Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung ada diantara yang berfikir bahwa usaha menjanjikan orang yang bertempat tinggal dikota. Ternyata tidak, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di desa juga. Buktinya banyak orang yang sukses bisnis usaha yang menjanjikan di desa yang bisa kita baca dari berbagai media.

Pendapat yang mengatakan peluang di kota itu lebih baik ada benar dan ada juga tidak. Jika untuk mengejar ke jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar. Karena biasanya perusahaan bisnis besar dan gaji yang tinggi sering berada di pusat keramaian kota.

 

Ini Dia Tips Cara Bisnis Yang Menjanjikan Di Desa Atau Di Kampung

a. Survey peluang bisnis yang menjanjikan masih ada di desa Anda terlebih dahulu

Cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung banyak sekali kebutuhan masyarakat yang belum ada di sekitar desa anda. Dan apa saja peluang usaha yang masih memiliki prospek tinggi. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa melakukan survey sendiri atau bertanya kepada kerabat, orang tua dan teman.

b. Dimana minat atau bakat bisnis yang menjanjikan Anda miliki

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung dijalankan sesuai dengan yang anda inginkan dapat memberikan dampak positif. Anda akan serius ketika menjalankan bisnis tersebut. Untuk itu perlu kita cari terlebih dahulu dimana bakat anda dan minat yang kita miliki.

c. Amati tiru dan modifikasi (ATM)

Jika ingin bisnis usaha anda sukses lebih cepat, belajarlah berbisnis dari orang yang tepat. Maksudnya adalah belajar dari orang yang lebih ahli pada bidang yang ingin ditekuni. Jangan belajar dari orang yang hanya jago teori.

 

Contoh Peluang Usaha Bisnis Di Desa Atau Di Kampung Yang Menjanjikan

1.  Bisnis Bidang Hidroponik

usaha bidang hidroponik,

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Apalagi hasil sistem pertanian hidroponik banyak digemari oleh masyarakat karena lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa tips yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan:

  • Memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Karena tanaman juga butuh nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  • Dan harus memiliki struktur yang gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  • Nilai kandungan garam yang rendah
  • Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  • Bebas hama agar tanaman tumbuh dengan optimal
  • Memiliki kandungan kapur atau kalsium

Setelah mengetahui beberapa tips bisnis usaha yang harus dipenuhi ketika ingin memilih media hidroponik, berikut ini ada beberapa jenis media yang paling sering digunakan:

  • Rockwool
  • Arang sekam
  • Cocopeat / sabut kelapa
  • Perlit
  • dll

2. Bisnis Pertamini / Pom Bensin Mini Portable

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung dengan membuka pom bensin. Jika benar kebutuhan BBM terbilang cukup tinggi serta dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuka pom bensin mini. Peluang ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan pada wilayah desa yang sudah mulai maju.

Gambaran besar rincian modal usaha pertamini:

  • Harga satu liter pertamini berkisar antara = Rp : 5.000.000
  • Biaya modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp 7500 = Rp 750.000
  • Biaya untuk operasional listrik selama per bulan = +/- Rp 60.000
  • Alat keselamatan yang seperti portable pemadam kebakaran = Rp 150.000
  • Biaya tambahan lain = +/- Rp 1.500.000
  • Gambaran total kebutuhan = Rp 7.460.000

Pom mini memang lebih menarik jika dibanding dengan kios konvensional. Sekarang ini anda juga bisa mencari peralatan pertamini dengan mudah. Perkembangan berbisnis pertamini di desa yang menjanjikan juga bisa dibilang lumayan bagus. Semua tergantung dengan pilihan diri sendiri.

3. Bisnis Ternak Ayam Kampung Menggunakan 3 Sistem

Ternak Ayam Kampung Menggunakan 3 Sistem

Seperti yang di kutip dari beberapa sumber bahwa pada tahun 2015 hingga 2016 kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan harga. Sementara itu, peternak ayam kampung hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% – 30% saja.

 

Ada 3 metode juga yang bisa anda coba ketika ingin beternak ayam kampung:

Pertama : Metode Umbaran

Metode umbaran ini sangat popular dikalangan masyarakat pedesaan. Sebab metode ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung dengan cara yang tradisional yaitu membiarkan ayam mencari makanan sendiri, anda hanya perlu menyediakan kandang ayam untuk tempat berteduh saat hujan atau tidur saat malam hari.

Pada umumnya, ternak ayam kampung metode umbaran juga dilakukan dengan skala yang masih kecil. Anda juga bisa menggunakan sistem ini jika anda memiliki lahan yang luas sekali. Jadi ayam tersebut tidak akan mengganggu tetangga sebelah.

Kedua : Metode Semi Intensif

Metode semi intensif adalah metode dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tak lepas kemana – mana. Contoh membuat pagar dari jaring ikan, atau dengan pagar tertentu pada hamparan lahan yang sudah ada. Metode ini akan membuat anda menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol. Baik dari segi makanan, kesehatan dan pertumbuhan ayam kampung ini sendiri.

Ketiga : Metode Intensif

Metode intensif adalah metode ayam kampung dikandang sepanjang hari, tidak dilepas kemana – mana. Cara bisnis usaha yang menjanjikan ini juga membutuhkan modal, terutama untuk pembuatan kandang ayam dan biaya pakan ayam. Metode intensif memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

4. Bisnis Peluang Usaha Kuliner

Pada tahun 2016,bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung berdasarkan informasi dari beberapa sumber pemberitaan mengatakan bahwa pada kuartal ke II tahun 2016, industri dibidang makanan dan minuman bertumbuh sebesar 8%.

Mengapa bisa seperti itu? Usaha kuliner tidak akan pernah ada habisnya dan juga akan terus berkembang pesat seiring pertumbuhan penduduk.

Demikian itu, selama manusia membutuhkan makanan, maka selama itu pula usaha kuliner tetap dibutuhkan. Walaupun kita juga tinggal di desa, bukan berarti tidak bisa menjalankan usaha kuliner.

5. Pulsa Hp dan Token Listrik PLN

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung yaitu dengan memperkembangan jaringan selular untuk keperluan komunikasi dan internet kini juga telah merambah ke pelosok desa. Kita bisa melihat bangunan tower pemancar signal yang pemancarnya ada dimana – mana. Dan itu akan terus bertambah juga.

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung agar lebih mudah dalam bisnis  dengan cara menggunakan smartphone. Karena smartphone juga lebih canggih dari segi pilihan transaksi, seperti menggunakan Yahoo, Whattshap dan lain sebagainya.

Untuk modal yang awal, anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Misalnya Rp.100.000. Akan tetapi, lebih besar lebih baik untuk stok cadangan jika sudah ada yang membeli pulsa lebih banyak dari modal tersebut. Pulsa elektrik untuk apa saja?

  • Untuk pengisian pulsa semua operator
  • Untuk pengisian token listrik PLN
  • Menjual Voucher Game

Kunci utama agar bisnis ini bisa sukses adalah usahakan uang cash setiap kali ada konsumen yang sudah membeli, lalu buat catatan yang lebih lengkap agar keuangan anda sehat.

6. Bisnis Rental Playstation

Cara bisnis yang menjanjikan Untuk menjaga hubungan rental playstation dengan masyarakat. Atur jadwal bermain dan melarang anak sekolah bermain PS saat jam sekolah. Salah satu trend game yang terus digemari oleh para pecinta game adalah Playstation.

Anda juga bisa membuka usaha ini dengan catatan anda harus bertanya terlebih dahulu pada orang yang telah terlebih dahulu membuka usaha ini. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan gambaran.

7. Bisnis Online

Inilah dia cara bisnis yang menjanjikan di desa atau di kampung dengan bisnis yang bisa dikerjakan di mana saja tanpa batas dan waktu. Jaringan internet memang sudah tersebar luas, mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Dengan adanya perkembangan seperti ini, kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk bisa berbisnis.

Sebagai contoh, anda juga memiliki kemampuan menulis artikel. Anda juga bisa mencoba menjadi penulis artikel lepas. Sangat banyak sekali website yang menerima penulis lepas. Biasanya, website juga blog besar, selalu menyewa beberapa penulis untuk mengisi konten mereka.

Jika anda ingin menjual produk dan jasa yang  dijalankan di desa, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Pengguna media sosial saat ini sangat cukup tinggi di Indonesia. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Kalian juga bisa baca 12 Tips agar bisa menabung setiap hari yang ampuh dan menjanjikan

%d bloggers like this: