Tomaras disebut dehliwal.  Menurut Bhavishya Purana, Raja Prithiviraja dari Indraprastha.

Dapat membangun sebuah benteng baru di daerah Purana Qila modern untuk kenyamanan keempat kasta di kerajaannya. Dia memerintahkan pembangunan pintu gerbang ke benteng dan kemudian menamai benteng itu dehali.

Manila

Manila

Lungsod ng Maynila , adalah ibu kota Filipina. Ini adalah kota terpadat di dunia.  Itu adalah kota carteran pertama berdasarkan Undang-Undang Komisi Filipina 183.

Pada tanggal 31 Juli 1901 dan memperoleh otonomi dengan disahkannya Undang-Undang Republik No. 409 atau “Piagam Revisi Kota Manila” pada 18 Juni 1949.

Kota Spanyol di Manila didirikan pada tanggal 24 Juni 1571, oleh Conquistador Spanyol Miguel López de Legazpi. Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal pendirian resmi kota. Manila juga merupakan pusat kekuasaan bagi sebagian besar penguasa kolonial negara itu.

Ini adalah rumah bagi banyak situs bersejarah, beberapa di antaranya dibangun pada abad ke-16. Manila memiliki banyak pengalaman pertama di Filipina, termasuk universitas pertama (1590),dan stasiun lampu (1642).

Menara mercusuar (1846), sistem air (1878), hotel (1889), listrik (1895), listrik (1895), oseanarium ( 1913),  pertukaran saham (1927), flyover (1930-an), kebun binatang (1959), underpass pejalan kaki (1960).  Sekolah menengah sains (1963),  universitas yang dikelola kota (1965), kota -run rumah sakit (1969), dan sistem transit cepat (1984; juga dianggap sebagai sistem transit cepat pertama di Asia Tenggara).

 

Sejarah Tentang Kota Terbesar Di Dunia

Maynila, nama Filipina untuk kota itu, berasal dari frasa may-nila, yang diterjemahkan menjadi “di mana nila ditemukan.” Nila berasal dari kata Sansekerta nīla yang mengacu pada nila, dan, dengan ekstensi , ke beberapa spesies tanaman dari mana pewarna alami ini dapat diekstraksi.

Nama Maynila lebih cenderung mengacu pada keberadaan tanaman penghasil nila yang tumbuh di daerah sekitar pemukiman, daripada Maynila dikenal sebagai pemukiman yang berdagang pewarna nila.

Ini karena pemukiman itu didirikan beberapa ratus tahun sebelum ekstraksi pewarna nila menjadi kegiatan ekonomi penting di daerah tersebut pada abad ke-18. Nama Tagalog asli untuk tanaman nila, tayum (atau variasi daripadanya).

Sebenarnya digunakan di toponim lain di wilayah Manila – Tayuman (“di mana tanaman nila itu”) – dan di tempat lain di Filipina (misalnya, Tayum, Abra; Tagum, Davao del Norte).

Seoul

Seoul Special City, adalah ibu kota  dan kota metropolis terbesar di Korea Selatan.  Dengan sekitar metropolis Incheon dan provinsi Gyeonggi, Seoul membentuk jantung Daerah Ibu Kota Seoul.

Seoul berada di peringkat ekonomi metropolitan terbesar keempat di dunia dan lebih besar dari London dan Paris.

Berlokasi strategis di Sungai Han, sejarah Seoul terbentang lebih dari dua ribu tahun, ketika didirikan pada 18 SM oleh orang-orang Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea.

Kota ini kemudian ditunjuk sebagai ibu kota Korea di bawah dinasti Joseon. Seoul dikelilingi oleh lanskap pegunungan dan berbukit, dengan Gunung Bukhan terletak di tepi utara kota.

Seperti dengan sejarahnya yang panjang, Wilayah Ibukota Seoul berisi lima Situs Warisan Dunia UNESCO: Istana Changdeok, Benteng Hwaseong, Kuil Jongmyo, Namhansanseong dan Makam Kerajaan Dinasti Joseon.

Baru-baru ini, Seoul telah menjadi situs utama konstruksi arsitektur modern – landmark modern utama termasuk Menara N Seoul, Gedung 63, Menara Lotte World, Dongdaemun Design Plaza, Lotte World, Menara Perdagangan, COEX, dan Menara Parc1. Seoul bernama Ibukota Desain Dunia 2010.

Sebagai tempat kelahiran K-pop dan Gelombang Korea, Seoul menerima lebih dari 10 juta pengunjung internasional pada tahun 2014. Menjadikannya kota ke-9 yang paling banyak dikunjungi di dunia dan penghasil pariwisata terbesar ke-4 di dunia.

Sejarah

Seoul pertama kali tercatat sebagai Wiryeseong, ibukota Baekje (didirikan pada 18 SM) di wilayah timur laut Seoul.  Ada beberapa tembok kota yang tersisa di daerah yang berasal dari waktu ini.

Pungnaptoseong, sebuah dinding tanah yang terletak di tenggara Seoul, secara luas diyakini berada di situs utama Wiryeseong.  Ketika Tiga Kerajaan bersaing untuk wilayah strategis ini, kontrol beralih dari Baekje ke Goguryeo pada abad ke-5, dan dari Goguryeo ke Silla pada abad ke-6.

Pada abad ke-11 Goryeo, yang menggantikan Unified Silla, membangun istana musim panas di Seoul, yang disebut sebagai “Ibukota Selatan”. Hanya dari periode ini Seoul menjadi pemukiman yang lebih besar.

Ketika Joseon menggantikan Goryeo, ibukota dipindahkan ke Seoul (juga dikenal sebagai Hanyang atau Hanseong), di mana ia tetap sampai jatuhnya dinasti. Istana Gyeongbok, dibangun pada abad ke-14, berfungsi sebagai kediaman kerajaan sampai tahun 1592.

Istana besar lainnya, Changdeokgung, dibangun pada 1405, berfungsi sebagai istana kerajaan utama dari tahun 1611 hingga 1872.

Cukup itu yang bisa saya tulis tentang kota terbesar di dunia. Tentang kota terbesar di dunia tu sangat banyak dan tapi saya cuma bisa menulis dua saja. Kalok ada salah-salah kata dalam saya menulis saya mohon maaf.

%d bloggers like this: