Barang Kuno Yang Mengandung Emas – barang adalah benda yang memiliki fungsi khusus yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia. Barang kuno merupakan barang yang sudah lama. Bentuk barang biasanya semakin berkembang sesuai zamannya.

Benda atau barang sekarang ini mungkin sudah lebih sempurna bentuknya dari pada barang yang dahulu. Karena barang semakin dikembangkan oleh manusia agar menjadi barang yang berguna dan bermanfaat.

Barang bisa di buat dari apa saja seperti besi, plastik, kain, kayu, dan bahkan emas. Naumun siapa sangka ternyata ada Barang Kuno Yang Mengandung Emas. Emas merupkan logam yang bisa dibilang paling berharga di bumi ini. Karena keindahan dan kekuatan emas yang tidak bisa berkarat menjadikan emas besi berharga dan memiliki harga yang tinggi.

Kerajaan di Indonesia sangatlah banyak. Salah satu kerajaan besar yaitu kerajaan Majapahit bahkan saking besarnya kerajaan ini pernah dijuluki sebagai Nusantara dua. Maka tak heran jika kerajaan ini memiliki harta yang melimpah.

Tidak hanya itu, banyak kerajaan lain yang memiliki harta yang melimpah. Berikut kami akan paparkan mengenai 10 Barang Kuno Yang Mengandung emas Peninggalan Kerajaan di Indonesia.

Baca Juga : Wow! Barang di Toko Online Ini Termasuk Barang Termahal Di Dunia

 

10 Barang Kuno Yang Mengandung Emas Peninggalan Kerajaan Indonesia

1. Ketopong emas Kerajaan Kutai

Barang Kuno Yang Mengandung Emas

Barang Kuno Yang Mengandung Emas pertama yaitu ketopong Sultan Kutai. Ketopong merupakan penutup kepala seperti mahkota, namun ketopong bentuknya lebih besar. Mahkota ketopong ini digunakan sebagai mahkota oleh Sultan Kerajaan Kutai beratnya mencapai 1,98 kg.

Benda ini sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta. Mahkota ketopong itu berbentuk brunjungan pada bagian depan berbentuk meru bertingkat dihiasi motif spiral dan juga dikombinasikan dengan motif sulur. Bagian belakang mahkota ada hiasan berbentuk garuda mungkur dihiasi motif flora fauna yaitu bunga, burung, dan kijang.

Carl Bock yang merupakan penulis dan juga penjelajah, didalam buku tkaryanya yang berjudul The Head Hunters of Borneo dituliskan bahwa Sultan Aji Muhammad Sulaiman mempunyai 6 sampai 8 orang pengukir emas yang khusus membuat ukiran emas serta perak untuk Sultan.

2. Kura – Kura Emas Kerajaan Kutai

Barang Kuno Yang Mengandung Emas

Benda satu ini merupakan benda yang cukup menarik karena benda ini berbentuk kura – kura dan terbuat dari emas murni. Kura – kura emas ini juga salah sati peninggalan dari Kerajaan Kutai.

Peninggalan ini sekarang tersimpan di Museum Mulawarman. Benda ini memiliki  ukuran setengah kepalan tangan. Kura – kura emas ini ditemukan di daerah Long Lalang dimana daerah tersebut merupakan daerah di hulu sungai Mahakam.

Benda ini merupakan persembahan yang diberikan pangeran kerajaan di Cina kepada putri Raja Kutai yakni Aji Bidah Putih. Pangeran Cina ini memberikan beberapa benda unik lainnya untuk kerajaan, sebagai bukti keseriusannya yang ingin mempersunting putri. Kura kura emas ini terbuat dari emas 23 karat.

Benda ini merupakan benda yang bernilai mahal karena terbuat dari emas 23 karat dan bentuk yang cukup besar menjadikan benda ini cukup mahal dan berharga sehingga banyak diburu orang. Namun barang tersebut sudah menjadi koleksi museum.

3. Uang Koin Majapahit

Barang Kuno Yang Mengandung Emas

barang kuno yang tanpa disadari mengandung emas selanjutnya yaitu uang merupakana alat pengganti barter digunakan sebagai alat tukar – menukar barang. Biasanya uang berbentuk logam maupun kertas.

Namun dahulu uang berbentuk berupa logam karena teknologi untuk membuat kertas belum berkembang pesat. Banyak bahan yang digunakan untuk membuat uang pada zaman dahulu, salah satunya adalah emas.

Uang kerajaan majapahit ini mengandung emas, sehingga sekarang mungkin banyak orang memburunya karena harga emas terus melambung naik. Apalagi benda tersebut merupakan benda kuno bersejarah peninggalan kerajaan majapahit sehingga banyak orang yang ingin memilikinnya. Uang kuno ini berbentuk bundar.

Dilihat dari bentuk koin tersebut mungkin dibuat dengan cara dicetak. Emas dipanaskan hingga cair lalu dicetak dalam cetakan maka bentuknya bisa seperti bentuk tersebut. Karena teknologi yang cukup terbatas pada zaman dahulu sehingga bentuknya dan motifnya masih sesaui dengan zamannya.

Uang tersebut sekarang masih menjadi harta karun yang terpendam dan dicari banyak orang karena benda yang sangat berharga dan langka. Apalagi benda tersebut merupakan peninggalan kerajaan yang cukup besar bahkan disebut Nusantara dua.

4. Pedang Sultan Kutai

Barang kuno yang mengandung emas

Pedang merupakan senjata yang panjang dan rata – rata digunakan untuk perang pada zaman dahulu. Apalagi sebuah kerajaan pasti memiliki pasukan perang dan bersenjata. Senjata para Raja dan para rakyat tentulah beda pedang Raja lebih bagus dari pedang rakyat seperti contohnya pedang peningglaan raja kutai ini.

Peninggalan Kerajaan Kutai selain itu yaitu pedang sultan kutai. Pedang Sultan Kutai ini dibuat dari emas padat. Pada bagian gagang diukir gambar harimau yang sedang siap untuk menerkam mangsanya, dan pada bagian ujung sarung pedang dihiasi gambar seekor buaya. Kini pedang Sultan Kutai disimpan di Museum Nasional Jakarta dan menjadi salah satu koleksi museum tersebut.

Benda berharga satu ini memang mengandung emas dikarenakan dimiliki oleh raja. Mengapa demikian? Karena pada zaman dahulu emas sering digunakan oleh raja – raja karena emas merupakan salah satu logam yang indah dan berharga sehingga cocok untuk para bangsawan.

5. Arca Emas Majapahit

Barang kuno yang mengandung emas

Barang kuno yang mengandung emas berikutnya yaitu  Arca Emas. Patung atau Emas peninggalan Majapahit ini dibuat dari emas yang menggambarkan bidadari Kerajaan Majapahit yang anggun. Arca ini memiliki ciri khas dari kerajaan majapahit itu sendiri. Arca ini terbuat dari emas dan sangat berharga. Uniknya bentuk arca ini sangat bagus dan rapi. Padahal patung ini dibuat pada masa lalu.

Tentu saja kerajaan memberikan pemahat terbaik pada masa itu untuk membuat patung ini. Namun sayangnya patung yang indah peninggalan kerajaan majapahit ini tidak disimpan di Indonesia. Patung indah ini sekarang berada di Barakat Gallery USA.

Padahal seharusnya patung ini disimpan di Indonesia karena kerjaan Majapahit sendiri merupakan kerjaan yang pernah hampir menguasai seluruh pulau nusantara dan memiliki sebuatan nusantara.

Arca ini memiliki ukuran yang cukup besar dan cukup berat sehingga jika dirupiahkan benda ini memiliki harga selangit ditambah benda ini peninggalan sejarah yang amat berharga dari kerjaan majapahit menjadikan barang ini memiliki harga yang sangat tinggi.

Kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia bahwa tempat yang kita tinggali ini ternyata pernah ada suatu kerajaan Indonesia yang besar. Itu bukti bahwa orang Indonesia adalah orang yang kuat dan mampu berkembang besar. Seharusnya pemerintah harus lebih memperhatikan penemuan dan peninggalan milik Indonesia agar generasi kita kedepannya dapat melihat dan mempelajari secara langsung bukti – bukti keberadaan kerajaan – kerajaan di Indonesia.

Apalagi barang yang satu ini memang sangat memiliki nilai estetika yang cukup tinggi dan bisa menjadi bukti yang jelas bahwa kerajaan majapahit merupakan salah satu kerjaan yang besar dan kaya.

 

Sekian artikel Barang Kuno Yang Mengandung Emasini saya tulis jika ada kurangnya saya mohon maaf. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada pembaca yang telah membaca artikel saya semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

%d bloggers like this: