Inilah dia benda termahal sepanjang sejarah yang kamu tau, Pernahkah Anda bertanya apa sih yang sebenarnya menyebabkan sebuah material itu sangat mahal? Berlian misalnya, intan yang sudah diasah ini bisa bernilai ratusan juta rupiah per karat padahal hanya merupakan alotrop dari karbon tersebut. Dengan kata lain, karbon yang tidak bernilai ini, menjadi mahal hanya dengan suhu dan juga tekanan yang tinggi.

Jawabannya sebenarnya sangat sederhana, benda apapun bisa menjadi mahal jika jumlah permintaannya (demand) lebih besar dari supply-nya. Dengan kata lain, benda tersebut juga langka. Karena kelangkaan inilah biasanya nilai pasar suatu material atau pun benda naik.

Selain karena langka, biasanya material juga akan lebih mahal jika sulit untuk diproduksi. Kembali ke kasus berlian ini, jika karbon mudah diproses untuk menjadi berlian. Tentunya harganya juga akan murah. Tetapi karena proses produksinya yang membutuhkan ketelitian yang tinggi, maka membuat berlian yang berkualitas sangatlah sulit. Hal ini juga bisa mengakibatkan mahalnya suatu material tersebut.

Berikut Benda Termahal Sepanjang Sejarah yang kamu tau

1. Saffron: US$11 (Rp146.300) per gram

Inilah dia benda termahal sepanjang sejarah yang kamu tau, Saffron Merupakan rempah-rempah yang dihasilkan dari bunga Crocus sativus dengan rasa dan juga manfaat yang unik untuk tubuh. Setelah dikeringkan, bentuknya menyerupai benang.peletakannya juga tidak sembarangan. Sangat tidak mungkin jika saffron diletakkan kedalam termos air panas. dan digunakan sebagai bumbu ataupun agen pewarna makanan dan dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Proses produksinya sangatlah menghabiskan waktu dan juga tenaga, sehingga harganya cukup mahal.

2. Emas: US$56 (Rp744.800) per gram

Logam mulia yang paling terkenal dan dipuja banyak orang karena sering digunakan oleh raja atau pemimpin ini nilainya berfluktuasi setiap saat. Namun sejak zaman dahulu, emas juga dianggap sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran. Sering digunakan sebagai bahan baku perhiasan dan juga seni dekorasi bahkan untuk alat kesehatan seperti implan gigi.

3. Rhodium: US$58 (771.400) per gram

Inilah dia benda termahal sepanjang sejarah yang kamu tau, Rhodium Merupakan salah satu turunan perak yang berwarna putih keperakan dan keras ini tergolong langka. Sering disebut juga sebagai emas putih dan juga umum digunakan untuk bahan baku perhiasan dan mesin pesawat.

4. Platinum: US$60 (Rp798.000) per gram

Inilah dia benda termahal sepanjang sejarah yang kamu tau, Logam mulia yang berwarna keperakan ini ditemukan pada tahun 1735. Platinum sangatlah langka dan juga tahan terhadap asam dan alkali. Serupa dengan emas, platinum sering digunakan sebagai bahan perhiasan, mesin, kabel, elektroda, bahkan juga implan gigi karena fleksibilitasnya.

5. Methamphetamine: US$100 (Rp1,33 juta) per gram

Inilah dia benda termahal sepanjang sejarah yang kamu tau, Kemampuannya menyalurkan dopamine ke dalam tubuh dengan cepat yang mengakibatkan efek samping seperti perilaku kasar, paranoia, kecemasan, sulit tidur, dan juga perubahan mood yang cepat. Bahkan kasus terburuknya yaitu menyebabkan kematian.

6. Rhino Horn: US$110 (Rp1,46 juta) per gram

Siapa sangka tanduk atau pun cula badak bisa menjadi bahan baku obat yang ampuh mengatasi kanker? Serbuk cula badak ini juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Cina dan dinilai sebagai barang langka. Tentunya kelangkaan tersebut benar adanya karena kenyataannya badak memang sudah hampir punah.

7. Heroin: US$130 (Rp1,73 juta) per gram

Lagi-lagi salah satu substansi berbahaya yang sangat mahal harganya juga akibat kelangkaannya. Merupakan derivatif dari morfin yang bergerak langsung menuju otak, menyerang reseptor pernapasan yang juga menyebabkan euforia. Sebagai salah satu substansi ilegal yang terkuat dan menyebabkan candu tertinggi, heroin memiliki harga yang sangat tinggi.

8. Cocaine: US$236 (Rp3,14 juta) per gram

Cocaine atau pun dalam Bahasa Indonesia disebut kokain merupakan senyawa sintesis yang mempercepat metabolism sel dan juga berakibat fatal bagi tubuh. Harganya yang sangat mahal ini disebabkan oleh kemurniannya dan sifatnya yang natural dari daun coca.

9. Asam Lisergat Dietilamida: US$3.000 (Rp39,9 juta) per gram

Substansi narkotika yang dikenal secara umum sebagai LSD (Lysergic Synthetic Diethylamide) ditemukan oleh seorang Albert Hoffman pada tahun 1938 di Switzerland. Sayangnya penemuan ini disalah gunakan sehingga LSD menjadi salah satu obat-obatan terlarang yang menjadi populer pada tahun 1960-an. LSD mengakibatkan halusinasi tingkat tinggi yang memiliki efek samping seperti gangguan pada psikologi.

%d bloggers like this: