Hay teman pada kesempatan kali ini kita akan  membahas tentang ciri-ciri pasir mengandung emas ayo gays ciri-cirinya seperti di bawah ini yaa.Di bawah ini kita akan membahas banyak hal tentang emas lo gays.bukan hanya ciri ciri pasir mengandung emas saja tapi juga tentang banyak lainya juga seperti sejarah emas,arti emas dan lain lain gays.Ayo gays cekidot ke bawah gays.

Sejarah Emas

Emas tak seperti logam lainya,  emas mempunyai sejarah yang amat menarik dan tempat khusus di mata dunia. Selama beribu tahun sudah digunakan sebagai hiasan raja, mata uang dan standar mata uang global, dan baru-baru ini, terdapat pada benyak macam alat elektronik dan aplikasi medis. Suku Inca menyebut emas dengan sebutan “air mata dari Matahari.

” Sedangkan Homer, dalam “Iliad” dan “Odyssey,” mengemukakan emas dengan sebutan kemuliaan abadi dan tanda kekayaan di antara manusia lainya. Emas, unsur ke-79 pada Tabel Periodik dengan simbol Au Emas merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, logam langka, dengan kombinasi tiada tanding dari sifat kimia dan fisik, mampu bersinar bahkan ketika sudah terkubur selama 1000 tahun.

Arti Emas

Emas merupakan satu-satunya logam berwarna kuning dan namanya diambil dari kata Inggris Kuno yaitu ‘Geolu’ yang memiliki arti kuning. emas juga adalah satu-satunya logam yang tak membentuk lapisan oksidasi pada permukaan di udara di suhu normal, berartinya tak akan berkarat atau korosi/melapuk.. Untuk dapat mengetahui ciri ciri pasir mengandung emas didalamnya memerlukan lebih dari satu analisis geologi dan sejarah tanah didaerah tersebut.

Ciri Ciri Pasir Mengandung Emas

Beberapa jenis formasi tanah dan batuan yang lebih cenderung memiliki ciri ciri pasir mengandung emas/bantalan-emas disebabkan proses dari lingkungan dan geologi. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui ciri tanah mengandung emas : Tanahnya memiliki kandungan mineral sulfida yang tinggi. (mempunyai bau seperti belerang) dijumpai mata air panas di sekitar lokasi tersebut

Pada lokasi di sekitar terdapat gunung berapi dan memiliki usia yang sudah cukup lama/sudah tua.Terdapat aliran sungai di dekatnya (diperkirakan dulu pernah menjadi aliran lahar gunung berapi). Aliran sungai ini mempunyai lapisan tanah lempung yang tebal.

Ditempat ini bisa dijumpai batuan putih berurat emas (urat kuarsa atau batuan kuarsit) Menggunakan Electronic Prospecting untuk mendeteksi keberadaan emas. Tanda-tanda di atas hanya sebagai deteksi/tanda awal saja, untuk memastikan bahwa tanah tersebuat memiliki ciri ciri pasir mengandung emas, perlu adanya tes merkuri dan tes-tes lainya.

Bagaimana Proses Terbentuknya Logam Emas?

 

Dalam bab kali ini kita sudah agak beralih dari ciri-pasir mengandung emas dapat terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk dikarenakan oleh proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian dengan cara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan dalam dua(2) kategori yaitu:

* endapan primer
* endapan plaser.

Manfaat Emas:

Emas dipakai untuk standar keuangan di berbagai macam negara dan juga dipergunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas di dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meski secara resmi di dalam bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan di dalam mata uang dolar amerika.
Bentuk penggunaan emas di dalam bidang moneter umumnya berupa bulion atau batangan emas dalam banyak satuan berat gram sampai  dengan kilogram.

Emas juga dijual dalam bentuk berupa koin emas, seperti krugerrand yang diproduksi oleh south african mint company dalam banyak macam satuan berat. Satuan berat krugerrand yang lazim ditemui adalah 1/10 oz (ounce), 1/4 oz, 1/2 oz dan 1 oz. Harga koin krugerrand didasarkan pada pergerakan harga emas di dalam pasar komoditas dunia yang terus menerus bergerak sepanjang masa perdagangan.

Koin krugerrand khusus (atau umumnya disebut proof collector edition) juga diproduksi secara terbatas sesuai dengan tema tertentu. Karena produksi emas dibatasi, tak jarang harga koin krugerrand edisi proof ini melebihi harga kandungan emas koin tersebut tergantung pada kelangkaan dan kondisi koin khusus tersebut.

Edisi yang cukup disukai dan dicari para investor yaitu edisi yang memuat gambar nelson mandela.

Ada beberapa negara yang memproduksi secara massal koin emas untuk ditawarkan sebagai alat alternatif untuk investasi, antara lain:

1. Kangaroo      -Australia
2. Panda           -China
3. Kijang Emas -Malaysia
4. Maple Leaf   -Canada
5. Britannia       -Inggris

Teknik untuk Memisahkan Emas Murni dari Pertambangan

Teknik juga bisa disebut dengan Ekstraksi, Jenisnya Ada Dua yaitu:

Ekstraksi emas Amalgamasi ialah tahap penyelaputan partikel emas oleh air raksa dan membentuk amalgam (au – hg). Amalgam masih ialah proses ekstraksi emas yang telah tergolong paling sederhana dan murah,
akan tetapi tahap efektif untuk bijih emas yang mengandung kadar tinggi dan mempunyai ukuran butir kasar (> 74 mikron).
Tahap amalgamasi ialah proses kimia fisika, apabila amalgamnya dipanaskan, maka akan terurai menjadi elemen-elemen berupa air raksa dan bullion emas.
Amalgam bisa terurai dengan pemanasan di dalam sebuah retort, air raksanya akan menguap dan bisa didapatkan kembali dari kondensasi uap air raksa tersebut. Sementara au-ag tetap tertinggal di dalam retort tersebut sebagai logam.
Tahap Sianidasi

Tahap sianidasi terdiri atas dua tahap penting, merupakan tahap pelarutan dan proses pemisahan emas dari larutannya. Pelarut yang biasa dipaka dalam proses cyanidasi yaitu nacn, kcn, ca(cn)2, atau campuran ketiganya. Pelarut yang paling sering dipakai adalah nacn, karena mampu melarutkan emas lebih baik dari pelarut lainnya. Lazimnya reaksi pelarutan au dan ag ialah sebagai berikut:

4au + 8cn- + o2 + 2 h2o = 4au(cn)2- + 4oh-
4ag + 8cn- + o2 + 2 h2o = 4ag(cn)2- + 4oh-

Penggunaan Serbuk zn

pada tahap kedua adalah pemisahan logam emas dari larutannya dilakukan dengan cara pengendapan dengan memakai serbuk zn (zinc precipitation). Reaksi yang terjadi ialah sebagai berikut:

2 zn + 2 naau(cn)2 + 4 nacn +2 h2o = 2 au + 2 naoh + 2 na2zn(cn)4 + h2
2 zn + 2 naag(cn)2 + 4 nacn +2 h2o = 2 ag + 2 naoh + 2 na2zn(cn)4 + h2

Penggunaan serbuk zn merupakan salah satu cara yang lumayan efektif untuk larutan yang mengandung konsentrasi emas kecil. Serbuk zn yang dimasukkan kedalam larutan akan mengendapkan logam emas dan perak.

Prinsip pengendapan ini didasarkan deret clenel, yang sudah disusun berdasarkan perbedaan urutan aktivitas elektro kimia dari logam-logam dalam larutan cyanide, adalah mg, al, zn, cu, au, ag, hg, pb, fe, pt. Setiap logam yang ada disebelah kiri dari ikatan kompleks sianidanya bisa mengendapkan logam yang sudah digantikannya.

Jadi sebenarnya tidak hanya zn yang bisa mendesak au dan ag, tetapi cu maupun al dapat juga dipakai, tetapi karena harganya lebih mahal jadi lebih bagus  menggunakan zn. Tahap pengambilan emas-perak dari larutan kaya dengan memakai serbuk zn ini disebut “proses merill crowe”.

 

Tahap Pemurnian dari bullion

Dapat Dilakukan Dengan Beberapa Metode, yaitu:

1. Cara Cepat

Secara hidrometallurgy yaitu dengan dilarutkan di dalam larutan hno3 lalu tambahkan garam dapur untuk mengendapkan perak sedangkan emasnya tidak larut dalam larutan hno3 selanjutnya saring saja dan dibakar.

2. Cara Lambat

Dengan cara hidrometallurgy plus electrometallurgy adalah dengan menggunakan larutan h2so4 dan masukkan plat tembaga ke dalam larutan lalu masukkan bullion ke dalam larutan tersebut, maka akan berlangsung proses hidrolisis dimana perak akan menjadi larut dan menempel pada plat tembaga (menempel tidak begitu keras/mudah lepas) sedangkan emasnya tidaklah larut (tertinggal di dasar), setelah itu tinggal bakar saja masing-masing, jadilah logam murni.

Proses Pengolahan Emas dengan Sistem Perendaman Bahan

Ore/ bijih emas yang telah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton
formula kimia
1. Nacn = 40 kg
2. H2o2 = 5 liter
3. Kostik soda/ soda api = 5 kg
4. Ag no3 =100 gram
5. Epox cl = 1 liter
6. Lead acetate = 0.25 liter (berwujud cair)/ 1 ons (berwujud serbuk)
7. Zinc dass/ zinc koil = 15 kg
8. H2o (air) = 20.000 liter

Tahap perendaman

• perlakuan di bak i (bak kimia)

1. Nacn dilarutkan ke dalam h2o (air) ukur pada ph 7
2. Tambahkan costik soda (+ 3 kg) untuk mendapatkan ph 11-12
3. Tambahkan h2o2, ag no3, epox cl diaduk hingga larut, dijaga agar tetap pada ph 11-12

• perlakuan di bak ii (bak lumpur)

1.Ore/ bijih emas yang telah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton dimasukkan ke dalam bak
2.Larutan kimia tersebut dari bak i disedot dengan pompa dan ditumpahkan/ dimasukkan ke dalam bak ii untuk merendam           lumpur ore sekitar 48 jam
3.Selanjutnya, air/ larutan diturunkan seluruhnya ke bak i dan diamkan selama 24 jam, dijaga pada ph 11-12. Seandainya ph       kurang untuk menaikkannya ditambah costic soda seperlunya saja.
4.Dipompa lagi ke bak ii, diamkan selama 2 jam kemudian dialirkan ke bak i  melalui bak penyadapan/ penangkapan yang         diisi dengan zinc dass/ zinc koil untuk mengikat/ menangkap logam au dan ag (emas dan perak)merupakan larutan dari air kaya
5.Lakukan sirkulasi larutan/ air kaya sampai zinc dass/ zinc koil hancur layaknya seperti pasir selama 5 – 10 hari
6.Zinc dass/ zinc koil yang telah hancur lalu diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah untuk diperas dengan kain           famatex.
7.Untuk membuat hasil filtrasi menjadi bersih dari zinc dass atau kotoran lain pakailah 200 ml h2so4 dan 3 liter air panas
8.Selanjutnya bakar filtrasi untuk mendapatkan bullion.

Permintaan emas

Pada Q3 2014 permintaan Emas yaitu 1041,9 ton sedangkan permintaan pada Q3 2015 meningkat jadi 1.120,9 ton. Tingginya permintaan emas tersebut sebenarnya tidaklah seimbang dengan banyaknya tanah yang memiliki ciri ciri pasir mengandung emas peningkatan persediaan emas yang ditambang oleh beberapa Pertambangan Emas di Dunia. Produksi Emas pada Q3 2015 dengan Q3 2014 hanyalah meningkat sekitar 1% dari 1.092,1 ton di Q3 2014 menjadi 1.100,1 di Q3 2015 (naik 8   ton).

Seperti kutipan yang telah dikutip dari mineweb.com, Tambang Emas terbesar di Dunia yang mempunyai ciri ciri pasir mengandung emas yaitu Tambang Emas Muruntau yang terletak di Negara Uzbekistan, Tambang Emas yang dioperasikan oleh Navoi ini memproduksi emas sebanyak 61 ton,pada tahun 2014. Posisi kedua adalah Tambang Emas Grasberg yang dioperasikan oleh PT. Freeport Indonesia dengan hasil produksi sebanyak 35,2 ton di tahun 2014.

Daftar 7 Tambang Emas Terbesar di Dunia

 

Berikut ini adalah daftar 7 Tambang Emas Terbesar di Dunia yang memiliki ciri ciri pasir mengandung emas beserta penambang dan Jumlah produksinya di tahun 2014;

1. Muruntau

Jumlah Produksi Emas : 61.0 ton
Lokasi : Provinsi Navoi, Uzbekistan
Penambang : Navoi Mining & Metallurgy Combine

2. Pueblo Viejo

Jumlah Produksi Emas : 34,5 ton
Lokasi : Provinsi Azua, Republik Dominika
Penambang : Barrick Gold Corporation

3. Yanacocha

Jumlah Produksi Emas : 30,2 ton
Lokasi : Peru
Penambang : Newmont Mining Corporation

4. Carlin Ops

Jumlah Produksi Emas : 28,2 ton
Lokasi : Nevada, Amerika Serikat
Penambang : Newmont Mining Corpor

5. Goldstrike

Jumlah Produksi Emas : 28,1 ton
Lokasi : Nevada, Amerika Serikat
Penambang : Barrick Gold Corporation

6. Olympiada

Jumlah Produksi Emas : 22,6 ton
Lokasi : Krasnoyarsk Krai, Rusia
Penambang : Polyus Gold

7. Veladero

Jumlah Produksi Emas : 22,5 ton
Lokasi : Provinsi San Juan, Argentina
Penambang : Barrick Gold Corporation.

Emas Untuk Bahan Investasi

– Emas yang merupakan Logam Mulia ini kerap kali dijadikan komoditas untuk investasi, terutama pada investas pada  jangka yang panjang sehingga permintaan akan Emas tiap tahunnya meningkat tinggi.Berdasar pada data yang dipublikasikan oleh World Gold Council di dalam situsnya gold.org, permintaan Emas meningkat sekitar  8% atau 79 ton dari Q3 (Triwulan ke3) 2014 ke Q3 2015.

Anda mungkin tau emas sebagai bahan perhiasan atau produk investasi. Namun, kegunaan atau manfaat emas ternyata lebih dari itu. Logam mulia ini memang telah berabad-abad dipakai sebagai dekorasi/hiasan, perhiasan, dan alat tukar.

Perkembangan teknologi telah berhasil untuk menemukan berbagai cara baru bagi manusia untuk memanfaatkan emas, termasuk dalam bidang industri.Beruntungnya jika suatu negara memiliki tanah yang mempunyai ciri ciri pasir mengandung emas.Karakteristik khusus emas bukan hanya kilaunya, tetapi juga sifat-sifat seperti tidak mudah cacat serta mudah dibentuk.

Emas biasanya dicampur dengan logam lain di dalam proses pengolahannya, sebelum akhirnya dibentuk menjadi lembaran, batang, koin, kabel, serat, serpihan, dan lain sebagainya. Hal ini telah membuka lebih banyak jalan alternatif untuk memanfaatkan logam mulia tersebut.

 5 Manfaat Emas Selain untuk Investasi dan Kekayaan:

 

5 Manfaat Emas dalam Berbagai Industri

Masihkah  anda penasaran selain tentang ciri ciri pasir mengandung emas?Berikut ini adalah kontribusi emas dalam kehidupan Anda sehari-hari.Di bawah ini kita sudah tidak membahas lagi ciri ciri pasir mengandung emas. Berikut ini adalah 5 jenis manfaat emas yang paling sering dijumpai dalam banyak industri di luar keuangan:

  • Konduktor dalam Ponsel Pintar

    Emas banyak digunakan dalam industri pembuatan ponsel karena emas adalah konduktor ideal. Emas juga tidak mudah berkarat, sehingga cocok untuk membuat barang-barang elektronik “cerdas” yang mempunyai banyak fungsi canggih. Selain ponsel, emas juga dipergunakan dalam industri pembuatan GPS, PDA, kalkulator canggih, dan sejenisnya.

  • Penambal Gigi

    Emas adalah salah satu logam ideal untuk mengisi tambalan gigi. Walaupun harganya mungkin agak mahal, kasiat emas sebagai tambalan jauh melebihi harganya. Selain tidak akan berkarat, emas juga tidaklah mudah terlarut dan tertelan, serta cocok untuk Anda yang mudah mengalami reaksi alergi terhadap jenis-jenis logam tertentu.

  • Pemantul Radiasi Sinar Matahari dalam Kaca

    Emas sering juga dicampurkan ke dalam bahan pembuatan kaca khusus, mulai dari kaca tebal di gedung-gedung bertingkat, hingga pelindung helm astronaut. Dari segi estetis,dengan adanya sedikit camuran emas pada kaca gedung bertingkat akan menghasilkan rona warna yang kaya. Manfaat lainnya yang penting yaitu sebagai pemantul radiasi sinar matahari. Selain menjaga gedung tetap sejuk, kaca yang telah  dicampur emas ini juga membantu melindungi mata serta kulit astronaut saat di luar angkasa.

  • Pelapis Bangunan

    Penggunaan emas untuk melapisi bangunan telah populer sejak dulu, dan buktinya terlihat dari berbagai bangunan bersejarah dengan ornamen lapisan emas. Selain menambah keindahan, lapisan emas dapat juga membuat bangunan menjadi tampak indah lebih lama, karena sifatnya yang tidak mudah berubah warna atau cacat. Sifat emas yang mudah dibentuk juga membuatnya ideal sebagai pelapis bangunan yang mempunyai banyak detail dalam strukturnya.

  • Bahan Sirkuit dan Pelumas Untuk Kendaraan Luar Angkasa

    NASA memakai emas pada berbagai elemen pada pesawat luar angkasa. Lapisan yang terdapat pada permukaan pesawat luar angkasa menggunakan emas untuk menangkal radiasi yang berlebihan. Emas juga digunakan di dalam berbagai sirkuit mesin di dalam pesawat luar angkasa, karena sifatnya sebagai konduktor yang baik serta antikarat.

Itulah ulasan tentang ciri ciri pasir mengandung emas.Untuk mempelajari tentang lainya kita juga dapat mempelajarinya di brangkas.id .Semoga bermafaat. Terimakasih.

%d bloggers like this: