Ini dia cara mengatur uang bulanan yang hemat dan praktis yang bisa didapatkan dengan mengatur gaji selama satu bulan dengan benar. Anda bisa tahu apa saja yang menjadi kebutuhan anda setiap bulan, selain itu mengatur uang bulanan ini juga dapat membantu anda untuk menghemat uang, menabung, dan tentunya terhindar dari kegiatan konsumtif yang tidak ada manfaatnya.

Pastikan jika anda sudah membuat daftar belanjaan yang sesuai kebutuhan, misalnya kebutuhan mandi, makanan, dan bahkan tagihan atau cicilan setiap bulannya. Cara mengatur uang bulanan ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan siapa saja yang ingin hidupnya lebih teratur.

 

Cara Mengatur Uang Bulanan Agar Hemat

Dengan mengatur uang gaji selama sebulan agar tidak boros dengan cara membeli kebutuhan yang penting saja. Tidak berbelanja yang tidak perlu atau tidak berbelanja yang tidak  terlalu dibutuhkan. Sebelum pergi berbelanja bawalah uang yang sekira pas untuk membeli kebutuhan yang penting.

 

Berikut Cara Mengatur Uang Bulanan Untuk Kebutuhan Hidup Sebulan

  1. Bagi bagi gaji anda untuk kebutuhan prioritas
  2. Siapkan list belanjaan
  3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan
  4. Lunasi cicilan dan tagihan
  5. Buat dua rekening
  6. Tabung uang anda

Nah jika anda bisa hidup hemat, maka biaya hidup anda akan terasa lebih mudah karena sikap boros nantinya juga akan merugikan anda kedepannya. Semoga kamu bisa menghemat pengeluaran dengan mengatur gaji setiap bulannya agar tidak terlalu terberatkan dengan kebutuhan pokok dan kebutuhan penting kamu sehari hari.

 

Ini Dia Cara Untuk Menghemat Uang Agar Tidak Boros

1. Tidak Pernah Mencatat Pengeluaran

Cara mengatur uang bulanan ini hal yang sangat penting ketika sudah bekerja adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran yang kamu punya. Sama seperti perusahaan yang selalu dicatat segala pemasukan dan pengeluarannya, hal ini juga penting bagi kehidupan kamu dalam mengatur uang bulanan.

Ketika kamu mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa melihat ke catatan tersebut apa yang sudah kamu beli atau kemana uang kamu itu dihabiskan. Dan itu sangat penting ketika memiliki catatan keuangan pribadi. Selalu catat uang bulanan yang kamu dapatkan dan tulis pengeluaran kamu secara detil.

Dalam mengatur keuangan bulanan yang anda peroleh, anda perlu menjumlahkan semua pendapatan bersih setiap bulanannya.Setelah anda sudah mendapatkan jumlah pendapatan, maka anda harus membuat daftar prioritas yang tepat dari dana pendapatan bulanan yang anda miliki.

 

2. Susun Anggaran Keuangan

Apapun tindakan yang akan dilakukan di dalam keuangan, maka sangat penting untuk bisa memiliki sebuah anggaran keuangan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk melakukannya.Susunlah dengan sebuah anggaran keuangan yang tepat dan efektif, di mana semua pos yang terdapat di dalamnya benar-benar akan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan (gaji) yang dimiliki.

Jangan anda memaksakan sejumlah anggaran pengeluaran yang berlebihan, sehingga anda justru memangkas berbagai pos lain yang tidak kalah pentingnya di dalam keuangan. Akan sangat tepat jika anda membuat anggaran keuangan yang ketat, agar anda bisa menekan jumlah pengeluaran dengan seefektif mungkin.

 

3. Jalankan Anggaran dan Kendalikan Keuangan dengan Cerdas

Anggaran bukanlah sebuah rencana yang semata, di mana anda membuatnya dengan sangat menarik, namun menyimpannya tanpa pernah menjalankan sama sekali di dalam keuangan.

Anda harus berani dan bertindak untuk segera menjalankan anggaran tersebut di dalam keuangan, termasuk dengan sejumlah kebijakan yang memang dibutuhkan untuk dapat mengendalikan keuangan dengan tepat.

Gunakan cara dan berbagai perubahan yang dibutuhkan, sehingga anggaran tersebut benar-benar bisa berjalan baik dan memberikan dampak positif di dalam keuangan.

 

4. Menabung Di Celengan Toples

Ketika kecil dulu,kita sering menyisihkan uang dengan menabung di celengan berbentuk babi, ayam. Memang berbagai bentuk celengan itu dapat menarik untuk kita menabung. Tapi itu kan dulu waktu masih kecil.

Ada cara untuk mengatur uang bulanan ini agar lebih sering menabung di celengan. Kamu bisa menggunakan toples kaca tembus pandang. Lalu tabunglah uang 20ribuan saja. Jadi celengan itu memang hanya akan berisi uang 20ribuan saja. Kenapa? Karena warna uang 20ribu itu berwarna hijau yang secara tidak sadari mengundang minat kita untuk terus menabung.

Jadi, setiap kali kamu mendapat uang 20ribu, masukan langsung ke dalam celengan toples ini. Karena nominalnya cukup besar, dan tabungan ini dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada ketika kamu menyisihkan 1000 rupiah.

 

5. Membuka Rekening Tanpa ATM

Salah satu cara mengatur uang bulanan ini adalah membuka tabungan di bank. Ya, memang bank mempermudah cara kita untuk menabung dan melakukan transaksi belanja. Jika kamu sudah memiliki tabungan di salah satu bank, tidak ada salahnya untuk membuka rekening baru di bank lain tanpa ATM.

Kenapa harus tanpa ATM? Karena jika kita memiliki kartu ATM kita akan cenderung mudah mengakses uang di dalam tabungan kita. Meskipun sudah tidak ada uang cash di dalam dompet, kita masih bisa menggunakan ATM untuk mengambil uang. Karena itu sangat penting sekali untuk menghindarkan tabungan kita dari kemungkinan tersebut.

 

6. Menabung Sesuai Tanggal

  1. Dana donasi (zakat/perpuluhan)
  2. Dana investasi
  3. Uang tabungan
  4. Dana asuransi
  5. Dana pembayaran utang atau cicilan
  6. Biaya kebutuhan sehari-hari
  7. Dana entertainment

Anda juga dapat melakukan beberapa cara mengatur uang bulanan secara hemat untuk menekan dana kebutuhan tanpa membuat hidup Anda sengsara, diantaranya:

  1. Menyiapkan dan membawa bekal makanan snack dari rumah.
  2. Menggunakan kupon atau voucher potongan harga saat berbelanja.
  3. Menghemat energi, misalnya mematikan lampu saat tidak digunakan.
  4. Menggunakan se peda atau berjalan kaki untuk perjalanan pendek.
  5. Memilih bank sesuai kebutuhan.
  6. Menjaga kesehatan dan merawat diri sendiri.
  7. Menghindari kebiasaan buruk.
  8. Menjual barang bekas yang layak pakai.
  9. Membuat anggaran belanja setiap bulannya

 

Mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan-keinginan. Setelah anda sudah memperoleh sejumlah uang sebagai pendapatan anda setiap bulannya, anda perlu bijak dalam mengaturnya. Ketika anda tidak dapat mengatur, maka keuangan anda akan habis segera dengan pola hidup konsumtif dan hedonisme. Atur juga pola hidup sehat dan teratur sehingga anda memiliki gaya hidup yang sesuai dengan pendapatan yang sudah anda miliki.

 

7. Fokus Pada Kebutuhan Bukan Keinginan

Cara mengatur uang bulanan ini ditentukan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam sebulan, kalau perlu catat semuanya dan buat daftarnya, dan selalu utamakan kebutuhan yang berkelanjutan seperti biaya sewa indekos/apartemen/cicilan rumah, anggaran untuk kebutuhan makan dan transportasi, biaya listrik dan pulsa, dan berbagai kebutuhan lainnya yang memang harus dipenuhi.

Untuk mengatur uang bulanan anda harus hindari beragam keinginan yang sebenarnya tidak menjadi prioritas seperti keinginan untuk meminum kopi setiap hari, nongkrong, nonton bioskop, membeli pakaian bermerk, dan sebagainya.

 

8. Buat Skala Prioritas

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur uang bulanan adalah dengan membuat skala prioritas. Tulis semua kebutuhan yang terpenting secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya, jika anda memiliki tagihan, tulis seluruh tagihan yang dimiliki di prioritas utama. Dengan begitu, nantinya terlihat berapa banyak jumlah utang yang harus dibayarkan.

Misalnya, jika anda suka memiliki kebiasaan makan siang di kantin kantor, coba ubah kebiasaan tersebut dengan membawa bekal dari rumah. Tentunya hal ini sangat lebih menghemat pengeluaran sehari-harinya. Untuk transportasi, mungkin anda bisa mencari alternatif transportasi yang jauh lebih hemat. Maksimalkan anda untuk pengeluaran hanya memakan 40 persen dari pemasukan yang diterima.

 

9. Membuat Rencana Keuangan

Rencana untuk mengatur uang bulanan ini adalah hal yang penting agar tidak terjadi pemborosan dalam hidup. Jika sudah terdapat anggaran, tentu saja anda bisa mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas yang sudah ditentukan. Rencana anggaran ini meliputi pemasukan hingga pengeluaran.

Buatlah rencana anggaran tersebut setiap bulannya. Gunakan anggaran sebelumnya untuk lebih bisa memperketat anggaran keuangan di bulan berikutnya. Begitu, nantinya anda bisa menambah terus pundi-pundi tabungan.

 

Manfaat dari Hidup Hemat

Dengan cara mengatur uang bulanan ini hidup kita akan lebih hemat dan baik dilakukan. Sejak di bangku sekolah dan mungkin didalam keluarga, kita sudah diajarkan untuk hidup hemat. Namun apakah anda sudah menjalankannya dan tahu akan semua manfaat yang disebabkan dengan cara hidup hemat?

Jika anda sudah tahu dan kemudian menyadari betapa besar manfaat ini maka kami yakin anda akan bangun sendiri menanamkan prinsip hidup hemat di keseharian anda.

Pola hidup hemat akan menjadikan anda pribadi yang lebih matang dalam berfikir dan lebih berhati-hati dalam bertindak mengambil keputusan. Pola hidup hemat akan mengajarkan anda untuk lebih bijak dalam mengatur dan mengelola keuangan.

Tentunya tidak hanya itu, masih banyak manfaat dalam menjalani pola hidup hemat ini hingga kami membagi manfaat hidup hemat ke dalam tiga bagian besar berdasarkan orang yang menerima keuntungannya yaitu:

 

Manfaat untuk pribadi

  1. Terbebas dari perasaan khawatir akan masalah keuangan
  2. Memiliki dana cadangan untuk membangun masa depan karir anda nanti
  3. Sebagai Modal untuk berwirausaha
  4. Memiliki dana pensiun
  5. Tidak bergantung pada asuransi kesehatan
  6. Cadangan Investasi
  7. Sikap hemat menunjukkan pribadi yang lebih bertanggung jawab.
  8. Lebih sehat, karena kesempatan makan di luar rumah sangat terkontrol
  9. Lebih percaya diri dalam menghadapi masa depan

 

Manfaat untuk keluarga

  1. Memiliki dana untuk berlibur bersama keluarga
  2. Jaminan dana pendidikan anak
  3. Berjaga-jaga untuk keperluan darurat
  4. Menjadi teladan yang baik untuk keluarga

 

Manfaat untuk lingkungan

  1. Menghemat pengeluaran energi
  2. Tidak menumpuk barang yang tidak terpakai
  3. Menjauhkan diri dari pencurian

 

Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas

Dengan cara mengatur uang bulanan anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti: membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor.

Hal ini akan menjadi lebih hemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele yang tidak efisien. Simpan selisih uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan bila rumah anda dekat dengan tempat kerja, anda dapat mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri.

Demikian cara mengatur uang bulanan anda juga bisa baca 5 Tips Menabung Dirumah Agar Cepat Terkumpul Dan Untung Besar 

 

Ini Dia 5 Tips Menabung Dirumah Agar Cepat Terkumpul Dan Untung Besar

1. Buatlah Catatan Kebutuhan Belanja Anda Dalam Sebulan

Buatlah Catatan Kebutuhan Belanja Anda Dalam Sebulan

Yang kebiasaanya anda hanya membelanjakan sesuatu tanpa dicatat, kini anda wajib mempunyai catatan kebutuhan belanja dalam sebulan. Karena dengan itu, anda akan tahu apa saja yang biasa anda butuhkan dalam sebulan, dan anda pun juga akan lebih tahu apa saja yang anda belanjakan yang sebenarnya bukan termasuk kebutuhan anda.

Catatlah kebutuhan yang benar-benar anda perlukan selama sebulan, kalau ada beberapa catatan yang bukan kebutuhan anda sebaiknya tidak anda tulis, karena anda akan tahu sendiri itu hanya pemuas kebutuhan saja, alias pemborosan.

Tujuan dari membuat catatan ini adalah, anda akan lebih tahu dengan benar mana saja kebutuhan yang biasa anda belanjakan, selain itu anda bisa memonitor uang anda secara pasti jika adanya catatan ini.

 

2. Sisipkan Uang Anda Untuk Di Tabung Setiap Harinya

Sisipkan Uang Anda Untuk Di Tabung Setiap Harinya

Tips cara mengatur uang bulanan untuk menabung dirumah yang berikutnya adalah dengan menyisihkan uang anda karena dalam hal ini harus tahu berapa jumlah uang yang anda tabung di rumah, silahkan anda simpan beberapa potongan uang seperti “Rp. 5000,-“ hingga “Rp. 20.000,-“ untuk anda tabung.

Dan disini anda harus lebih konsisten untuk menyisihkan uang setiap harinya. Agar setiap bulannya anda dengan pasti tau jumlah tabungan anda dan dengan begitu anda juga lebih bijaksana untuk bisa menyisihkan uang sebelum anda menghabiskan untuk berbelanja.

 

3. Buatlah Tempat Menabung Anda Semenarik Mungkin

Buatlah Tempat Menabung Anda Semenarik Mungkin

Karena anda menabung di rumah, sudah pasti anda harus lebih mempunyai tempat untuk menyimpan uang anda nantinya.  Dalam membuat celengan itu, anda perlu mengeluarkan ide kreatif agar dapat menghasilkan celengan yang semenarik mungkin.

Contoh, anda harus mempunyai celengan yang berbentuk tabung yang terbuat dari plastik, anda bisa kreasikan dengan melapisi kain flannel yang anda bentuk sendiri dan kainnya sesuai imajinasi anda. Dengan hasil yang telah dibuat akan membuat anda puas dan bisa memotivasi anda untuk setiap kalinya anda menaruh uang didalamnya.

Bentuk ini adalah usaha kreatif yang dapat memicu semangat anda dalam menabung. Menabung  adalah kegiatan yang terlihat sangat mudah tapi sulit dilakukan jika tidak ada kemauan. Karena sebab itu anda harus membuat tempat tabungan di rumah dengan semenarik mungkin, juga bisa di tambahkan beberapa tulisan tujuan anda untuk menabung, yang secara tidak langsung adalah harapan anda mengapa harus menabung.

 

4. Belajar Membelanjakan Uang Dengan Benar

Belajar Membelanjakan Uang Dengan Benar

Bawalah uang secukupnya ketika anda berpergian, dengan membawa uang pas untuk berbelanja anda jauh lebih bisa menghemat, karena semakin anda membawa uang banyak di dalam dompet saat berpergian, daya tarik belanja dapat semakin meningkat.

Pilihlah barang yang kualitasnya sangat bagus dan harganya terjangkau, dan anda juga bisa memilih barang yang sedang ada diskon harganya, termasuk cara menghemat yang sangat ampuh.

 

5. Menentukan Target Tabungan Sendiri

Menentukan Target Tabungan Sendiri

Ketika kamu sudah dapat berhasil menyisihkan uang secara rutin, berarti saatnya kamu harus mempunyai target sendiri untuk membelanjakan uang yang sudah kamu kumpulkan sejak lama itu. Buatlah sebuah target yang bisa akan menjadi sebuah motivasi bagi dirimu sendri. Kalau tidak ada target atau hal yang kamu inginkan, buatlah impian mu apapun itu, agar kamu tau tolak ukur kesuksesan kamu dalam menabung.

Dan itulah 5 tips menabung dirumah agar cepat terkumpul dan untung besar yang saya berikan untuk anda yang berkeinginan mempunyai tabungan di rumah sendiri.

Keuntungan yang didapat saat menabung dirumah bisa anda rasakan, seperti lebih menghemat waktu dan biaya anda, mempelajari orang disekitar anda untuk bisa menabung di rumah, dapat memotivasikan diri jauh lebih giat menabung, dan dengan pasti anda akan bisa mengeceknya sendiri jumlah uang yang anda tabung.

%d bloggers like this: