Punya hobi mengoleksi barang antik kuno? Mungkin kamu harus datang ke beberapa pasar yang tersebar di dunia, lho. Tentu saja, ada beberapa benda antik yang dijual sampai miliaran rupiah! Kira-kira apa saja, ya? Yuk, langsung cek di sini.

Setiap orang mempunyai hobi dan ketertarikannya masing-masing, salah satunya ialah mengoleksi barang antik kuno. Barang merupakan barang kuno berusia tua dan dapat berbentuk apa saja misal benda seni, perabotan rumah tangga, senjata, atau   bisa juga   mebel.

Tidak ada definisi atau kriteria tentang bagaimana sebuah barang dapat dikatakan antik. Tetapi UU Cukai Smooth-Hawlt 1930 mendefinisikan bahwa barang antik ialah barang yang dibuat setelah tahun 1700.

Karena sudah tua dan langka, harga barang antik luno yang dijual di pasaran memang tidak murah. Kolektor kolektor barang antik harus mempunyai dompet tebal untuk sekedar menambah koleksi mereka. Semakin besar nilai sejarah yang terkandung pada suatu barang, maka makin mahal pula harganya.

Mengapa Banyak Orang Suka Mengoleksi Barang Antik?

Mengapa Banyak Orang Suka Mengoleksi Barang Antik?

  • Memamerkan Selera yang Unik

Seperti hobi pada umumnya, bagi para kolektor barang antik kuno, hal itu sangatlah menyenangkan. Mereka dapat untuk menunjukkan selera pribadi mereka melalui barang-barang yang dikoleksi. Bahkan ada juga yang menganggap mengoleksi barang antik merupakan cara untuk melepaskan stres dari rutinitias sehari hari serta dapat memunculkan perasaan bangga pada diri sendiri karna telah memperoleh sesuatu yang diidamkan oleh banyak orang.

  • Memiliki Cerita dan Kenangan

Barang antik pasti selalu mengandung suatu nilai budaya di baliknya. Barang antik kuno juga bisa didapatkan melalui berbagai cara yakni warisan secara turun temurun, pemberian orang lain, atau bisa juga berburu di galeri. Nah, berbicara tentang barang yang kuno,  tentu saja pasti banyak tersimpan kenangan di dalamnya. Orang-orang yang gemar mengoleksi barang antik melihat nilai kenangan dan sejarah di dalam benda tersebut.

  • Menghasilkan Uang

Banyak kolektor barang barang antik yang menjadikan hobi mereka itu sebagai bisnis untuk menghasilkan uang. Mereka bahkan secara khusus membeli barang-barang antik tersebut untuk dijual kembali ke orang lain dengan harga tentu yang lebih tinggi. Barang antik yang langka biasanya mahal di pasaran.

Mobil kuno, perabotan, mata uang dan perangko termasuk ke dalam jenis barang antik kuno yang paling diburu oleh kolektor. Harga sebuah barang antik sangat beragam dan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Berbagai Barang Antik yang Ada di Indonesia

Berbagai Barang Antik yang Ada di Indonesia

  • Uang Indonesia Lama 25 Rupiah Soekarno

Uang lama yang sudah tak diterbitkan dan tak lagi berlaku rupanya menjadi benda yang sangatlah diminati para kolektor. Uang pecahan 5, 10, 25, 50, 100, dan 1000 Rupiah edisi lama ini dijual dalam tiga variasi nomor seri yaitu 1 huruf, 2 huruf, dan 3 huruf. Salah satu uang kuno yang paling dicari ialah uang pecahan Rp 25 bergambarkan Bung Karno.

Uang Indonesia Rp. 25 Seri Soekarno Th 1960 Perkeba bergambar proklamator Bung Karno di sisi depan dan seorang penari wanita di belakang. Kondisinya seperti baru, bersih, tidak sobek, dan tidak berlubang.

  • Guci Antik Qianlong

Berbicara soal barang antik kuno ini tentu tidak bisa lepas dari guci. Guci kecil yang berasal dari Dinasti Qing ini merupakan peninggalan Kaisar Qianlong. Meski bentuknya kecil, guci tersebut rupanya menjadi guci termahal di dunia. Ditemukan di sebuah rumah sederhana di London, guci setinggi 40 cm ini terjual seharga 50 juta Euro atau sekitar Rp 612 miliar dalam sebuah lelang.

  • Pemutar Piringan Hitam

Pemutar piringan hitam adalah benda mewah di masa lampau yang hanya bisa dimiliki oleh orang kaya saja. Menjadi salah satu alat hiburan untuk mendengarkan musik, pemutar piringan hitam masih diburu hingga sekarang. Meski saat ini telah ada alat yang lebih modern, pemutar piringan hitam mempunyai nilai historis dan seninya tersendiri. Nah, berburu pemutar piringan hitam tentu tidaklah lengkap jika tanpa berburu Vinyl-nya.

Tempat di indonesia untuk berburu pemutar piringan hitam ialah di Pasar Cikapundung yang berada di Jalan ABC, Kota Bandung. Di pasar ini dijual beragam piringan hitam mulai harga Rp 1 juta hingga Rp 4 juta.

  • Koin Kuno 1 Cent 1855

Koin telah menjadi alat tukar sejak masa lampau. Bentuk dan gambar koin pun mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Uang koin di masa lampau memiliki keunikan tersendiri, membuat para kolektor berlomba untuk memilikinya.

Salah satu koin kuno yang sangat langka di dunia ialah koin kuno Indonesia 1 cent tahun 1855 yang dibuat di masa penjajahan Belanda. Konon koin ini sangatlah sulit untuk didapatkan.

  • Dakon Jadul

Dakon merupakan permainan untuk anak-anak perempuan di masa lampau. Biasanya dimainkan oleh dua anak perempuan. Permainan dakon berbentuk papan panjang dengan beberapa cekungan lubang dan dua cekungan lubang besar di kedua sisinya. Pada zaman dahulu, biji dakon terbuat dari biji sirsak.

Papan dakon lawas banyak diminati kolektor barang antik karena bentuknya yang unik. Kini tidak ada lagi papan dakon yang terbuat dari kayu.

  • Uang Kertas Indonesia Seri Federal I (1946) 5 Gulden

Uang kuno memang menjadi barang antik yang tidak pernah usang untuk dikoleksi. Peminat uang kuno semakin hari semakin bertambah saja di seluruh dunia. Salah satu uang kuno yang paling dicari oleh kolektor ialah Uang kertas Indonesia seri Federal I (1946) Vijf Gulden/ Lima Roepiah warna orange. Uang ini sudah tergolong langka, namun kondisinya masih bagus, tidak sobek, dan tidak berlubang.

  • Replika Kendaraan

Barang antik sangat beragam macam dan jenisnya serta memiliki peminat masing-masing. Salah satu barang antik yang paling diminati adalah miniatur mobil antik. Kolektor miniatur ini bahkan rela berburu barang hingga ke luar negeri. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Terlaris Koleksi Mobil Diecast Mobil Kyosho 118 Miniatur Austin Healey 3000 dengan skala 1/18 ini dibuat sangat mirip dengan aslinya. Sangat cocok untuk menambah barang koleksi.

  • Uang Kuno 2.5 Cent Tahun 1897

Uang kuno yang diterbitkan pada zaman Belanda memang menjadi buruan para kolektor. Uang koin yang masih berupa satuan sen ini memang memiliki nilai sejarah bangsa yang tinggi.

Salah satunya yaitu Uang Koin Kuno Nederlandsch Indie senilai 2,5 cent. Koin yang dibuat pada tahun 1897 ini kini telah menjadi barang langka tentu yang layak dikoleksi.

  • Uang Kertas Rp5.000 Keluaran tahun 1958

Mata uang Indonesia mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Dalam setiap edisi, uang kertas selalu hadir dengan warna dan desain yang berbeda, sehingga uang lama yang sudah tidak beredar menjadi barang antik yang menarik untuk dikoleksi. Nilai sejarah yang terkandung dalam selembar mata uang kuno pasti sangat tinggi.Uang kertas kuno nominal Rp 5.000 tahun 1958 kini memiliki nilai jual yang tinggi karena nilai historis yang dimiliki.

10 Barang Langka yang Dicari Kolektor

10 Barang Langka yang Dicari Kolektor

1. Setrika Arang

Setrika Arang adalah barang antik kuno langka yang Dicari Kolektor. Zaman sekarang kita bisa membeli setrika uap terbaru hanya dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Padahal, pada zaman dulu orang tua atau kakek-nenek kita memakai setrika arang untuk melicinkan pakaian mereka.
Setrika arang ini tidak menggunakan daya listrik, melainkan diisi dengan arang panas untuk menghasilkan panas. Bagian atas setrika jaman dulul ini dapat dibuka untuk diisi dengan beberapa butir arang panas.
Bahan pembuatan setrika arang ini ialah kuningan, menjadikan bobot setrika ini lumayan berat. Apabila Anda mempunyai setrika arang jadul yang benar-benar dari zaman dulu kala, setrika tersebut dapat dihargai hingga jutaan rupiah.
Meskipun saat ini banyak replika setrika arang, tetapi tentunya para kolektor barang antik dapat membedakan mana yang benar-benar lawas dan dan mana yang tiruan.

2. Perangko Perangko

Siapa di sini yang gemar mengoleksi perangko? Perangko zaman dulu juga termasuk barang antik kuno langka yang banyak dicari para kolektor. Semakin lama tahun pembuatan perangko itu, maka harga jualnya di pasaran juga semakin mahal. Usut punya usut, ternyata ada sebuah perangko dari Indonesia yang dibandrol dengan harga 20 milyar rupiah, lho!
Perangko tersebut terbitan tahun 1864, dicetak di zaman Hindia-Belanda, bertema Naga Air, dan memiliki cap pos dari Ngawi. Nah, kalau Anda sedang butuh uang, boleh nih menjual koleksi perangko-perangko lama Anda ke para kolektor.

3. Uang Kuno

Indonesia termasuk negara yang cukup sering melakukan pergantian uang kertas dan uang koin. Namun, apabila Anda memiliki uang kuno yang benar-benar lawas, Anda bisa menjualnya dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, lho.
Di Indonesia cukup banyak kolektor uang kuno. Sama dengan perangko, semakin tua tahun cetak uang itu pasti juga akan semakin mahal pula harganya. Sebagai contoh, uang kertas nominal seratus rupiah yang terbit pada tahun 1948 dihargai 100 juta rupiah. Kalau kondisinya mulus, uang kertas bergambar Ir. Soekarno tersebut dapat laku dengan harga 1,5 kali lipat .

4. Piringan Hitam

Piringan hitam alias vinyl juga adalah barang antik kuno langka yang dicari cari oleh para kolektor. Bahkan, meskipun tak mempunyai alat pemutar vinyl, masih banyak sekali orang yang berminat untuk mengoleksi piringan hitamnya dengan alasan langka dan sudah tak diproduksi lagi.
Perlu Anda ketahui,piringan hitam merupakan benda yang paling diincar oleh para kolektor meskipun harganya tak terlalu tinggi. Komunitas pecinta vinyl percaya bahwa kualitas musik yang dihasilkan analog jauh lebih baik dibanding musik digital yang biasa didengarkan melalui smartphone dan alat pemutar musik lainya.
Salah satu piringan hitam termahal yaitu album vinyl The Quarrymen, The Beatles band bentukan John Lennon di tahun 1959. Piringan hitam ini pernah laku terjual 170 juta rupiah.

5. Sepeda Onthel

Gazelle Sepeda Onthel Gazelle Barang Langka yang Dicari Kolektor. Gazelle sendiri adalah produsen sepeda yang mulai memproduksi sepedanya sejak tahun 1892. Di masa itu, sepeda Gazelle termasuk dalam barang yang mewah. Sampai saat ini kita sering kali melihat komunitas pecinta sepeda antik mengendarai sepeda Onthel Gazelle.
Sepeda yang terlihat kuno ini ternyata dihargai mulai dengan 5 juta rupiah. Bahkan, jika sepedanya masih mulus Anda bisa menjualnya dengan harga puluhan juta rupiah.

6. Kamera Daguerreotype

Kamera Daguerreotype Jauh sebelum ditemukan kamera DSLR atau kamera dengan fitur-fitur canggih di smartphone ternyata ada Kamera Daguerreotype. Gambar dari kamera ini dihasilkan dari sistem Daguerreotype, dari amalgam atau alloy campuran antara mercury dan perak.
Proses pengambilan gambar dengan menggunakan kamera ini memang cukup rumit bagi kita yang telah terbiasa membidik gambar dengan memakai kamera masa kini.
Mark Rothko10 Lukisan Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Shock! Koin 10.000 Rupiah10 Koin Antik yang Banyak Dicari Para Kolektor Mata Uang Mauritius 1847Inilah 10 Perangko Langka yang Dicari di Seluruh Dunia Foto dengan Kamera Daguerreotype pertama dihasilkan pada tahun 1838 – 1839.
Jadi, bisa Anda bayangkan,kamera ini telah berusia ribuan tahun. Nah, jika nenek moyang Anda memiliki kamera yang sangat diincar oleh kolektor ini, maka Anda bisa mendapatkan uang hingga milyaran rupiah.

7. Vespa Vespa

Vespa adalah merk skuter asal Italia yang sampai dengan saat ini tetap memproduksi skuter-skuter terbaru. Sayangnya, Vespa keluaran terbaru justru kalah pamor dengan motor-motor Vespa jaman dulu keluaran tahun 1960-an. Ada banyak kolektor Vespa yang lebih gemar berburu Vespa lawas.
Bahkan, salah satu jenis Vespa langka ada di Indonesia, yaitu Vespa GS 180 Super Sport yang diproduksi 1965. Vespa langka ini dimiliki oleh seorang musisi bernama Denny Chasmala yang juga merupakan kolektor belasan Vespa lawas.

8. Game Konsol Lawas

Game Konsol Lawas Di era digital ini, game-game online yang dapat dimainkan di PC maupun smartphone memang sangat digemari.
Namun, ternyata game konsol lawas menjadi barang langka yang dicari kolektor dan dihargai cukup mahal. Game lawas apa sajakah yang menjadi incaran kolektor? Game sejenis dengan Nintendo keluaran tahun 1988, Family Fun Fitness Mat, misalnya.
Tak ada yang menyangka bahwa sebuah copy dari game tersebut bisa laku hingga 560 juta rupiah. Nah, jika Anda menemukan game konsol kuno yang sudah tidak terpakai, coba tawarkan saja di forum jual beli online, siapa tahu ada kolektor yang berminat membelinya.

9. Artefak

Dari sekian banyak barang langka yang dicari oleh kolektor, tampaknya artefaklah yang mempunyai nilai jual yang paling tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, artefak merupakan benda arkeologi yang sangat sarat akan sejarah. Nilai histori sebuah artefak ini bisa meningkatkan harga jualnya.
Kolektor artefak tak hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi ada di seluruh di seluruh dunia. Oleh karena itu, artefak yang telah ditempatkan di museum akan selalu dijaga dengan sangat ketat untuk menghindari dari pencurian. Pasalnya, artefak merupakan salah satu barang langka yang paling banyak akan peminatnya.

10. Tanda Tangan Public Figure

Apa yang Anda lakukan jika anda bertemu dengan selebriti ataukah tokoh terkenal? Di era teknologi seperti ini sudah pasti Anda akan mengeluarkan ponsel untuk mengajak mereka berfoto. Namun, di zaman dulu, saat hp masih belum dilengkapi dengan kamera, tentunya orang pasti akan meminta tanda tangan dari tokoh terkenal kan?.

Nah, uniknya tanda tangan public figure ini juga menjadi barang koleksi bagi beberapa kolektor, lho. Akan tetapi, sebagian besar dari kolektor tanda tangan public figure tersebut tidak memperjualbelikan koleksinya, dan memilih untuk hanya menyimpannya sendiri demi kepuasannya sendiri

. Apakah di rumah Anda ada barang langka yang dicari cari oleh kolektor? Mengingat barang tersebut adalah barang langka, Anda boleh memilih untuk menyimpannya sendiri atau menjualnya kepada kolektor lain. Sekian ya teman pembahasan  tentang barang antik kuno,pembahasan lain bisa kamu intip yaitu investasi yang menguntungkan.Semoga bermanfaat.

%d bloggers like this: