Inilah dia cara investasi emas di pegadaian syariah memiliki pesona tersendiri bagi kebanyakan orang karena memberikan beragam keuntungan bagi pemiliknya. Harganya yang sangat tahan terhadap laju inflasi masih menjadikannya sebagai primadona untuk investasi jangka panjang.  Selain itu, harganya sangat stabil dan cenderung naik dari tahun ke tahun. Walaupun harga emas juga bisa mengalami penurunan, namun penurunan harganya sangat kecil dan sangat jarang sekali terjadi.

Keuntungan lain yang anda dapatkan dari investasi emas adalah sifatnya yang tidak tergantung terhadap kebijakan pemerintah,dan juga berbeda dengan rupiah yang tidak stabil dan sangat rentan terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu, instrumen ini juga terjamin karena setiap pembelian akan disertakan dengan sertifikat yang mencakup nomor identitas, berat, kadar, dan ukuran dari emas tersebut.

Pegadaian adalah salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tertua di Indonesia yang menjadi solusi keuangan bagi masyarakat tidak hanya di bidang gadai dan pembiayaan melainkan juga investasi. Lembaga pertama kali berdiri pada 1 April 1901 ini juga meraih Sustainable Finance Award kategori Industri Keuangan Non Bank dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini menandakan bahwa lembaga lebih mampu dan aman sebagai penyelesaian masalah keuangan Anda.

 

Berikut Cara Investasi Emas Di Pegadaian Syariah

1. Tentukan tujuan utama berinvestasi emas

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian syariah pasti punya tujuan mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Termasuk investasi emas. Maka itu, ini jadi cara investasi emas yang pertama. Sebelum benar memulai investasi emas.

Tapi tentunya juga harus konsisten untuk membeli emas dengan besaran tertentu sesuai kemampuan. Karena semakin lama investasi emas, semakin banyak juga pula emas yang kita peroleh sebagai barang investasi.

2. Cek harga emas

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian  jangan dulu tergesa-gesa beli emas. Cek dulu harga emas yang batangan di pasaran. Kamu juga bisa cek harga emas di situs PT Antam, PT Pegadaian dan toko emas online resmi seperti Orori.com, Indogold.com dan lainnya. Dan cara ngecek harga emas juga bisa melalui aplikasi yang menyediakan jual beli emas seperti Tamasia.

Selain mengecek harga emas lewat via online dan aplikasi digital, kamu juga bisa cek harga secara konvensional. Kamu juga bisa datang ke toko-toko tertentu atau tempat menjual emas resmi di kantor Antam, Pegadaian, dan lainnya.

Dan pastikan juga waktu yang tepat saat membeli emas. Jika harga emas sedang turun, berarti waktu yang pas buat kamu berinvestasi. Rumusnya adalah beli emas saat harga sedang turun. Dan menjual emas saat harga sedang naik.

3. Tentukan emas yang akan dibeli

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian saat tahap pengecekan harga sudah selesai, saatnya kamu tentukan berapa besaran emas yang akan kamu beli buat investasi.  Tentukan juga periode waktu saat pembelian emas yang akan kamu tentukan sebagai investasi. Misalnya kamu harus memastikan untuk investasi emas setiap bulannya sebanyak 5 gram.

Harga per gramnya itu misalnya Rp 500.000. Itu artinya setiap bulan kamu harus mengeluarkan uang untuk berinvestasi emas sebesar Rp 2,5 juta. Di atas telah disebutkan bahwa rencana investasi emas kamu juga akan berjalan selama 10 tahun atau 120 bulan. Demikian itu, kamu akan menginvestasikan uang kamu untuk membeli emas sebesar Rp 2,5 juta x 120 bulan = Rp 300 juta.

4. Tentukan tempat pembelian

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian akan terealisasi jika kamu membeli di tempat yang terpercaya. Pastikan kamu cari tahu dulu di mana saja tempat membeli emas yang resmi.

Jaman sekarang ini banyak kasus penipuan saat membeli emas. Jangan percaya jika ada pihak yang menawarkan emas dengan proses cepat tapi yang didapat cuma sertifikatnya saja. Sebaiknya cek tempat-tempat jual beli emas terpercaya dulu.

Ada beberapa tempat buat membeli emas yang selama ini sudah dijamin kepercayaannya. Tempat-tempat di bawah ini juga sudah banyak dijadikan tempat buat jual beli emas di Indonesia, antara lain:

– PT Pegadaian

PT Pegadaian

Sudah tidak diragukan lagi, kalau kamu mau membeli emas, Pegadaian adalah tempatnya untuk membeli emas. Kita juga bisa beli emas secara tunai maupun kredit. Dengan cara syariah atau konvensional juga bisa dipilih. Kantor cabangnya pun juga banyak, dan pula ada yang melayani 24 jam.

Di Pegadaian, kamu juga bisa beli emas secara online melalui situs resminya. Emas yang dijual di Pegadaian semuanya juga berasal dari PT Aneka Tambang (Antam).

– Kantor Pusat Antam

kantor pusat antam

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian kamu bisa datang ke kantor pusat Antam di  Jl Simatupang, Jakarta Selatan. Meskipun harganya juga agak lebih tinggi sedikit, tapi enaknya saat beli emas di sini adalah gak perlu antre seperti membeli di Unit Bisnis Antam di Pulogadung.

– Unit Bisnis Antam

Selama ini ada banyak orang yang membeli emas di Unit Bisnis Antam di Pulogadung, Jakarta Timur. Di sana kita juga bisa beli emas batangan berbentuk olahannya langsung dengan harga relatif lebih rendah, karena dibuat langsung oleh produsennya.

Beli emas di sini dibatasi per harinya 150 orang. Itu karena antriannya banyak setiap harinya. Selain itu, petugas juga akan memeriksa calon pembeli secara ketat. Dan ini untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan.

– Butik Emas Antam Logam Mulia

Beli emas sekarang jadi akan lebih mudah di beberapa kota besar. Karena Antam sudah punya beberapa tempat untuk menjual emasnya.

Jadi selain pula di Jakarta, kamu juga bisa beli emas batangan di Butik Emas Antam Logam Mulia di Bandung, Medan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Semarang, dan Balikpapan. Butik-butik itu merupakan cabang dari butik Antam yang berlokasi di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

– Bank Syariah

Tempat lain yang bisa dipakai saat beli emas adalah di beberapa bank syariah seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Di Mandiri Syariah misalnya, kamu juga bisa beli emas secara kredit. Syaratnya pun juga mudah, cukup foto kopi KTP dan NPWP.

Membeli emas di Bank Mandiri syariah ada banyak pilihannya. Mulai dari pembelian emas yang secara kredit seberat 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram dan 500 gram.

Uang mukanya pun sangat relatif rendah, yaitu 20 persen dari harga emas. Kamu juga bisa mengangsur pembayaran cicilan minimal 12 bulan atau maksimal selama 60 bulan.

 

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian saat memilih emas dalam bentuk perhiasan

Kelebihan investasi emas di pegadaian

Bagi anda yang tidak memiliki dana untuk menaruh membeli emas, kini juga bisa mengikuti program menabung emas di Pegadaian.

Pegadaian selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuat produk untuk mencari orang-orang yang ingin menabung yang tetap dengan cara menabung emas. Produk ini disebut Tabungan Emas.

Kekurangan investasi emas di pegadaian

Ada Berat Minimal untuk Dicairkan

Inilah dia cara investasi emas di pegadaian  dengan mencetak atau mengambil emas batangan yang sudah Anda tabung, Anda juga harus memiliki saldo dengan jumlah minimal emas batangan 5 gram. Selain itu juga ada minimal saldo untuk membuka tabungan, yakni 0,1 gram.

Baca juga : 10 Keuntungan yang didapat dari investasi dan cara investasi emas

%d bloggers like this: