Kecanggihan teknologi sekarang ini tentu membuat kita menjadi boros bukan?tentunya cara hidup hemat sangatlah penting,hal tersebut kerap menjadi media alternatif para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya.

Mereka juga tak kehabisan ide untuk berusaha mendekatkan diri dengan para calon konsumen dengan cara memiliki berbagai akun sosial media yang kini tengah menjadi pusat perhatian di kalangan anak muda, terutama di Indonesia.

Hal ini tentu sama-sama mempermudah kedua pihak, baik dari para penjual maupun calon konsumen. Para pemilik produk menjadi lebih mudah untuk menawarkan produknya disertai dengan informasi detail mengenai produk, cara pemesanan, hingga cara pembayaran yang menggunakan metode transfer antar bank.

Konsumen akan menerima informasi dengan cara lebih gampang dan fleksibel karena tak perlu untuk mengunjungi toko konvensionalnya sehingga dapat untuk menghemat lebih banyak waktu dan biaya.

 Cara Hidup Hemat yang Dapat Anda Lakukan

 

1. Prioritas: Kebutuhan dan keinginan

Hal ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh dalam menekan pengeluaran Anda. Jadwalkan belanja anda dengan daftar yang pasti akan digunakan setiap bulannya. Janganlah anda memasukkan barang atau hal-hal yang hanya bersifat keinginan anda ke dalam daftar prioritas.

Ingat, Anda dapat untuk hidup tanpa harus nonton film di bioskop satu bulan sekali, tapi Anda tidak akan bisa untuk hidup dengan hanya makan satu bulan sekali, juga minum satu bulan sekali,dan mencuci baju satu bulan sekali. Sudah jelas perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanyalah untuk kepuasan sementara.

2. Pengeluaran < Pendapatan

Merasa pengeluaran Anda taklah seberapa? Kalau begitu jelas Anda tidak diperkenankan untuk secara semena-mena menghambur-hamburkan uang demi kepentingan yang sifatnya sebuah keinginan, bukan keperluan.

Usahakan Anda tidak berhutang untuk memenuhi kebutuhan anda yang setiap waktunya bisa mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Dilihat dari aspek psikologis, kebiasaan berhutang juga sangat tidak baik karena menimbulkan perasaan yang tidak tenang, selalu cemas, serta gelisah di setiap waktu.

3. Menjaga Kesehatan

Salah satu cara hidup hemat yaitu dengan senantiasa menjaga kesehatan. Lalu, apa hubungannya kesehatan dengan cara hidup hemat? Pola hidup sehat akan meminimalisir Anda untuk terkena penyakit yang harus membutuhkan bantuan dokter untuk menanganinya. Jelas ketika Anda memakai jasa dokter Anda akan membutuhkan uang yang jumlahnya relatif tidak sedikit.

Hal ini akan berpengaruh di jumlah pengeluaran Anda yang dapat menjadi lebih tinggi daripada pendapatan Anda setiap bulannya. Ketika hal itu menjadi sebuah kebiasaan, pada akhirnya Anda sendiri akan selalu merasa kekurangan untuk memenuhi hal-hal yang bersifat memanglah sebuah kebutuhan.

4. Bijak Dalam Berbelanja

Tentu saja Anda menyadari bila Anda lebih menyukai belanja di supermarket yang terkenal bersih dan sejuk bukan? Mereka juga memakai jasa pemasaran yang selalu dapat untuk mengundang Anda untuk masuk dan ingin berbelanja di toko mereka dengan teknik-teknik tersendiri.

Jika Anda telah masuk dalam sebuah toko, kecenderungan Anda membeli barang-barang yang bukan untuk kebutuhan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

5. Fasilitas Berlibur Murah  

Setiap orang pasti membutuhkan rekreasi untuk refreshing dari kepenatan bekerja. Akan tetapi, perhatikan bahwa pengeluaran Anda untuk berlibur tidak perlu mencapai angka fantastis. Ingat, Anda tentu berlibur untuk melepas kepenatan Anda dari rutinitas bekerja bukan, dan tentu bukan untuk menambah beban dan masalah pada finansial akibat karena tidak selektif untuk memilih fasilitas berlibur.

Anda bisa berhemat ketika berlibur dengan membeli tiket penerbangan dengan harga promo, hotel yang tidak perlu berbintang lima, menggunakan kartu kredit khusus treveling, atau bahkan Anda tidak perlu mengharuskan diri berlibur hingga ke luar negeri. Jangan memaksakan hal yang Anda rasa tidak mampu dan tidak perlu.

6. Membawa Bekal  

Kebiasaan satu ini juga akan mengantarkan Anda sebagai pribadi yang mempunyai prinsip cara hidup hemat. Hemat pangkal kaya dan hal ini haruslah dimulai dari kebiasaan kebiasaan kecil. Bawalah selalu bekal dari rumah daripada Anda membeli makanan di luar (yang biasanya dijual dengan harga yang dipatok jika dihitung hingga lima kali lipat). Selain bisa menghemat pengeluaran Anda, membawa bekal dari rumah lebih jelas kebersihan dan gizinya.

7. Membeli barang-barang Investasi

Anda merasa mempunyai uang lebih dan menyadari Anda tidaklah cukup ‘kuat’ untuk membawa banyak dana? Jika memanglah begitu, Anda dapat mengalihkan dana cair yang Anda miliki menjadi bentuk barang yang mempunyai nilai investasi seperti emas dan tanah.

Dua barang ini adalah contoh barang investasi dengan kemungkinan untuk rugi yang sangatlah kecil dan jarang untuk mengalami penurunan nilai, apalagi dengan harga tanah. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperkecil jumlah dana cair yang siap untuk anda pakai dan berpotensi bisa langsung untuk dibelanjakan.

8. Go Green

Sikap ramah terhadap lingkungan juga dapat menyelamatkan Anda dari belenggu berhutang dan menumbuhkan sikap hemat dalam kehidupan Anda. Bagaimanakah caranya? Terapkanlah di dalam kehidupan Anda sehari-hari seperti menghemat penggunaan daya listrik (mematikan saklar ketika lampu tak sedang dipakai lagi), menghemat penggunaan air, memakai kendaraan sepeda untuk pergi ke tujuan yang berjarak kurang dari 5 kilometer dari rumah. Sikap-sikap yang turut serta membantu pelestarian bumi ini juga turut untuk membantu Anda merealisasikan cara hidup hemat.

9. Jangan Meremehkan Uang Receh

Tetapi Anda tidak pernah tahu bukan bahwa kumpulan uang receh ini dapat menjadi besar nominalnya dan mungkin bisa menyelamatkan Anda di saat-saat terdesak.

Hindari kebiasaan untuk langsung ‘mengamalkan’ uang receh setiap kali menerimanya sebagai uang kembalian. Lebih baik kumpulkan saja uang receh tersebut dalam satu tempat tertentu seperti misal sebuah toples dan ketika dirasa sudah cukup banyak, tukarkan uang receh tersebut dengan uang kertas yang nominalnya sama.

10. Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Meski misalkan Anda berpenghasilan 10 juta ke atas setiap bulannya, hal tersebut tak akan menjamin Anda untuk selalu menjadi orang yang  kaya. Orang yang dianggap kaya dapat menjadi kaya karena ketekunannya di dalam mengumpulkan pundi-pundi uang lewat kerja keras mereka dan mereka juga sangat menjaga pendapatan mereka dengan selektif dalam hal pengeluaran.

Pola cara hidup hemat merupakan cara yang paling ampuh dalam mempertahankan kekayaan yang anda miliki sekaligus menjadi pola hidup terbaik yang sangat cocok dengan cara hidup hemat.

11. Disiplin Dalam Menabung

Kebiasaan disiplin dalam menabung adalah sikap yang bersifat wajib dalam mewujudkan pola cara hidup hemat. Anda mungkin mempunyai keinginan untuk aman secara keadaan finansial saat pensiun dari pekerjaan Anda sekarang bukan, tapi Anda tidaklah disiplin untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk periode yang sudah Anda tetapkan sendiri. Jelas kemungkinan keamanan keadaan finansial Anda di usia senja tentu lebih rentan.

Manfaat dari Hidup Hemat

Manfaat dari Hidup Hemat

Banyak orang setuju bahwa cara hidup hemat itu baik untuk dilakukan. Dari di bangku sekolah dan mungkin dalam keluarga, kita telah diajarkan untuk hidup dengan berhemat.

Namun apakah Anda telah menjalankannya dan tahu akan semua kegunaan yang disebabkan dengan cara hidup hemat? Jika Anda telah tahu dan kemudian menyadari betapa besar kegunaan ini maka kami yakin bahwa Anda akan dengan sendirinya menanamkan prinsip cara hidup hemat di keseharian Anda.

Pola cara hidup hemat akan menjadikan Anda pribadi yang lebih matang dalam pemikiran dan lebih berhati-hati dalam bertindak atau mengambil keputusan. Pola cara hidup hemat akan mengajarkan Anda untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan.

Tentunya tidak hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan dalam menjalani pola hidup hemat ini hingga kami membagi manfaat hidup berhemat ke dalam tiga bagian besar berdasarkan orang menerima keuntungannya.

Kegunaan untuk pribadi

  • Terbebas dari perasaan khawatir tentang masalah keuangan
  • Memiliki dana cadangan untuk membangun masa depan karir Anda
  • Untuk Modal untuk berwirausaha
  • Mempunyai dana pensiun
  • Tak bergantung dengan asuransi kesehatan
  • Untuk Cadangan Investasi
  • Sikap cara hidup hemat menunjukkan pribadi yang lebih bertanggung jawab.
  • Lebih sehat, karna kesempatan makan di luar rumah lebih terkontrol
  • Lebih merasa percaya diri dalam menghadapi masa depan

Manfaat untuk keluarga

  • Mempunyai dana untuk berlibur bersama keluarga
  • Jaminan dana pendidikan untuk anak
  • Berjaga-jaga untuk keperluan yang darurat
  • Menjadi contoh yang baik untuk keluarga

Manfaat untuk lingkungan

  • Untuk Menghemat pengeluaran energi
  • Tak menumpuk barang yang tak terpakai
  • Menjauhkan diri dari kejahatan   juipencurian

Bagaimana Cara Hidup Hemat yang Benar? 

Bagaimana Cara Hidup Hemat yang Benar?

Jika Anda ingin mengelola masalah keuangan atau finansial Anda menjadi lebih baik, maka Anda perlu menerapkan pola hidup hemat. Menjadi lebih baik disini yang dimaksud yaitu keadaan keuangan Anda lebih tertata, sesuai dengan ekspektasi rencana keuangan, serta pengaturan dana investasi keuangan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pola hidup hemat perlu Anda terapkan sejak dini, dapat pula Anda ajarkan kepada anak Anda sejak masih usia belia. Jadi misalnya dengan cara hidup hemat menabung, tidak menghabiskan keseluruhan uang jajan. Hal kecil semacam itu akan membentuk pribadi dan sifat hemat anak Anda secara tidak langsung dan akan terus berlanjut sampai pada saat anak Anda sudah dewasa nanti.

1. Buat Prioritas Kebutuhan dan Pengeluaran, Bedakan Mana Kebutuhan Mana Keinginan

Anda perlu untuk menjadwalkan, misalnya satu bulan sekali untuk menulis list atau daftar keperluan Anda dalam satu bulan. Pastikan untuk memisahkan mana kebutuhan yang bersifat urgent atau mendesak, dan mana kebutuhan yang bersifat kewajiban seperti misal membayar biaya sekolah anak, biaya untuk kebutuhan operasional bulanan rumah tangga, serta kemudian list kebutuhan yang memiliki sekunder atau rekreasi.

Jadi misalnya Anda per bulan harus membayar cicilan mobil, maka Anda harus menempatkannya dalam urutan prioritas setiap bulannya. Tambahkan lagi dengan tabungan dana pendidikan, kesehatan, asuransi, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Jika ada telah membuat list kebutuhan primer tersebut, maka selanjutnya Anda bisa mempergunakan uang Anda untuk kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder disini akan banyak sekali macamnya. Misalnya Anda ingin rekreasi, membeli baju, sepatu, mainan untuk anak, dan lain sebagainya.

Kebutuhan sekunder bisa digolongkan ke kebutuhan yang bersifat keinginan. Maksudnya adalah, jika tidak dilakukan atau dilaksanakan tidak akan berimbas atau memberikan dampak yang besar pada keberlangsungan hidup Anda.

Sebaliknya bila dilakukan akan memberikan dampak kesenangan, kepuasan tersendiri, serta aspek psikologis individu yang lainnya. Maka bila Anda ingin mengelola keuangan serta menerapkan cara hidup hemat, Anda perlu untuk menyusun skala prioritas kebutuhan dan kewajiban serta menyusun list kebutuhan sekunder atau keinginan pribadi Anda.

2. Pastikan Pengeluaran Lebih Kecil dari Pendapatan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda harus mempunyai daftar kebutuhan primer atau kewajiban serta kebutuhan sekunder. Ada baiknya bila menjumlahkan semua pengeluaran-pengeluaran anda tersebut. Misalnya kebutuhan primer cicilan rumah dan cicilan mobil serta biaya-biaya yang lainnya.

Lalu tambahkan dengan budget kebutuhan sekunder Anda yakni misalnya kebutuhan untuk jalan-jalan dan untuk berbelanja. Usahakan semua pengeluaran Anda tetap berada di bawah jumlah pendapatan Anda di setiap bulannya.

Jangan sampai terjadi jumlah pengeluaran Anda jauh lebih besar dari pendapatan yang anda dapatkan. Hal ini tentu akan menyebabkan Anda berhutang untuk menutupi kekurangan kebutuhan anda tersebut. Dan berhutang sangat tidak dianjurkan karena Anda bisa mendapat masalah seperti terlilit hutang, serta beban kewajiban setiap bulannya yang malah akan semakin bertambah.

Dari sisi psikologis, hal ini tentu kurang baik untuk Anda. Karena dengan berhutang, akan menimbulkan perasaaan tidak tenang serta cemas dan gelisah. Akan lebih baik bila Anda meminimalisir jumlah hutang dalam kehidupan finansial Anda. Dan akan lebih baik lagi bila Anda tak perlu berhutang. Yaitu caranya dengan menekan jumlah pengeluaran Anda dan memastikan jumlah pengeluaran anda tersebut lebih kecil daripada jumlah pendapatan Anda di setiap bulannya.

3. Menjaga Kesehatan Menghemat Biaya Berobat

Ada pepatah yang mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Pepatah tersebut sangat dianjurkan untuk Anda bila ingin menghemat pengeluaran Anda. Anda dapat menerapkan cara hidup hemat dengan cara menjaga kesehatan Anda.

Yang perlu Anda lakukan yaitu menjaga kesehatan Anda. Bagaimanakah caranya? Anda bisa memulai hidup sehat dengan cara pola makan dengan teratur, jenis makanan yang sehat dan juga bergizi, serta memperbanyak kegiatan olah raga, bahkan dengan olah raga ringan sekalipun. Biasakan cara hidup sehat seperti ini setiap harinya. Hal ini akan sia-sial jika Anda melakukannya secara setengah-setengah yakni  tidak malukannya setiap hari secara berlanjut.

Pola cara hidup sehat sebenarnya cukup gampang untuk dilakukan, seperti jangan lupa makan buah serta memperbanyak untuk minum air putih. Dan jika Anda kesulitan untuk berolah raga di gym serta membayar mahal, Anda bisa berolah raga secara murah dengan cara berlari-lari kecil keliling komplek perumahan Anda ataupun bersepeda.

Murah dan manfaatnya sama bahkan cenderung lebih bagus untuk kesehatan Anda. Atau jika Anda merupakan orang dengan jiwa petualang yang besar, Anda dapat mendaki gunung sembari berolah raga Anda juga dapat sekaligus liburan atau jalan-jalan. Bila kita mau menerapkan pola cara hidup sehat, sebenarnya tak akan menghabiskan dana Anda dengan jumlah yang cukup besar.

Cara hidup hemat adalah kegiatan yang sangat bermanfaat jika kegiatan itu diterapkan pada keseharian anda karna dengan anda menerapkan cara hidup hemat anda bisa mengatur bagaimana cara mengatur dan mengelola pendapatan dan juga pengeluaran anda.Dan bila anda ingin lebih hidup nyaman lagi anda bisa belajar cara investasi reksadana untuk berinvestasi.Sekian semoga bermanfaat.

%d bloggers like this: