investasi-bagi-pemulaPada kesempatan kali ini kami akan sedikit menyampaikan mengenai jenis investasi bagi pemula. Investasi online merupakan cara investasi yang cocok, mudah dan terjangkau untuk pemula. Terdapat 10 investasi online terpercaya untuk mewujudkan tujuan keuangan (dana pensiun, uang sekolah, jalan – jalan) kamu. Apa dan bagaimana cara melakukan investasi online ?

Meskipun menurut perencana keuangan bahwa investasi adalah komponen penting dalam penataan keuangan keluarga, namun faktanya masyarakat di Indonesia banyak belum melakukan investasi. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa menabung atau menempatkan uang di deposito adalah investasi, yang pada kenyataannya tidak, karena bunga tabungan atau deposito tidak cukup untuk mengalahkan laju inflasi.

Mau investasi apa ? Itu pertanyaan yang sering saya terima kita membahas investasi dengan teman, atau pembaca blog yang mengirimkan email ke inbox saya. Saya bisa paham kenapa pertanyaan semacam ini muncul. Literasi keuangan masyarakat yang rendah membuat investasi masih sangat kurang. Seiring inovasi teknologi, masyarakat sekarang bisa melakukan investasi secara online, cara investasi yang lebih mudah, cepat dan murah. Kemudian apa itu dan pengertian investasi.

Apa itu investasi ? Investasi adalah cara kamu melakukan akumulasi kekayaan dengan menempatkan uang pada instrumen keuangan yang memberikan return atau imbal hasil tertentu. Investasi itu sebenarnya sesederhana kamu tidak menghabiskan semua gaji bulanan untuk beli barang – barang konsumsi, tetapi menyisihkan sebagian gaji untuk knda tempatkan di Reksadana atau Saham atau SUKUK.

Investasi adalah fungsi dari konsumsi – semakin tinggi konsumsi, semakin kecil uang untuk investasi dan sebaliknya. Jadi, jika ingin berinvestasi, Kamu harus mengendalikan belanja. Kunci investasi adalah kesesuaian antara tujuan keuangan dan instrumen investasi yang sudah dipilih. Memilih instrumen investasi tanpa tahu untuk tujuan keuangan apa, ibaratnya sama dengan Kamu beli obeng kembang tanpa tahu bautnya berbentuk apa, bisa baut minus, plus atau kembang. Ada beberapa alasan yang membuat saya melakukan investasi online :

  1. Gampang Diakses. Aplikasi online sangat mempermudah proses melakukan investasi tanpa perlu datang atau tatap muka.
  2. Minimum Investasi Terjangkau. Umumnya, syarat jumlah investasi di online cukup rendah dan terjangkau sehingga tidak menghalangi Kamu yang punya dana terbatas untuk memulai investasi.
  3. Proses investasi menjadi cepat karena semua dilakukan secara online, paperless dan tanpa tatap muka.
  4. Melewati batas negara. Dengan proses online, investasi melewati batas – batas negara sehingga Kamu bisa masuk ke pasar internasional dengan lebih mudah dan murah.
  5. Edukasi Investasi. Tersedia bahan edukasi yang mudah diakses, interaktif dan komprehensif di online dan dengan edukasi yang baik proses investasi bisa dilakukan dengan lebih tepat.
  6. Monitoring Investasi. Investasi online memungkinkan Kamu memantau portfolio investasi secara real-time, mudah dan cepat.

1. P2P – Peer To Peer Lending

P2P Peer To Peer adalah investasi online yang mempertemukan secara langsung antara investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman. Pertemuan tersebut dilakukan secara online lewat teknologi informasi milik platform P2P. Contoh beberapa Peer To Peer Lending di Indonesia adalah: Investree, Modalku, Koinworks, Akseleran, dan Amartha.

Perusahaan P2P memilih calon peminjam sesuai kriteria dan menetapkan profile risiko peminjam, lalu menempatkan calon peminjam ke platform marketplace P2P di mana investor memilih peminjam yang akan didanai. Peer To Peer memberikan keuntungan investasi sebagai berikut:

  • Return yang ditawarkan lumayan tinggi buat investor karena hubungan langsung antara investor dan borrower. Nilai return P2P mencapai 12% sd 16% setahun.
  • Nilai investasi P2P relatif kecil dan terjangkau, karena proses investasi yang paperless dengan bantuan teknologi. Salah satu platform P2P menerima investasi mulai dari Rp 10,000 per pendanaan.
  • Penggunaan teknologi informasi membuat proses investasi di P2P berlangsung online dan efisien.

Yang penting diperhatikan dalam investasi online P2P adalah resiko gagal bayar peminjam, yang sepenuhnya ditanggung investor, sementara platform p2p tidak menanggung gagal bayar peminjam.

2. Reksadana

Reksadana adalah investasi online yang paling mudah dan dikenal di masyarakat. kamu cukup menempatkan dana di Reksadana, selebihnya serahkan ke Manajer Investasi untuk mengelola investasi kamu. Kehadiran Fintech membuat proses investasi Reksadana, yang sudah mudah, menjadi semakin mudah. Beberapa keuntungan investasi online Reksadana:

  • Minimum investasi Reksadana bisa mulai dari Rp 10,000 – jumlah yang sangat terjangkau dan menjadi salah satu yang paling rendah diantara instrumen investasi lain.
  • Banyak aplikasi investasi Reksadana online ditawarkani, yang membuat akses ke investasi Reksadana terbuka lebar buat siapa pun.

Ketiga, platform  e-commerce Tokopedia dan Bukalapak menerima investasi Reksadana, dengan melakukan kerjasama dengan pihak agen penjual Reksadana, yang membuat investasi Reksadana menjangkau kaum milenial anak-anak muda. Hal yang perlu diperhatikan, sebelum menempatkan dana di Reksadana, adalah tentukan dan pastikan tujuan Keuangan kamu karena berdasarkan tujuan tersebut kamu memilih Reksadana.

Ada banyak sekali pilihan jenis dan manajer investasi Reksadana di pasaran saat ini, thanks to kemajuan teknologi, namun untuk kamu bisa me-navigasi pilihan – pilihan tersebut dan menentukan yang paling cocok, perlu Tujuan Keuangan yang jelas !

3. Saham

Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia mengizinkan pembukaan rekening untuk transaksi saham secara online untuk mempersingkat waktu pembukaan rekening serta untuk meningkatkan inklusi jasa keuangan khususnya di bidang pasar modal. Langkah – langkah melakukan investasi saham online adalah:

  • Pilih Broker Saham. Kkmu harus memilih broker saham. Ada beberapa broker atau disebut ‘Anggota Bursa’ yang merupakan member di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari beberapa broker tersebut menyediakan dummy-trade yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker tersebut bagus atau tidak.
  • Buka Rekening Saham. Setelah memilih broker, langkah selanjutnya adalah membuka rekening saham. Membuka rekening wajib karena jika tidak, kamu tidak bisa melakukan transaksi saham. Broker yang baik memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dimana kamu cukup mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan mengirimkan dokumen tersebut setelah ditkamutangani.
  • Buka Rekening Dana Nasabah. Selain buka rekening saham di broker, berbarengan dengan itu adalah pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN). Kalau rekening saham untuk kamu bisa melakukan jual beli saham, RDN adalah rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham disimpan di RDN. Semua langkah di atas dalam pembukaan transaksi saham bisa dilakukan secara online.

4. Saham Internasional

Dengan investasi saham di pasar internasional, kamu bisa beli perusahaan berskala global yang tidak hanya menjanjikan keuntungan tetapi juga kestabilan return. Saran saya, jika ingin investasi saham internasional, bisa mencoba pasar Amerika karena Wall Street di negara Paman Sam  adalah pasar saham terbesar di dunia dengan banyak sekali pilihan saham perusahaan kelas dunia.

Risiko tambahan – selain resiko investasi – dalam jual beli saham di pasar internasional adalah risiko valas karena nilai tukar rupiah berfluktuasi terhadap nilai mata uang valas.

5. P2P Internasional

Apa itu investasi online di P2P Internasional ? Layaknya, modal investasi P2P, Kamu melakukan investasi ke berbagai pinjaman. Namun, bedanya dengan P2P di Indonesia, ini kamu melakukan di pasar internasional. Platform P2P internasional, yang secara personal saya pernah mencoba adalah Mintos. Mintos adalah platform P2P dari Latvia yang menyediakan marketplace untuk melakukan investasi dalam pinjaman di seluruh dunia.

Namun, ada sedikit perbedaan antara Mintos dan platform P2P di Indonesia. Di Indonesia, P2P menghubungkan antara peminjam dan investor secara langsung. Sementara, Mintos menghubungkan investor dengan loan originator, yaitu pihak yang menyediakan pinjaman dan menawarkan pinjaman yang sudah mereka biayai ke investor di marketplace Mintos. Ada beberapa hal membuat P2P Mintos menarik sebagai investasi:

  • Return yang ditawarkan sangat menarik mencapai 8% (untuk jenis paling aman – dengan jaminan) sd 12% (untuk jenis paling beresiko – tanpa jaminan) per tahun dalam EURO. Perlu digaris bawahi bahwa return Mintos dalam Euro tersebut, sangat jauh diatas return investasi Euro pada umumnya.
  • Minimum investasi sangat kecil, yaitu mulai dari 10 Euro, sudah bisa placement investasi di dalam platform Mintos, yang membuat investasi P2P internasional Mintos menjadi sangat terjangkau.
  • Tersedia ribuan pinjaman yang bisa diinvestasikan dalam platform Mintos, yang membuat diversifikasi menjadi lebih optimal karena dana investasi bisa disebarkan ke sangat banyak pinjaman.
  • Mintos menyediakan Buy-Back Guarantee, yaitu loan originator berjanji membeli kembali jika pinjaman terlambat diatas 60 hari, sehingga investor menerima jaminan bahwa uangnya kembali meskipun terdapat pinjaman menunggak.

Namun, perlu diingat bahwa Kamu menghadapi risiko nilai tukar jika melakukan  investasi di P2P internasional. Disamping itu, proteksi buy-back guarantee di Mintos mengkamulkan kekuatan loan originator, yang bisa saja punya resiko tidak bisa memenuhi kewajibannya. Karena itu diversifikasi pendanaan ke banyak pinjaman across loan originator adalah hal yang wajib dilakukan dalam investasi P2P di Mintos – untungnya Mintos menyediakan ribuan pinjaman yang bisa dibiayai.

6. Tabungan Emas Online

Kamu pasti tahu bahwa emas adalah investasi yang sudah lama sekali ada, tetapi investasi emas ribet kata banyak orang karena harus membeli ke toko emas dan menyimpan fisiknya dengan aman. Tapi kesulitan beli emas diatasi dengan investasi emas online. Belakangan ini seiring munculnya Fintech, investasi emas berinovasi dengan hadirnya investasi emas online. Investasi emas online memiliki banyak keuntungan, yaitu:

  • Proses beli dan jual emas menjadi sangat mudah karena dilakukan lewat aplikasi, tanpa perlu pergi ke kantor cabang, misalnya yang saya alami dengan Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam.
  • Resiko kehilangan emas lebih kecil karena dalam investasi emas online, fisik emas yang Kamu beli langsung disimpan penjual emas, yaitu Pegadaian atau Brankas Antam.
  • Proses perintah jual emas dilakukan secara online, tanpa perlu ke kantor cabang, dan dana hasil penjualan emas otomatis masuk rekening Kamu dalam hari yang sama.
  • Beli emas bisa lewat platform e-commerce online, yang memudahkan bagi golongan milenial untuk mengakses investasi emas.

Kemajuan fintech membawa perubahan yang signifikan dalam cara dan akses investasi emas, menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau.

  1. Forex

Forex adalah singkatan dari Foreign Exchange, yang artinya nilai tukar antara satu mata uang dengan mata uang lainnya. Trading adalah kamu memperdagangkan (menjual/membeli) produk keuangan, dalam hal ini forex (mata uang) berdasarkan harga yang berlaku di pasar saat transaksi berlangsung. Nilai Forex bisa berubah – ubah tergantung dinamika di pasar, jual dan beli.

Karena nilai yang berubah – ubah, Forex menjadi ajang trading. FX atau Foreign Exchange adalah pasar keuangan terbesar di dunia, yang buka 24 jam sehari, dari hari Senin pagi sampai Sabtu pagi, dan hampir £3 triliun mata uang diperdagangkan setiap hari. Yang dapat forex menarik bagi trader adalah likuiditas investasi tinggi karena volume trading yang besar serta volatilitas harga yang tinggi untuk peluang profit maksimal.

FX sangat populer di kalangan trader individu karena aksesibilitas dan kesederhanaannya dibandingkan pasar lain. Kamu dapat trading FX di akun online dari mana saja di dunia. Trader FX membeli atau menjual mata uang berharap bahwa itu akan naik atau turun terhadap nilai mata uang lain dalam rangka mendapatkan keuntungan dari selisih harga.

Dengan mengamati pergerakan harga pasar, kamu berkesempatan untuk profit, atau mengalami risiko (loss) sesuai dengan perubahan harga yang terjadi. Sebagai contoh, Kamu membeli 1 lot EUR/USD di harga 1.2500 dan menjualnya saat harga naik menjadi 1.3000. Selisih dari kenaikan harga ini menjadi profit kamu. begitu pula sebaliknya jika harga turun maka Kamu mengalami kerugian.

8. Surat Berharga Negara (SBN)

SBN sangat aman karena diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah menerbitkan surat hutang, namanya SBN, yang bisa dibeli masyarakat. SBN laris manis di investor asing karena bunga yang ditawarkan, > 6%, sangat menarik, dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis SBN diantaranya yaitu :

  • Savings Bond Ritel (SBR) adalah Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan WNI dan merupakan alternatif investasi yang mudah, terjangkau, menguntungkan dan tentunya invetasi ini aman.
  • Sukuk Tabungan adalah Surat Berharga Syariah Negara yang merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia.
  • Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Surat Utang Negara yang dijual oleh Pemerintah kepada investor ritel di pasar perdana domestik yang merupakan individual WNI.

Minimum investasi bagi investor bisa mulai dari Rp 1 juta rupiah – jumlah yang cukup terjangkau untuk investor ritel. Keuntungan SBN bisa dari dua cara, yaitu:

  • Dengan investasi lewat SBN dapat sampai jatuh tempo, sehingga akan mendapatkan bunga SBN yang sudah ditetapkan sejak awal.
  • Menjual SBN sebelum jatuh tempo ke pasar sekunder akan dibeli dengan harga tertentu oleh investor lain.

Jika faktor keamanan menjadi pertimbangan utama, beli SBN bisa menjadi alternatif investasi menarik, dengan tingkat bunga lebih tinggi dari deposito dan tabungan.

  1. Tabungan Berjangka

Apa itu tabungan berjangka ? Apa bedanya dengan tabungan biasa ? Tabungan berjangka adalah produk perbankan yang merupakan  tabungan dengan bunga diatas bunga tabungan biasa sehingga memberikan keuntungan lebih besar. Di salah satu bank, bunga tabungan berjangka adalah 4.25% setahun.

Namun, bedanya tabungan berjangka dengan tabungan biasa adalah dalam tabungan berjangka terdapat komitmen untuk tidak menarik uang di tabungan dalam periode tertentu. Jika menarik uang di tabungan berjangka sebelum masa kontrak selesai, Kamu harus membayar denda penarikan ke bank.

Apa keunggulan Tabungan Berjangka ? Tabungan berjangka memiliki resiko nol karena merupakan produk perbankan sehingga tidak mungkin uang Kamu di tabungan berjangka akan hilang. Karena itu, tabungan berjangka sangat cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek, misalnya, uang muka anak masuk TK atau SD yang dibutuhkan dalam hitungan bulan.

Dulu untuk membuka tabungan berjangka, Kamu harus datang sendiri ke kantor cabang bank terkait. Namun, sekarang dengan kemajuan aplikasi mobile banking, Kamu bisa membuka tabungan berjangka secara online di internet banking bank. Tabungan berjangka menjadi instrumen investasi online yang bisa membantu mewujudkan target keuangan.

#10 Robo Advisor

Mungkin istilah Robo Advisor baru kedengaran untuk kamu. Sebelum menjelaskan apa itu Robo Advisor, saya ingin menceritakan masalah investasi yang kerap dihadapi investor pemula, yaitu ketidaktahuan harus memilih instrumen investasi yang mana. Ambil contoh reksadana. Investor pemula tahu bahwa beli investasi reksadana itu penting, tetapi mereka bingung mau pilih jenis reksadana yang mana karena ada banyak macam reksadana di pasar.

Robo Advisor membantu memberikan solusi masalah tersebut dengan memberikan rekomendasi investasi Reksadana yang cocok dengan profil investor tersebut. Investor yang masih muda memiliki rekomendasi reksadana yang berbeda daripada investor yang sudah paruh baya dan berkeluarga. Investasi Robo Advisor dilakukan secara online lewat aplikasi dan biasanya gratis. Saat ini di Indonesia, ada dua aplikasi Robo Advisor, yaitu Bibit dan Ajaib. Keduanya sudah memiliki izin dari OJK.

Demikian beberapa jenis investasi online yamg merupakan investasi bagi pemula. Dari beberapa contoh tersebut bisa kamu yang ingin memulai investasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua selain dari kita mengetahui jenis-jenis investasi online tetapi sebagai pengetahuan kita untuk pemilihan jenis investasi yang tentunya dapat sesuai dengan kebutuhan kita dan kondisi kita.

× Whatsapp Kami!
%d bloggers like this: