Mengetahui cara menabung yang baik itu sangatlah penting.Menabung adalah suatu aktivitas dimana seseorang menyimpan uangnya baik di bank atau ditempat yang lainnya seperti jika seorang anak-anak ada yang menyimpan uangnya di sekolahnya atau bahkan ada di celengan sendiri.

Selain dikaitkan dengan menyimpan uang, menabung juga dapat dikatakan sebagai sarana untuk menyisihkan uang dari hasil pemasukan. Menyisihkan uang ini bertujuan dengan motif ekonomi yaitu berjaga-jaga dan juga tak kalah pentingnya adalah untuk menghemat.

Hal-hal lain dari pengertian menabung ini yaitu sebagai sarana untuk  pembelajaran khususnya bagi anak-anak, remaja dan bahkan juga untuk orang yang telah dewasa untuk bagaimana supaya pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan.

Cara Menabung yang Baik Agar Cepat Terkumpul

Cara Menabung yang Baik Agar Cepat Terkumpul

1. Berniat Menabung untuk Sekedar disimpan ataupun untuk Membeli Sesuatu

Modal awal untuk dapat mengamalkan cara menabung yang baik adalah dengan cara berniat, dengan cara ini kita akan lebih gampang dalam hal menyisihkan uang. Kita harus niatkan terlebih dahulu tujuannya, untuk apa kita menabung.

Jika ada sesuatu yang ingin untuk dibeli, maka kita harus berniat dan sungguh-sungguh. Dengan begitu menabung akan menjadi hal yang gampang dan tidaklah sulit. Karena dengan niat akan menghasilkan cara menabung yang baik dengan cepat dan itu sangat penting untuk kedepannya.

2. Siapkan Wadah Penyimpanan Uang Misalkan Celengan

Kita harus cari terlebih dahulu tempat yang cocok untuk kita menyimpan uang. Kita bisa memakai wadah sejenis Celengan/Toples/Botol Minuman. Dengan wadah inilah nantinya uang kita akan mudah untuk mengamalkan cara menabung yang baik dan uangpun akan tersimpan dengan aman.

Disarankan untuk memakai tempat yang transparan. Karena dengan wadah yang berbentuk transparan, kita dapat menyimpan uang sekaligus dapat untuk memperhatikannya. Karena billa semakin banyak uang didalam wadah yang transparan, itu akan membuat kita semakin bersemangat untuk menabung uang. Sehingga akan ada sedikit uang jajan yang bisa dihemat.

3. Jika Ingin Membeli Sesuatu Lebih Dari Satu, Carilah Wadah Untuk Menampung Uang Dari Setiap Keinginan Tersebut.

Jika kita ingin untuk membeli sesuatu lebih dari satu, maka kita haruslah menyiapkan wadah untuk menyimpan uang sesuai dengan keinginan kita tersebut.

Misalkan kita mengingginkan menabung untuk membeli HP, membeli laptop, atau untuk modal menikah. Maka kita haruslah menyiapkan wadah untuk setiap keinginan kita tersebut.

Cara ini memang cukup rumit tetapin cara ini juga termasuk cara menabung yang baik dan juga dapat membuat kalian menahan keinginan untuk membeli kebutuhan yang lainnya dan sulit untuk mengatur keuangan. Karena kita tentu tidak akan terfokus kepada satu keinginan saja, dan kemungkinan kita juga dapat gagal menabung.

4. Buatlah Daftar Kebutuhan Dan Pengeluaran

Cara ini dipakai untuk memantau aktivitas yang kita lakukan dengan uang yang kita miliki, sehingga setidaknya kita mempunyai sisa uang yang dapat disimpan untuk ditabung. Meskipun terlihat rumit, cara ini bisa dipakai untuk mengatasi lemahnya semangat menabung dan meski rumit cara ini adalah cara menabung yang baik.

Karena dengan adanya list kebutuhan dan pengeluaran, kita dapat melihat sesuatu yang sudah kita beli dan uang yang dikeluarkan. Bila mengeluarkan uang berlebihan dan kita melihat hasil list catatan pengeluaran, kita akan sadar dengan apa yang sudah kita perbuat bahwa menghabiskan seluruh uang itu tidaklah baik.

5. Jangan Terlalu Boros

Dalam hal menabung, cara menabung yang baik dengan cepat memakai tips ini bukanlah soal menahan untuk membeli sesuatu saja . Melainkan cara menabung yang baik dari penghasilan yang kita punya. Meskipun sulit untuk melakukan cara menabung yang baik dan menahan keinginan untuk melakukan pengeluaran yang berlebihan, tetapi kita harus tetap untuk mencobanya.

Kita masih dapat untuk membeli kebutuhan yang kita mau, tetapi dengan catatan kita dapat untuk menyimpan sedikit uang agar dapat untuk tersimpan. Dengan begitu,car menabung yang baik akan terus berjalan meski hanya sedikit.

6. Merenung Sejenak Dan Pikirkan Niat Awal Menabung

Cara ini dipakai jika kita telah melakukan pengeluaran yang banyak, sehingga kita malas untuk menabung lagi. Renungkanlah terlebih dahulu tentang niat untuk menabung, berfikirlah positif jika kita bisa menabung dan mendapatkan barang yang kita inginkan.

HP Baru, Laptop Baru,atau yang lainya. Bayangkan jika kita telah memiliki itu semua dengan uang yang kita tabung, bukankah kita akan sangat senang dan puas?.

Meskipun di dalam cara menabung yang baik memerlukan proses yang lama, itu tentu lebih baik. Karena hidup bukanlah tentang sekedar menikmati dunia, tetapi juga menikmati setiap proses yang ada didalamnya. Untuk itu, nikmatilah proses dan kita akan merasa senang dan bahagia.

7. Targetkan Jumlah Uang Yang Ingin Ditabung

Menabung bukanlah suatu paksaan, melainkan niat yang tulus dari diri sendiri dalam mencapai keinginan. Biasanya kita akan terlalu pusing memikirkan berapa banyak uang yang harus ditabung dan yang harus dipakai.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung. Sehingga kita masih mempunyai uang untuk dipakai  membeli kebutuhan yang lain meskipun saat dalam proses menghemat uang.

8. Bukalah Tabungan Rekening Bank

Untuk menabung melalui bank, biasanya kita haruslah mempunyai KTP dan sejumlah uang 500 ribu untuk membuka tabungan. Uang yang cukup banyak untuk memulai menabung dengan serius, karena dengan adanya tabungan di bank. Kita bisa menabung kapanpun dan mengambilnya setiap saat.

Dalam menabung di bank, tidaklah seperti menabung dirumah. Tentu kita harus mengumpulkan uang yang cukup terlebih dahulu dan barulah kita pergi ke bank. Tidak mungkin kita datang jauh-jauh ke bank tetapi hanya ingin menabung sejumlah uang sebesar 5 rb atau 20 rb rupiah.

Minimal uang yang ditabung adalah 100 rb atau 200 rb, sehingga kemungkinan kita akan dilayani dengan baik. Takutnya mereka malas untuk melayani kita bila kita datang menabung hanya dengan 5 rb rupiah.

9. Berjualan Pulsa

Selain menabung, kita juga dapat untuk sekalian berbisnis. Pulsa adalah kebutuhan semua orang, maka dari itu kemungkinan tinggi bisnis ini yaitu hal yang tepat untuk mengamalkan cara menabung yang baik dan sekalian berbisnis.

Berjualan pulsa adalah cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa ataupun pelajar. Dengan keuntungan yang didapat dari penjualan pulsa, kita dapat untuk menabung sedikit demi sedikit. Meskipun sedikit, kita haruslah selaulu teatp bersyukur.

10. Bekerja Keras

Bekerja keras adalah kunci utama dalam menabung, kita harus selalu berusaha keras untuk mendapatkan uang. Yang nantinya uang tersebut digunakan untuk ditabung. Seberapapun hasilnya, sisihkanlah untuk ditabung. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati hasil kerja keras.

Menabung adalah kegiatan yang sangat bermanfaat,dan untuk memudahkan kita untuk menabung kita juga harus mempelajari juga cara untuk menghemat uang agar kita dapat untuk menyisihkan uang tersebut untuk kita tabung.Ini lah cara mengemat yang baik dan bisa untuk anda pelajari.

Cara Menghemat Uang

Cara Menghemat Uang

1. Belajar Disiplin Untuk Mengatur Uang

Belajar mengatur keuangan itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan,tapi belajar mengatur keuangan hanya perlu memahami pemahaman dasar tentang istilah finansial. Ada baiknya anda mengetahui apa itu cash flow, ROI, IRA dan istilah lainya. Dengan pemahaman itu, kesadaran untuk hidup hemat  bisa menjadi lebih tinggi.

2. Membuat Rekening Alternatif

Sebenarnya, tidaklah sesulit yang di bayangkan untuk menyembunyikan uang. Cukup hanya dengan membuat rekening  alternatif tanpa akses kartu ATM.

Tiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan anda, segeralah transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif anda atau dengan aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tak repot untuk mengirim manual.

Supaya di saat uang di tabungan alternatif kita tak terpakai sama sekali.Itu juga merupakan tips menghemat uang yang bagus.

Print buku tabungan anda tiap 4-5 bulan sekali. Setiap kali anda menerima bonus, segeralah langsung menyetorkanya dan jika pendapatan bulanan anda naik,itu berarti nominal yang harus anda disetor harus naik pula.

3. Catat Pengeluaran dan Evaluasi Secara Berkala

Selain peduli dengan pendapatan, coba anda luangkan perhatian anda pada pengeluaran. Ambil kertas dan pensil, kemudian, catat semua pengeluaran anda dalam sebulan.

Coba analisa  semua pengeluaran anda dan cari tahu apakah ada sektor yang bisa anda ditekan atau hapus,karna tidaklah penting. Menekan pengeluaran bulanan adalah cara paling efektif untuk menghemat uang.

4. Cari Teman atau Anggota Keluarga yang Satu Visi

Agar jadi lebih semangat untuk berupaya menghemat pengeluaran, mintalah dukungan pada partner anda. Seorang ibu rumah tangga wajib untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk bisa merasakan hidup hemat. Dengan terlibatnya semua anggota keluarga, maka pengeluaran bulanan pasti akan lebih gampang dikendalikan.

5. Hindari Pembelian Mendadak

Janganlah membeli sesuatu secara mendadak atau di luar batas pos pengeluaran bulanan, apalagi barangnya tidak bersifat ‘wajib’. Mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidaklah penting itu adalah bagian dari pemborosan. Janganlah sampai anda mengambil keputusan yang nanti berujung pada penyesalan.

6. Bayar Tunai, Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Dampak positif adanya kartu kredit ialah jadi tak perlu bawa uang banyak,jadi kita juga tidak tergoda untuk berbuat boros dan melupakan tips menghemat uang yang saat ini kita jalani .

Tetapi bisa berdampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu hutang  si pemilik menumpuk pada bank akibat pemakaian tak terkendali.

Agar finansial anda tetap aman dan  terbebas dari virus kartu kredit, alangkah lebihbaiknya janganlah anda taruh kartu kredit anda di dompet.Dan bayarlah  segala sesuatu yang anda beli sebisa mungkin dengan uang tunai.Itu tips menghemat uang yang tepat dan mudah.

7. Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai

Anda mungkin sering kali tergoda untuk membeli suatu barang tertentu yang bukanlah bagian dari pos pengeluaran? Boleh saja, tapi pertimbangkanlah barang yang akan anda beli,antara kondisi barang yang bekas ataukah  baru.

Harga barang yang sudah bekas alias second akan jauh lebih murah dan lebih terjangkau, soal kualitas barang tentu tergantung pada ketelitian anda yang  pembeli saat mengambil keputusan.

8. Lawan Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Boros

Semua orang pastilah mempunyai kebiasaan buruk, tapi kebiasaan buruknya seseorang ada pula yang berdampak negatif pada keadaan finansialnya.

Coba saja pahami dan kenalilah diri anda sendiri, apakah anda punya kebiasaan buruk yang merugikan ?Seperti hobi nongkrong nongkrong di cafe atau suka beli beli barang yang tak penting?

Bila adnda bisa sukses untuk melawan kebiasaan kebiasaan buruk anda yang boros membeli membeli barang yang tidak penting maka anda sudah bisa menerapkan satu tips menghemat uang yang baik. Hidup hemat bukanlah sekedar omong kosong saja teman.

9. Potonglah Biaya Transportasi untuk Lebih Efisien

Seperti yang anda ketahui, biaya transportasi ialah  salah satu hal yang mempengarui pengeluaran yang lumayan tinggi.  Jika anda ingin lebih berhemat , pertimbangkanlah, pergilah ke kantor dengan naik sepeda atau biasakan anak anda jalan kaki ke sekolah.

Jika kebutuhanakan kendaraan bermotor tidak bisa diajak  berkompromi, alangakh lebih baiknya, naiklah sepeda motor ketimbang anda menaiki mobil karna dengan memakai motor tentu akan lebih mengirit unyuk pembelian bbm anda,dengan begitu anda sudah satu lagi menjalankan tips menghemat uang.

10. Jagalah Kesehatan, Sakit itu Mahal!

Menjaga kesehatan tubuh kita itu sangatlah penting,agar kita tidak mudah untuk jatuh sakit, apalagi biaya yang harus kita keluarkan bila kita sakit pati akan menguras dompet dan buku tabungan kita.

Oleh karena itu, rajinlah berolahraga, minum air putih yang cukup dan makanlah yang teratur. Ingat, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Terus sehat adalah cara yang sangat membantu kita dalam tips menghemat uang.Sehat, sangat membantu mencegah pengeluaran ekstra.

11. Tambahlah Sumber Penghasilan

Secara bertahap tambahlah pendapatan anda,menambah pendapatan  akan memberikan  lebih banyak pilihan untuk menjalani gaya hidup. Jika anda menjalani hidup sederhana, penghasilan tambahan/sampingan akan menambah pundi kekayaan yang anada miliki.

12.  Hindari Persaingan Gaya Hidup dengan Tetangga/Teman Kerja

Jika anda hidup dalam lingkungan komplek rumah mewah, atau lingkungan kerja yang sosialita secara tak langsung,hal ini bisa mempengaruhi Anda terbawa/ ingin bergaya hidup bersaing dengan tetangga atau teman kantor anda.

Hindarilah hal hal seperti ini dan ingat,persaingan gaya hidup tidaklah akan pernah mungkin habis dan justru pasti akan semakin membuat boros. Fokus dengan situasi dan diri sendiri saja, dan cobalah untuk melakukan hal yang lebih baik.

13. Jangan Membeli Barang yang Tidak mampu atau Tidak Dibutuhkan

Hanya karena toko menawarkan item untuk kredit tanpa bunga dan  uang muka yang ringan ,tidak berarti Anda harus membelinya bukan?  Belilah produk yang memang benar benar anda butuhkan atau anda memang mampu membelinya. Janganlah anda  tergoda dengan iklan, apalagi sampai berhutang dengan menggunsksn kartu kredit.

14. Berhati-hati dalam Bergaul, Pilih Teman yang Memang Satu Visi

Ada sebuah petuah yang berbunyi “Anda adalah rata-rata dari 5 orang yang ada di sekitar Anda.” Artinya jumlah kekayaan saat ini tidak berbeda jauh dengan rata-rata 5 orang di sekitar Anda.

Hal ini memberikan indikasi betapa pentingnya dalam memilih pergaullan. Jika bergaul dengan orang  sukses dalam mengelola keuangan, maka  anda juga akan tertular gaya hidup sukses dari orang yang anada gauli tersebut.

15. Selalu Lihat dan Bandingkan sebelum Membeli

Apakah Anda adalah orang yang boros jika berbelanja? Apalagi jika sampai mengeluarkan terlalu banyak uang hanya untuk berbelanja di sebuah online shope.  Jika memang iya, mulailah dari sekarang untuk selalu membandingkan harga dan kualitas  barang yang ingin anda beli.  Mengubah kebiasaan untuk cerdas dalam berbelanja  adalah langkah dasar tips menghemat uang.

16. Libatkan Seluruh Anda Keluarga untuk Berhemat

Berbicaralah dengan pasangan dan anak-anak tentang tujuan keuangan akan membantu kesuksesan dalam mewujudkan tujuan keuangan sesuai yang Anda impikan.

17. Hadiahi Diri Sendiri saat Sukses Melakukan Sesuatu

Ketika kita sudah mencapai pada penghematan sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau telah sukses terhadap sebuah pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri sebagai pemacu prestasi yang lebih baik lagi. Hadiah bisa dalam bentuk apa saja misalkan liburan atau membeli barang barang yang Anda inginkan.

18. Hargai Waktu

Waktu adalah uang, artinya setiap saat yang terbuang, Anda harus bisa memanfaatkannya menjadi uang, bisa dalam bentuk mencari pekerjaan sampingan atau yang lainnya.

19. Ketahui Seluruh Kebutuhan yang Harus Dipenuhi

Ini hanya untuk  memudahkan Anda dalam membagi pos-pos pengeluaran dalam rencana keuangan anda, agar ketika gaji telah diterima, Anda telah siap untuk membagi seluruh gaji anda kepada hal-hal yang tepat.

Prioritaskanlah kebutuhan yang paling mendesak agar tips menghemat uang anda tidak keteteran dan malah bisa memakan banyak biaya lebih jika tak segera diselesaikan, seperti misal membayar tagihan kartu kredit, tagihan listrik dan tagihan-tagihan yang lainnya.

20. Hemat Sistem Anggaran dengan Amplop

Sistem amplop merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memulai anggaran dengan cara mengambil seluruh pendapatan untuk bulan yang dimaksud dan membagi-baginya ke dalam berbagai kategori seperti makanan, bahan bakar, hiburan, dan pakaian.

Cara menabung yang baik tentu sangatlah bermanfaat bagi anda karna dengan menabung anda akan belajar juga untuk berhemat dengan menyisihkan uang yang anda miliki dan menabung juga adalah kegiatan yang membuat kita menjadi irit dan tidak boros.

Dan jika anda seorang gamers dan mungkin punya ketertarikan dengan game dengan menggunakan laptop anda mungkin tertarik dengan artikel kami yang lain laptop gaming termahal yang tentu menjadi idaman para gamers.Sekian terima kasih dan semoga bermanfaat teman.

 

%d bloggers like this: