Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara menabung di rumah dengan mudah. Menabung merupakan hal kecil yang mungkin dari sebagian kita orang yang suka beli barang apapun terasa susah dan sulit, karena banyak keinginan yang ingin kita beli dan terkadang juga menabung merupakan hal yang mudah. Sebenernya modal yang paling penting dan pertama untuk menabung yaitu niat.

Tetapi dengan mengikuti cara ini, kita dapat menabung dengan mudah dan tidak tergoda dengan apa yang akan kita beli. Selain menabung di bank, ternyata menabung di rumah bisa jadi sangat efektif dan sangat mudah kalau mengikuti cara menabung di rumah yang benar. Bicara tentang menabung di bank, semua sudah tahu bahwa menabung di bank berjalan sesuai sistem.

Tetapi terkadang menabung di bank muncul beberapa alasan diantaranya merasa malu saat menyetor ke bank karena jumlah nominal uang yang kecil, kemudian menabung di bank proses menyetor dan pengambilan tidak bisa kapan saja harus ke kantor banknya. Mungkin itu beberapa alasan mengapa orang sangat sulit untuk memulai menabung, dengan begitu mereka yang berkeinginan menabung jadi gak punya tabungan dan gagal menyisihkan uang untuk ditabung.

Sebenernya menabung memliliki banyak cara diantaranya menabung dirumah. Kemudian muncul dibenak kita bagaimana menabung di rumah agar mudah? apakah bisa? Jelas bisa, asalkan bisa bikin sistem sendiri. Banyak hal-hal kecil yang bisa kamu jadikan peluang menabung efektif untuk menyimpan dana tambahan, apalagi untuk keadaan mendesak. Mari simak cara menabung dirumah yang mudah :

1.Menabung dengan Menyisihkan Uang Jajan

Menabung dengan cara ini merupakan cara yang sesuai bagi kamu yang masih dibangku sekolah atau sedang kuliah, karena dengan menyisihkan uang jajan maka tidak akan terasa jika kita sedang menabung. Mulailah menabung dengan nominal yang sekiranya dapat konsisten atau mulai dengan nominal terkecil dahulu. Misalkan Rp2.000 per hari.

Tidak dapat kita pungkiri bayangkan jika kamu dapat konsisten menabung dengan menyisihkan uang jajan, nantinya tidak perlu meminta uang jajan ke orang tua lagi. Dengan uang Rp2000 tadi coba bayangkan jika terkumpul satu bulan berarti uang Rp2000 di kali dengan 30 sudah Rp60.000 karena dalam sebulan libur sekolah 4 hari maka Rp60.000 dikurangi Rp8.000 maka dalam sebulan sudah dapat menabung Rp52.000.

2. Menabung dengan Mengikuti Arisan

Arisan merupakan cara menabung di rumah yang sering dilakukan oleh ibu-ibu, tetapi dizaman sekarang tidak hanya ibu-ibu yang melakukan cara menabung dengan cara arisan. Banyak anak-anak sekolah yang melakukan arisan ini, jadi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa arisan merupakan cara yang sangat simple dilakukan karena sistemnya yang sangat efektif.

Cara kerja arisan sangat sederhana dan simple yaitu kamu diharuskan menyetor uang secara rutin kepada orang yang bertugas mengumpulkan uang dan menyetor uang sesuai dengan nominal yang sudah disepakati bersama. Saatnya waktu pengocokan arisan, para peserta diharuskan berkumpul.

Karena dalam kocokan tersebut terdapat seluruh peserta, maka nama yang keluar akan mendapatkan semua uang yang sudah disetorkan oleh seluruh peserta. Begitupun seterusnya. Dapat disimpulkan bahwa melalui arisan kita dituntut untuk menabung dirumah secara rutin dan menyenangkan.

3. Menabung dengan Uang Receh

Terkadang kita menganggap uang receh itu seperti uang yang paling kecil dan terkadang dibiarkan bergeletakkan. Jangan salah uang receh itu bernilai kecil tetapi uang receh bisa bernilai besar jika di kumpulkan, seperti pepatah berbunyi “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Itulah yang terjadi jika anda ingin menabung yang receh, daripada bergeletakkan dan tak sengaja dibuang.

Cobalah mulai dari sekarang biasakan kumpulkan uang receh itu di suatu wadah, disarankan diwadah yang bening agar kamu dapat termotivasi melihat perkembangannya, tidak lupa juga wadah tersebut disimpan ditempat yang aman agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan yaitu pencurian. Sebenarnya tidak susah melakukan cara ini asalkan kamu ada niat, sebagaimana contoh kamu sedang membeli suatu barang dan kadang ada uang kembalian, maka dari situ uang receh dari uang kembalian itu bisa kamu kumpulkan sedikit demi sedikit.

4. Menabung dengan menaikkan nominal

Mungkin cara ini merupakan cara yang lumayan sulit tetapi tidak terlalu susah juga karena cara ini merupakan cara  menabung di rumah yang cocok untuk kamu yang awalnya nabung dengan nominal kecil dan terbukti konsisten. Misalanya kamu yang biasanya nabung dengan nominal uang Rp2.000 per hari karena sudah terbukti konsisten dan rutin maka dapat menaikkan nominal uang mulai dari Rp5.000, Rp10.000 dan seterusnya.

Setiap kali kamu memiliki uang dengan nominal tersebut, sisihkan dan masukkan di celengan atau wadah yang sudah dipersiapkan. Nah, pas di akhir bulan, kamu bisa menyetornya di tabungan rekening agar lebih aman. Gak hanya lebih asik, menabung dengan metode ini juga gak akan kerasa lho. Tahu-tahu tabunganmu sudah banyak saja dan siap digunakan untuk keperluan yang sekiranya perlu banget.

5. Menabung dengan tanggal terbalik

Apa maksud dari menabung dengan tanggal terbalik? Mungkin belum terlintas di pikiran kita, apa itu menabung dengan tanggal terbalik. Menabung dengan uang terbalik merupakan cara menabung yang cocok bagi kamu yang mahasiswa atau yang sudah mendapatkan penghasilan, mungkin karena masih sulit mengatur keuangan bulanan.

Atau mungkin juga karena awal bulan kita mendapatkan uang jajan dari orang tau atau mendapatkan gaji, biasanya diawal bulan itu ingin membeli semua barang yang ingin dibeli, terkadang diakhir bulan kita bakal kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan harian. Sesuai dengan namanya, yaitu tanggal terbalik maka km menabung dengan nominal besar diawal bulan dan semakin sedikit menjelang akhir bulan.

Misalnya kamu menabung uang diawal bulan sebesar Rp30.000 kemudian ditanggal berikutnya dikurangi Rp1.000 menjadi Rp29.000, kemudian Rp28.000 dan seterusnya sampai akhir bulan. Maka uang yang terkumpul dapat kamu gunakan sebagai ganjalan bila diakhir bulan kamu kekurangan dana untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi sarannya jangan digunakan terlebih dahulu jika tidak terlalu mendesak, simpan dahulu sampai uangnya terkumpul banyak.

6. Menabung sesuai dengan tanggal

Cara ini merupakan cara menabung di rumah yang prinsipnya hampir sama dengan menabung dengan tanggal terbalik hanya saja cara ini nominal uang yang ditabung sesuai dengan tanggalnya. Misalnya tanggal 1 menabung dengan nominal Rp1.000, kemudian selanjutnya tanggal 2 menabung dengan nominal Rp2000 dan seterusnya.

Jumlah uang yang terkumpul juga nantinya hampir sama dengan menabung uang dengan tanggal terbalik. Tetapi cara ini kurang disarankan buat mahasiswa karena biasanya mahasiswa mendapat uang jajan diawal bulan.

7. Menabung dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan diawal bulan

Mungkin banyak dari kita masih salah kaprah dengan metode menabung. Beberapa dari kita masih memilih untuk menyisakan uangnya di akhir bulan daripada menyisihkannya di awal bulan. Caranya, dengan menentukan nominal tertentu untuk disisihkan di awal bulan. Dengan begitu, niat nabungmu bisa terlaksana dengan konsisten dan tidak berhenti ditengah jalan.

Karena uang yang digunakan untuk menabung pada dasarnya didapatkan dari pemasukan setelah digunakan untuk pengeluaran. Dengan memiliki pencatatan keuangan yang jelas dan akurat, kamu bisa mengalokasikan anggaran untuk menabung. Mulailah dengan mencatatkan pemasukan rutin-mu setiap bulan seperti gaji, pekerjaan sampingan, komisi penjualan, keuntungan bisnis, atau pemasukan lain yang didapatkan setiap bulannya.

Jika kamu memiliki penghasilan yang sekiranya tidak tetap, kamu bisa memberikan nilai rata-rata yang cukup stabil sebagai estimasi. Gaji kecil bukanlah alasan untuk tidak menabung, justru perlu dijadikan dorongan yang memacu kamu untuk menabung lebih banyak. Setelah mencatat pemasukan, kemudian mencatat pengeluaran bulanan dengan sedetail mungkin.

Kamu bisa mencari kembali rekam dari pengeluaran seperti tagihan kartu kredit, bukti transfer, atau nota belanja yang kamu simpan. Cara menabung dirumah ini cocok bagi kamu yang sudah mendapatkan pendapatan, karena biasanya diawal bulan kamu medapatkan gaji dari pekerjaan kamu.

Misalkan kamu bisa menyisihkan 15% – 30% dari pendapatan untuk ditabung, dengan begitu kamu dapat membatasi pengeluaran setiap bulannya agar terhindar dari hal kekurangan dana di akhir bulan dan menghindari hal-hal atau pengeluaran yang sekiranya tidak perlu maka diperlukan mengetahui berapa total penghasilan dan pengeluaran sehari-harinya.

8. Mementingkan barang yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan.

Menabung merupakan cara seseorang untuk menyimpan uang, tetapi dengan cara mementingkan barang yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan maka kamu sudah termasuk orang yang menabung karena kamu menyimpan uang itu untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan bukan hanya barang yang diinginkan. Karena keinginan bisa ditunda, atau bahkan digantikan dengan keinginan yang lebih besar (seperti tujuan keuangan kamu).

Namun, kebutuhan tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diatur atau dibatasi. Karena tidak semua sesuatu yang diinginkan memiliki prioritas yang sama. Sikap jujur pada diri sendiri dalam memberikan penilaian dan memilih sesuai dengan kebutuhan yang sangat penting.

Sebagaimana contoh jika saat ini handphone kamu masih bisa digunakan, mungkin lebih penting untuk membeli laptop dan menunjang produktivitas. Jika kamu tidak mengalami kendala selama ini untuk beraktivitas dengan kendaraan umum, mungkin belum mendesak untuk membeli motor atau mobil. Bagi kamu yang mempunyai pekerjaaan dan memiliki gaji yang tidak terlalu besar atau bisa dibilang mepet yaitu dengan mengikuti cara menabung di rumag ini kamu dapat membatasi pengeluaran dan menerapkan gaya hidup hemat.

Kamu bisa mulai hidup hemat dengan mengubah gaya hidup yang biasanya dilakukan. Misalnya jika Anda memiliki kebiasaan ngopi di cafe setiap hari, maka kamu bisa mengurangi intensitasnya menjadi seminggu sekali, ataupun sebulan sekali yang penting sudah diatur, jangan terlalu sering karena akan membuat kamu boros pengeluaran. Selain itu, kamu juga bisa menyusun skala prioritas kebutuhan.

Urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan kamu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung. kamu dapat melihat bahwa tabungan dan investasi memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar cicilan dan pengeluaran atas kebutuhan lainnya. Penuhi terlebih dahulu kebutuhan primer, lalu ke kebutuhan sekunder.

Untuk kebutuhan yang sifatnya tersier, Anda bisa menahannya atau menundanya terlebih dahulu sehingga jumlah uang yang ditabung bisa semakin banyak.

9. Memindahkan uang tabungan dirumah ke Bank

Menabung dirumah merupakan jembatan sebelum uang masuk ke bank untuk ditabung lagi. Mungkin menabung dirumah sudah cukup tetapi bagi kamu yang uang tabungan semakin banyak maka lebih baik ditabung ke Bank, karena tentunya dengan menabung di bank uang tabungannya lebih aman. Terlebih jika kamu termasuk orang yang boros maka uang akan cepat habis, karena untuk menghindari permasalahan seperti itu maka perlunya uang yang sudah terkumpul banyak dirumah disetor ke bank untuk di tabung lagi disana.

10. Menabung dengan membeli barang aset

Bila kamu sudah mempunyai uang yang bisa ditabung, sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Mengapa harus investasi? Menabung memang membawa untung karena ia bisa dijadikan dana darurat, dimana begitu kamu butuh, kamu bisa menarik uang kapan saja dari tabungan. Menabung juga bisa membantu kamu memenuhi setiap kebutuhan sesuai nominalnya.

Sebaliknya, bila hanya bergantung pada tabungan saja, yang ada uang kamu malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit tanpa kita sadari jika dilakukan menabung di bank. Cara menabung dirumah selanjutnya adalah dengan menjadikan uang tabungan kamu itu sebagai aset riil, misalnya seperti emas.

Hal ini dapat dimaksudkan agar kamu lebih mudah mengontrol keinginan kamu untuk membeli suatu barang atau keperluan lain yang sekiranya kurang mendesak, karena dengan menjadikan tabungan kamu berbentuk emas, kamu tidak akan dengan mudah mengambil uang tersebut. Karena biasanya orang akan mudah tergiur jika tabungan kamu masih berbentuk uang.

Jadi menjadikan tabungan sebagai emas merupakan langkah yang sangat efektif. Jadi, dengan cara ini kamu akan bisa terus menabung tanpa takut terpakai uangnya. Mulailah dengan membeli emas yang kecil atau yang sekiranya mampu saja. Kami sarankan untuk memilih yang berkadar 50 saja daripada yang 75. Alasannya, kadar 50 tidak membuang uang terlalu banyak ketika dijual lagi.

Tidak dengan emas kadar 75 yang memangkas cukup banyak rupiah apabila dijual lagi. Setelah beberapa gram terkumpul, jual kembali perhiasan emas tersebut dan belilah emas batang atau logam mulia. Suatu saat, logam emas mulia ini nilai jualnya akan naik dan mendatangkan keuntungan sendiri. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa selain menabung, kamu bisa berinvestasi menggunakan emas tersebut.

Dengan kamu berinvestasi, kamu bisa lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang ingin diraih di masa depan seperti membeli rumah, membeli kendaraan yang menunjang pekerjaan, ataupun mempersiapkan dana pensiun sendiri. Karena berinvestasi itu mudah dan tidak mahal, asalkan dapat berkomitmen. Itulah cara menabung dirumah dengan mudah yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang.

Apabila selama prosesnya kamu mengalami satu atau beberapa kendala (karena menabung itu memang susah), coba gunakan salah satu dari beberapa cara manabung di rumah yang sudah saya paparkan diatas yang menurut kamu sesuai dengan kepribadian kamu. Dari menabung ini komitmenmu benar-benar diuji, jangan sampai kamu lengah di tengah jalan, selalu ingatlah tujuanmu yang akan diraih di masa depan kelak.

Selain itu, lakukanlah menabung dengan rutin dan disiplin. Tidak peduli seberapa besar setoran tabunganmu, jika tak disiplin akhirnya pun gak akan maksimal dan bisa jadi berhenti ditengah jalan. Cermat dan bijaksana dalam menghabiskan uang agar masih ada tabungan di masa depan, tetapi jangan lupa juga untuk bersenang-senang. Jangan sampai kamu dengan menabung ini menjadi stres dan malah tidak bisa menikmati hasil jerih payah kamu sama sekali ya.

Intinya, selalu perhatikan arus pengeluaran dan pemasukan uang, kamu menghabiskan uang untuk apa saja, dan jangan lupa untuk investasi agar tetap memiliki aset di masa depan. Demikian artikel cara menabung dirumah yang mudah dan sederhana, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

× Whatsapp Kami!
%d bloggers like this: