Kalian pasti tau bukan ciri ciri berlian asli. Merupakan salah satu batu permata yang sangat digemari oleh kebanyakan orang.

Tak jarang banyak dari para kolektor tersebut mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengoleksi berbagai jenis berlian. Namun, apakah Anda tahu tentang bagaimana cara membedakan berlian asli atau palsu. Yuk simak tips berikut tentang  ciri ciri berlian asli.

Berlian

berlian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berlian sejenis intan merupakan batu permata yang berkilauan dan berasal dari karbon muni dalam bentuk kristal. Berlian dapat dibentuk beberpa jenis yaitu (zat yang terkenal paling keras dan biasa dipakai untuk permata cincin, gelang, kalung, giwang, bros, dsb).

Sedangkan arti berlian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah intan yang diasah baik-baik sehingga indah dan berkemilau dengan cahayanya. Dari dua definisi yang mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri ciri berlian asli itu bermacam-macam.

Ada sebuh batu yang harganya sangat mahal dan ini dia permata termahal di dunia saat ini yang Anda ketahui. Dengan kuwalitas yang cukup bagus dan barang nya terkenal di mana saja.

Berlian di bedakan menjadi 2 yaitu:

  • Intan alami
  • intan buatan

1. Intan Alami

intan

Intan alami terbentuk dari tenaga endogen di dalam perut bumi selama ratusan hingga jutaan tahun sehingga intan jenis ini merupakan intan dengan kualitas yang sangat baik.

Tetapi, karena kebutuhan akan intan yang semakin meningkat untuk kalangan industri permata dan proses alami penciptaan intan memakan waktu yang terlalu lama. Maka olehsebab itu dibuatlah makmal (pemanas buatan) untuk mempercepat proses penciptaan intan dalam waktu yang lebih cepat.

Bagaimana cara menemukan intan alami? Intan ditambang di dalam deposit primer (kimberlite dan lamporite) mengunakan pipa-pipa vukanis dan deposit sekunder (alluvial, onshore, dan offshore). Intan yang telah berada di dalam perut bumi digali dengan secara mekanis. Tanah, batu-batuan, dan pasir yang diambil dengan menggunakan peralatan canggih yang dipilah dalam pabik pemrosesan untuk menyortir intan dari batu-batuan yang lain.

2. Intan Buatan

intan buatan

Intan yaitu Diamond non-carbon {adjektiva} (lihat: Diamond Swarovsky) lebih merujuk pada teknologi cutting atau pemotongan yang dibentuk dengan proses teknologi, bukan dengan proses geologis seperti intan alami.

Intan sintetis atau buatan juga dikenal dengan nama intan HPHT dan Berlian CVD, di mana kedua nama tersebut mempunyai jenis metode pembuatannya (high pressure high temperature dan chemical vapor deposition).

Beberapa klaim tentang berlian sintetis atau buatan diketahui antara 1879 sampai 1928, seluruh pecobaan yang  yang harus dilakukan secara hati-hati dianalisa, namun tidak ada yang dikonfirmasi.

Pada tahun 1940, penelitian secara sistematis dilakukan di Amerika Serikat, Swedia, dan Uni Soviet untuk menumbuhkan berlian menggunakan proses CVD dan HPHT. Sintetis yang mampu dilakukan ulang dilaporkan sekitar tahun 1953.

Kedua proses masih mendominasi dalam pembuatan berlian sintetis atau buatan. Metode ketiga, sintesis peledakkan, telah memasuki pasar berlian pada akhir tahun 1990an. Pada proses ini, butiran berlian berukuran nanometer dibuat dengan meledakkan suatu karbon yang mengandung bahan peledak.

Metode keempat, mengolah grafit dengan sebuah ultrasonikberkekuatan tinggi, telah dilakukan di laboratorium, namun belum terdapat aplikasi komersialnya. Bagaimana proses mengubah intan menjadi sebuah berlian? Seperti yang kalian tulis di atas, intan merupakan berlian kasar agar berlian.

Dalam saya melakuakan sebuah pekerjan menghaluskan batu berlian di dalamnya saya melakuakan pemecahan untuk mesin pemecah batu.

Untuk mengubah intan menjadi berlian yang sempurna diperlukan suatu seragkaian proses yang harus mempertimbangkan 4C (cut, color, carat, dan clarity).

Manfaat Dari Berlian

Batu berlian merupakan mineral yang mempunyai kekuatan sangat kuat. Batu berlian ini hanya bisa dihancurkan dengan tanur listrik dengan suhu 2000 derajat celcius.

Batu berlian mempunyai nilai yang sangat mahal. Bahkan dapat mencapai triliunan rupiah. Batu berlian didapatkan dari proses penambangan dari dalam perut bumi.

Memiliki banyak bentuk yang unik dan bercahaya sehingga banyak dicari oleh banyak orang. Dan, berikut ini kegunaan berlian dalam kehidupan sehari-hari yang anda mungkin tau.

  • Perhiasan

Manfaat berlian yang paling utama adalah untuk dijadikan sebuah perhiasan. Perhiasan yang terbuat dari berlian atau terdapat berlian pasti memiliki harga yang cukup mahal. Bisanya berlian dibuat menjadi cincin, kalung, gelang, mahkota dan lainnya. Terkadang juga dapat dijadikan pelengkap hiasan saja.

Misalnya pada mata batu cincin, hiasan pada gelang, liontin kalung, hiasan anting atau berbagai jenis hiasan dan masih banyak lagi. Benda yang terdapat hiasan berlian pasti memiliki harga yang cukup mahal, apalagi bila dipakai dalam momen berkesan dalam hidup seperti dijadikan cincin kawin, cincin tunangan unik, dan lain sebagainya.

  • Investasi

Berlian tidak hanya digunakan untuk perhiasan saja, bahkan dapat digunakanuntuk investasi. Kegunaan berlian ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Harga berlian dari tahun ke tahun semakin meningkat sangat tajam.

Sama dengan sebuah harga tanah. Oleh karena itu jika kita menyimpan sebuah berlian, mahal bisa kita dijadikan sebuah investasi masa depan yang sangat bagus. ketika kita membeli sebuah berlian, pasti akan mempunyai sertifikat khusus.

Sertifikat inilah yang membuktikan keaslian sebuah berlian. Jika diinvestasikan dalam waktu yang lama, anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

  • Koleksi

Untuk orang-orang kaya, biasanya berlian juga sering digunakan untuk koleksi. Berlian memiliki beraneka bentuk dan warna yang unik. Oleh karena itu, banyak orang yang suka mengoleksi sebuah berlian.

Semakin banyak bentuk yang unik berlian akan semakin banyak dicari oleh para kolektornya. Setiap diadakan pameran berlian se-dunia, pasti akan ada banyak koleksi berlian sangat langka dan unik. Para kolektor ini tidak hanya menyimpan berlian dalam bentuk perhiasan, tetapi juga dalam bentuk berlian yang utuh.

  • Untuk Keberuntungan

Terdengar aneh memang, tapi ini adalah suatu kenyataanya. Ternyata banyak orang yang percaya kalau berlian juga memberikan suatu keburuntungan. Setiap warna berlian mempunyai arti yang berbeda-beda.

Misalnya di Indonesia, banyak orang yang percaya kalau berlian dapat memberikan keberuntungan. Setiap warna berlian akan mempunyai sebuah aura yang berbeda-beda. Jadi bisa memberikan keberuntungan untuk pemakai berlian.

Sebenarnya masih bermacam-macam kegunaan berlian. Terkadang juga digunakan untuk status sosial, mengusir energi negatif dan memberikan energi positif dan masih banyak lagi. Harga berlian dari tahun ke tahun semakin meningkat dan suatu berlian yang langka akan mahal sekali.

Walaupun begitu masih banyak orang yang mencari berlian. Terutama untuk orang-orang yang suka mengoleksi berlian dan memiliki harga sangat mahal.

Adapun Ciri Ciri Berlian Asli

  •  Keras

Berlian adalah batu yang paling keras di perut bumi. Jika berlian milik Anda rusak atau terbelah saat mendapat benturan ringan, maka sudah pasti itu berlian yang Anda miliki adalah berlian palsu.

  •  Memiliki Berbagai Warna

Berlian tidak hanya mempunyai warna bening saja, tapi juga muncul dengan banyak warna. Nah, berlian pink, kuning, dan biru merupakan jenis berlian sangat langka. Tetapi, jangan sampai tertipu saat penjual perhiasan mengatakan berlian yang dijual yaitu berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru.

  • Dapat Menggores Benda Apapun

Karena berlian adalah benda terkeras di bumi, maka berlian mampu menggores benda apapun itu. Cara untuk kita membuktikannya keaslian berlian Anda adalah dengan menggoreskannya ke kaca. Jika kaca tersebut tergores tentu berlian Anda tidak rusak, maka berlian Anda merupakan berlian asli.

  •  Pencerminan Tidak Jelas

Selama ini mungkin banyak yang mengira bahwa seseorang dapat melihat suatu benda melalui berlian dengan jelas. Tapi itu juga nyatanya, berlian asli tidaklah mempunyai refleksi yang jelas. Jika Anda meletakkan berlian asli di atas sebuah koran, maka tulisan di koran tersebut tidak tampak terlihat dengan jelas.

Sebaliknya, jika Anda meletakkan berlian palsu di atas koran, maka tulisan itu akan terbaca dengan jelas. Hal ini dikarenakan berlian palsu terbuat dari kaca sehingga mengakibatkan refleksi benda di balik berlian palsu dengan jelas.

5. Refleksi Abu-abu

Berlian asli itu hanya bisa memberikan refleksi dalam warna abu-abu saja. Jika berlian Anda mampu merefleksikan berbagai macam warna, maka berlian yang Anda miliki tersebut adalah berlian palsu.

6. Tidak Bisa Berkabut

Cobalah hembuskan nafas ke berlian Anda tersebut. Jika kabut pada berlian menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut itu  adalah berlian asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlian, maka sudah bisa dipastikan berlian Anda  tersebut adalah berlian palsu.

7. Mampu Merefleksikan Cahaya

Berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya, sehingga membuatnya terlihat berkilau. Sedangkan berlian palsu biasanya hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.

8. Tidak Bisa Dipanaskan

Jika Anda memanaskan berlian Anda dan kemudian berlian Anda tersebut terlihat panas, maka dari itu berlian tersebut adalah palsu. Sama halnya dengan kabut, berlian asli jika dapat menghilangkan panas dengan cepat, sehingga Anda tidak akan merasa panas atau hangat pada berlian  anda dan itu adalah berlian asli. Apakah ada ciri ciri berlian asli itu gimana.

9. Tidak Mudah Tergores

Berlian asli tidak akan mudah tergores dan karena itu kita tau bahwa ciri ciri berlian asli tu gimana. Jika berlian Anda memiliki banyak goresan, maka berlian Anda tersebut adalah palsu.

10. Berlian Palsu Mengapung Di Air

Untuk mengecoh pembeli, terkadang penjual berlian menggabungkan ciri ciri berlian asli dan palsu di bagian bawah. Kemudian untuk mengetes ciri ciri berlian asli, maka cobalah mencelupkannya ke air. Jika berlian tersebut mengapung, maka berlian tersebut adalah ciri ciri berlian palsu atau telah disatukan dengan berlian palsu.

 

Selain 10 ciri di atas, umumnya ada lagi kah ciri ciri berlian asli dilengkapi dengan sertifikasi internasional, misalnya sertifikat GIA. Maka dipastikan berlian yang Anda beli memiliki sertifikat resmi tersebut. Untuk bisa mendapatkan berlian berkualitas yang disertai dengan sertifikat GIA, Anda tidak perlu repot mencari kemana-mana karena Anda dapat bisa membeli batu berlian secara online di ORORI.

Tips Menyimpan, Membersikan, dan Merawat Batu Berlian Anda

Menurut saya ciri ciri berlian asli dan untuk cara merawatnya itu cukup mudah. Kalian bisa liat di bawah ini.  Untungnya perhiasan Anda yang terbuat dari emas dan berlian tidak mudah rusak, tetapi tetap saja harus membutuhkan perawatan.

Sangat penting membersihkan perhiasan Anda secara rutin, agar tetap terlihat cantik dan mempesona. Dibawah ini Anda akan dijelaskan beberapa cara membersihkan dan merawat perhiasan secara mudah dan umum.

  • Handling

    Usahakan untuk mencopot engagement / wedding ring  tetapi tidak bersentuhan langsung dengan settingan berliannya, karena jari kita mengandung minyak alami, maka akan menempel dan akan mengurangi kilau berlian itu sendiri.

    Basahi jari dengan air sabun bila cincin susah dilepaskan dan waktu yang paling pas untuk mencopot cincin adalah pada waktu malam hari disaat jari kita menyusut.

  • Metal

    Perhiasan berbahan dasar dari emas asli dan tidak akan berubah warna. Seringkali kita menyebut cincin kusam dan warna pudar. Hal ini karena poles akhir cincin (glossy atau doff dll) telah berkurang kualitas cincin itu.

    Biasanya dalam waktu setahun atau lebih perhiasan akan mengalami kusam karena terkiskisnya polesan atau banyak goresan. Hal ini bisa dilakukan, maka cobalah kembali ke tempat nda membeli perhiasan tersebut untuk melakukan service ulang poles. Harga yang dipatok bervariasi.

  • Tempat penyimpanan

    Berlian mempunyai tingkat kekerasan paling tinggi diantara batu berharga lainnya. Jika Anda mempunyai perhiasan berlian cobalah untuk menyimpannya tidak bergesekan dengan batu berharga lainnya karena dapat menimbulkan kerusakan.

    Gunakan jewellery box khusus cincin untuk menyimpannya supaya bisa tahan lama. Jika terpaksa disimpan bersamaan, maka gunakan kain lembut untuk membungkusnya. Berlian akan menggores berlian itu sendiri serta batu berharga lainnya jika bergesekan akan rusak.

  • Perlindungan dari bahan kimia

    Usahakan untuk mencopot cincin Anda jika akan melakukan aktivitas atau kegitan seperti mandi, make up, memasak dan lain-lain. Dalam penggunaan harian serta aktivitas yg dilakukan dapat menimbulkan timbunan kotoran di cincin Anda. Kadangkala kebiasaan ini dapat juga berdampak pada diri sendiri.

    Tertinggalnya cincin di tempat umum karena terbiasa dilepas sebelum mencuci tangan dan aktivita lainnya. Saran saya, untuk hal yang menurut anda simple dan tidak terlalu kotor tetaplah menggunakan cincin Anda agar terlihat bagus. Tetapi usahakan rutin tiap minggu membersihkan perhiasan berlian Anda secara khusus agar tetap terawat dengan baik.

  • Rendam dalam air sabun

    Cara instan untuk membersihkan cincin Anda adalah rendam cincin anda dalam air hangat dengan sabun secukupnya selama 10 menit saja. Gosoklah secara lembut di cincin Anda kemudian kain lembut di bagian lingkar cincin.

    Sikat dengan lembut di bagian berliannya dengan sikat gigi bayi supaya tidak menimbulkan goresan. Bilas dengan air bersih, kemudian gunakan kain lembut khusus untuk perhiasan atau bisa juga kain lembut untuk membersihkan kacamatanya.

    Jangan gunakan tissue kertas karena dapat meninggalkan serpihan serat di cincin Anda. Bisa juga digunakan hair dryer dalam jarak tertentu (tidak terlalu dekat) agar dapat menghilangkan noda air.

  • Vodka/alkohol cair

    Jika Anda mempunyai vodka tidak ada salahnya mencoba cara ini. Rendamlah cincin Anda singkat saja sambil dibilas dengan air bersih. Keringkan dengan sebuah kain lembut, kemudian berlian Anda akan berkilau kembali.

  • Cek rutin

    Cobalah untuk mengecek cincin Anda jika ada waktu selo, kemudian perhatikan settingan ikat berliannya. Semisal Jika ada yang bergeser dsb. Silahkan melakukan servis ulang kembali.

  • Cleansing tools

    Gunakan beragam pembersih perhiasan yang bisa Anda didapatkan secara online ataupun di toko perhiasan. Bisa dalam bentuk clensing gel dan brush, atau kertas pembersih khusus (jewellery wipes),  dan kain khusus pembersih (polishing cloth) dan kuas pembersih.

Belajar tentang ciri ciri berlian asli itu cukup mudah bukan kalian pasti mengerti. Ciri ciri berlian asli itu cukup banyak bukan dan kalian dapat mengerti tentang cara merwat berlian.

Sekian ulasan yang bisa saya sampekan di sini, tentang ciri ciri berlian asli semoga dapat membantu Anda semua. Semoga ulasan tentang ciri ciri berlian asli ini bermanfaat bagi semua yang membaca artikel ini. Klok ada tutur kata yang salah mohon di maafkan cukup sekian dan terima kasih.

 

%d bloggers like this: